• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cerdas! 2018 Kereta Api Indonesia Makin Memanjakan Pelanggannya. Ini Bocorannya!

kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Cerdas! 2018 Kereta Api Indonesia Makin Memanjakan Pelanggannya. Ini Bocorannya!

Haloo Agan Sista, ane punya kabar gembira nih buat Agan Sista.., bukan .., bukan tentang buah manggis yang kini ada ekstraknya kok. Kabar gembira yang ane mau sampaikan kali ini tentang seputar fasilitas transportasi di negeri kita tercintah loh.., penasaran Gan Sist? Cuss langsung simak beritadi bawah ini yahh.
:welcome :welcome :welcome
Oh yah Gan Sist sebelumnya ane mau ucapin terima kasih loh udah mau mampir lagi di trit ane si Kaksus10. Semoga trit ane kali ini berfaedah buat Agan Sista ya.


Nah, Gan Sist, kabar gembira yang udah ane sebutin di atas pasti bakalan bikin seneng banget deh, terutama buat Agan Sista yang hobby traveling dan eksis di dunia maya.
PT. Kereta Api Indonesia kini menargetkan untuk melengkapi fasilitas wifi di seluruh rangkaian kereta api. Pemasangan fasilitas wifi ini akan dilakukan bertahap dan dimulai dari jalur yang paling memungkinkan dahulu. Berikut ini kutipan beritanya Gan Sist :

Quote:



Sejujurnya ane, sebagai salah satu pengguna setia kereta, baik itu commuter line maupun kereta api lintas jalur Jawa alias jarak jauh, sangat senang dengan wacana dari PT. Kereta Api Indonesia. Penambahan fasilitas wifi di setiap rangkaian kereta tentunya sangat membantu para penumpang dan pastinya menambah kenyamanan.
Dengan adanya fasilitas wifi di dalam rangkaian kereta tentunya akan membantu menghemat quota internet bagi para penumpang yang tetap ingin terhubung dengan internet serta terus eksis di dunia maya.
Namun tentunya ada beberapa catatan yang menurut ane yang harus diperhatikan oleh PT. Kereta Api Indonesia, antara lain yaitu :

1. Biaya
Yes, dengan adanya tambahan fasilitas pastinya akan ada tambahan biaya yang akan ditanggung oleh PT. Kereta Api Indonesia. Nah, dengan adanya tambahan biaya yang muncul, ane berharap sih agar tidak akan dibebankan kepada para penumpang, alias kenaikan harga tiket.
Spoiler for kereta kelas ekonomi:

Sebagai tambahan informasi, per 1 Januari 2018 kemarin, tarif tiket Kereta Api jarak jauh dan menengah untuk kelas ekonomi mengalami kenaikan. Kenaikan tarif kereta api jarak jauh dan menengah untuk kelas ekonomi ini terjadi karena jumlah penumpang penerima subsidi sudah melampaui jumlah yang terdapat dalam kontrak antara perusahaan dengan pemerintah.
Spoiler for tarif baru:

[URL="https://bisnis.tempo.co/read/1047265/pt-keretaS E N S O Rmuter-indonesia-targetkan-320-ribu-penumpang-di-2018"]source pic[/URL]

Nah, jangan sampai penambahan fasilitas wifi malah jadi beban buat para penumpang. Tiket akan mahal dan sulit untuk dijangkau.

2. Kualitas
Hal yang paling ane tidak suka dari fasilitas wifi publik adalah sinyal lemot alias lemah. Kadang di beberapa area publik yang mengklaim memiliki fasilitas wifi hanyalah “gimmick” atau pemanis semata. Dimana apabila fasilitas wifinya di akses tidak akan pernah bisa, ujungujung pakai quota internet sendiri.

Jangan sampai wacana penambahan fasilitas wifi di setiap rangkaian kereta malah hanya menjadi wacana saja. Wifi yang ada malah tidak bisa digunakan, yang ada hanya sekedar agar terlihat canggih saja.
Spoiler for wifi di setiap stasiun:

Menurut ane, ada baiknya wacana penambahan fasilitas wifi ini diterapkan terlebih dahulu di setiap stasiun yang ada di Indonesia. Seperti yang kita tahu, di banyak stasiun belum terpasang fasilitas wifi, dimana sebenarnya para penumpang lebih membutuhkannya sambil menunggu kereta api yang dituju.

3. Penempatan
Spoiler for wifi untuk semua:

Apabila fasilitas wifi benar-benar akan terpasang di kereta api, ane berharap seluruh rangkaian kereta bisa mendapatkannya.
Fasilitas wifi ini jangan hanya terpasang di rangkaian kereta eksekutif saja. Memang dari harga tiket, rangkaian kereta kelas eksekutif memang sepertinya lebih mampu mendapatkan fasilitas wifi, tapi bukan berarti rangkaian kereta kelas ekonomi tidak layak mendapatkan fasilitas wifi. Karena wifi merupakan fasilitas publik yang diharapkan bisa didapatkan oleh siapa saja, dan semua orang tanpa memandang strata ekonomi pastinya membutuhkan akses internet.

4. Informasi
Dengan adanya fasilitas wifi di setiap rangkaian kereta artinya PT. Kereta Api Indonesia beserta seluruh karyawannya harus mampu memberikan informasi menyeluruh kepada seluruh penumpang terkait fasilitas wifi.
Spoiler for wifi untuk kereta:


Yang ane maksud informasi di sini antara lain, cara penggunaan wifi, password wifi, lokasi atau area yang terjangkau oleh wifi dan lain sebagainya. Jangan sampai, ketika fasilitas wifi sudah mulai terpasang, para karyawan PT. Kereta Api Indonesia tidak mampu memberikan informasi terkait fasilitas yang telah terpasang tersebut, Gan Sist.

Nah, itu dia Gan Sist, beberapa hal yang menurut ane perlu diperhatikan oleh PT. Kereta Api Indonesia terkait wacana penambahan fasilitas wifi di rangkaian kereta api.

Secara keseluruhan ane sangat senang dan mendukung wacana ini, namun ada beberapa hal yang harus dijadikan pertimbangan oleh PT. Kereta Api Indonesia, agar fasilitas ini bukannya malahan membebani para penumpangnya.

Kalau Agan Sista sendiri, setuju ngga sih dengan penambahan fasilitas wifi di seluruh rangkaian kereta api?

Demikian trit ane ini, moga-moga bermanfaat yah Gan Sist. Ane juga berharap guyuran cendol serta rate 5 nya dari Agan Sista yang ketjeh – ketjeh ini..

Salam mangstab!



sumur
Diubah oleh kaksus10 09-01-2018 21:32
0
29.9K
230
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.