aido19Avatar border
TS
aido19
CIMPLUNG SINGKONG DAN PEMBUATANNYA
CIMPLUNG SINGKONG



Berbagai jenis makanan tradisional memang kerap kita jumpai ketika kita berkunjung ke suatu daerah. Mulai dari masakan, makanan, minuman, hingga cemilan.

Jenis makanan tradisional dapat tergolong rasa manis dan asin. Salah satu contoh adalah Pempek Palembang yang memiliki rasa asin, pedas, asem. Sedangkan salah satu makanan tradisional yang manis, salah satunya adalah Cimplung.

Cimplung adalah makanan Khas Tradisional Jawa Tengah, khususnya Cilongok (Tempat tinggal saya) Banyumas, Sokaraja dan berbagai daerah lainnya di Banyumas.

Apa itu Cimplung? Mungkin banyak sahabat Kaskus yang belum begitu familiar dengan makanan Tradisional yang bernama Cimplung tersebut.

Biar sahabat Kaskus tidak penasaran, sebaiknya mari kita kupas saja apa itu Cimplung dan sejarah makanan tradisional tersebut.

Cimplung merupakan bersatunya 2 bahan pangan, antara Gula Merah dan Ubi-ubian. Hayooo ada yang dapat menyimpulkan ? hihi.

Begini sahabat Kaskus, di daerah Kabupaten Banyumas terdapat sangat banyak petani Gula, dan banyak perkebunan Singkong. Jadi para petani Gula terbiasa membuat makanan yang berasal dari kedua bahan tersebut yang dinamakan Cimplung tadi.

Cara membuat cimplung tadi adalah bahan Cimplung dimasukkan kemudian digodok bersama air Nira (Badheg dalam bahasa Jawa).

Bahan utama Cimplung tidak harus selalu Singkong yaaa sahabat Kaskus, karena sahabat Kaskus dapat menggantinya dengan Ubi Jalar (Munthul - Bahasa Jawa), Kelapa Muda, Pisang Ambon bahkan Kentang juga bisa, yang pasti sesuai selera sahabat Kaskus saja.

Naaaah jika sahabat Kaskus sulit untuk menemukan petani Gula untuk sekedar ikut "Nyimplung", maka sahabat Kaskus dapat menggunakan alternatif yaitu Gula Merah yang dicairkan.

Wah wahh pasti sahabat Kaskus makin penasaran ya bagaimana Resep Membuat Cimplung yang praktis dan tidak harus berburu petani Gula, hihi.

Dan apalagi sahabat Kaskus yang tinggal di luar pulau Jawa pasti sedikit kemungkinan sudah mencoba makanan tradisional Kabupaten Banyumas tersebut, keculai yang sudah pernah berkunjung ke daerah tersebut.

Nahh. Kebetulan saya ini orang Cilongok dan sudah sering membuat dan mengkonsumsi Cimplung. Maka saya mau membagikan resep cara membuat cimplung singkong dengan menggunakan gula merah cair. Berikut Resep Membuat Cimplung Khas Cilongok gaiissss, cekidooott !!

RESEP MEMBUAT CIMPLUNG SINGKONG



*BAHAN-BAHAN:

- 3 Buah Singkong.
- 2 Buah Gula Merah.
- 1 lembar Daun Pandan.
- Air secukupnya.

*PROSES PEMBUATAN:

1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengupas singkong dan dicuci sampai bersih kemudian sisihkan.

2. Setelah itu siapkan wajan, masukkan air secukupnya. Lalu nyalakan kompor/tungku.

3. Kemudian masukkan gula yang sudah disisir halus, setelah itu aduk hingga gula jawa mencair. Masukkan juga daun pandan, singkong dan tunggu hingga gula meresap dan sedikit mengental dan singkong terlihat matang. Jangan lupa sesekali diaduk agar gula tercampur rata.

Sajikan Cimplung Singkong selagi hangat dengan Teh hangat.

Tips agar tidak terlalu lama dalam pembuatan Cimplung ketika dicampurkan dengan air gula adalah, yakni Singkong direbus terlebih dahulu, kemudian baru dicampurkan ke dalam gula yang dicairkan.

Soal rasa hampir sama tetapi yang perlu kita khawatirkan adalah ketika gula cair sudah semakin menyusut, tetapi Singkong masih keras, jadi alangkah lebih baiknya jika Singkongnya direbus terlebih dahulu gan.

Ok sekian dulu thread dari saya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan sahabat Kaskus sekalian. Jangan lupa cendolnya ya gan. Terima kasih.
Diubah oleh aido19 10-09-2017 10:55
tata604
tata604 memberi reputasi
1
17.8K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.