Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ProductSellerAvatar border
TS
ProductSeller
Terima Kasih JD.ID Yang Telah Menyulitkan Konsumen Dalam Hal REFUND
Kronologi nya:

Saya tertarik dengan promo JD.id yang apabila menggunakan kartu kredit akan mendapatkan diskon 100rb jika berbelanja minimal IDR 1.500.000 sewaktu Natal Desember 2017. Di promo nya tertulis kalau promo akan didapatkan sendirinya saat selesai melakukan transaksi.

Jadi saya coba menggunakan VCN BNI, karena menggunakan nomor seperti kartu kredit, exp date, dan CVV.

Pas selesai checkout, saya melihat di buku mutasi saya ternyata terpotong harga full barang yang saya beli yaitu: IDR 1.629.000, tidak ada mendapatkan promo kartu sama sekali.

Jadi saya mengklik Cancel Order di halaman pemesanan. Lalu tidak ada terjadi apapun. Tidak didirect ke halaman refund atau halaman yang berisikan informasi cara refund, dlsb. Lalu saya was-was juga karena pasti akan menyulitkan konsumen kalau sudah seperti ini ceritanya karena tidak ada kejelasan dari sistem refund JD.id.

Lalu saya email ke JD.id menanyakan dengan baik-baik (Yang sampai hari ini tidak dibalas sama sekali)

Spoiler for Gambar1:


Karena sudah berhari hari email saya tunggu tidak ada balasan dari JD.id, saya menggunakan fitur live chat yang di website tertulis 24 Jam. Padahal live chat hanya akan dibalas jam 9 pagi - 5 soresaja, berdasarkan pengalaman saya.

Jadi tanggal 29 Desember 2017, saya mengajukan refund ke rekening yang saya semula gunakan untuk pembayaran ke JD.id. CS di live chat membantu membuatkan laporan ke pihak Finance dan mengatakan proses refund 3-5 hari kerja. CS JD.id menuliskan bahwasannya tidak akan ada pemberitahuan / notifikasi ke depannya kalau refund sudah dilakukan / sukses dilakukan.

Spoiler for Gambar:


Karena sudah mau libur panjang, jadi saya estimasi paling lambat tanggal 8 Januari 2018 baru akan diterima refundnya.

Berhari-hari dari tanggal 30 Desember 2017 - 8 Januari 2018, saya selalu mengecek mutasi rekening BNI saya lewat ibanking, tidak ada dana masuk IDR 1.629.000 dari mana pun juga. Saya berasumsi pasti tidak ada yang beres dari hal refund ini!

Tanggal 8 Januari 2018 saya menghubungi Live Chat JD.id lagi.

Spoiler for Gambar:


Parahnya CS JD.id menuliskan bahwasannya refund sudah dilakukan tanggal 31 Desember 2017. Lalu saya melampirkan screenshot mutasi rekening BNIsaya dari tanggal 20 Desember 2017 - 7 Januari 2018 ke CS JD.id

Spoiler for Gambar:


Dan di mutasi saya itu tidak ada menunjukan dana masuk IDR 1.629.000 dari mana pun. Hanya ada dana yang keluar IDR 1.629.000

Gambar
Spoiler for BNI:


Lalu CS JD.id membuat laporan ke Finance lagi. Sungguh capek saya sebagai konsumen dibuat mereka ini

Spoiler for Gambar:


Tanggal 10 Desember saya cari-cari di google tentang testimoni JD.id. Ternyata banyak yang BURUK. Salah satunya di kaskus juga ada, yang serupa yaituRefund diakui sudah dilakukan, padahal BELUM! Ini linknya di spoiler:

Spoiler for Link:


Setelah baca ada thread surat pembaca di kaskus yang kasus nya serupa,saya emosi juga ternyata bukan cuma saya yang dipersulit. Di thread itu saya membaca kalau email dari JD.id ada dibalas, jadi malamnya saya berinisiatif menuliskan email jg. Tapi tidak ada balasannya sama sekali.

Hari ini memasuki H+3 dijanjikan akan ada update tetapi tidak ada kabar dari manapun dari email, chat, telepon, sms, dll dari JD.id tentang refund ini. Padahal dituliskan saya akan mendapatkan update maksimum 2 hari kerja. Lalu tadi jam 10.00 saya menuliskan pesan di live chat lagi DAN SAYA DI IGNORE sampai detik ini saya menuliskan surat pembaca Kaskus. Sungguh keterlaluan!

Spoiler for Gambar:


dan

Spoiler for Gambar:
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 6 suara
Apakah anda puas dengan pelayanan JD.id?
YA
0%
TIDAK
100%
Diubah oleh ProductSeller 11-01-2018 10:01
0
10.5K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.