aldysadiAvatar border
TS
aldysadi 
Misteri "Akar Mimang" (Part 1) : Kekuatan Magisnya


Quote:


Quote:


Quote:


Misteri "Akar Mimang" dan Kekuatan Magisnya




AKAR MIMANG

Apa itu "Akar Mimang" ?

Akar mimang atau disebut juga akar rimang adalah sebuah benda magis yang sangat akrab terdengar bagi masyarakat jawa.

Saking akrabnya sehingga pada salah satu artikel saya menemukan sebuah perumpamaan yang terinspirasi dari akar mimang, yakni  "koyo kelangkahan oyot mimang "seperti melangkahi akar mimang.

Akar mimang digunakan sebagai media perumpamaan karena adanya efek yang sama antara seseorang yang melangkahi akar mimang dan seseorang yang tersesat (linglung adalah efek yang terjadi akibat melangkahi akar mimang, akan di jelaskan lebih lanjut, baca terus ya emoticon-Malu (S)).


Bentuk "Akar Mimang"

Menurut beberapa artikel, akar mimang berwarna kuning kecoklatan. Tidak seperti akar pada umumnya yang menghujam ke tanah, akar ini justru melingkar dan membentuk simpul.

Berikut adalah beberapa bentuk akar mimang yang saya temukan di google...
Spoiler for Beberapa bentuk akar mimang:


"Akar Mimang" yang Misterius

Berbeda dengan tanaman lain yang umumnya diketahui asal usul dan tempat permulaannya, akar mimang sampai saat ini belum diketahui dari mana asalnya, tempat mencarinya, dan dari mana kekuatan magis yang dimiliki tersebut muncul.

Spoiler for Pohon Dewandaru:


Berdasarkan mitos yang saya baca, ada yang mengatakan bahwa akar ini berasal dari pohon Dewandaru. Namun, ada pula yang beranggapan bahwa akar ini tumbuh dari akar beringin yang menggantung.

Pada mitos lain, jika terdapat sebuah tempat yang sering membuat orang tersesat maka bisa jadi di tempat tersebut terdapat akar mimang.


Efek yang di Timbulkan "Akar Mimang"

Menurut kepercayaan masyarakat jawa, akar mimang akan memberikan efek kebingungan (hilang akal), linglung (lupa segala-galanya), tidak tau mau apa, dan kemana tujuan bagi siapapun yang melangkahi akar mimang tersebut.

Akibatnya, seseorang tersebut akan terus berjalan dan berputar-putar saja di area akar mimang berada, bahkan dalam beberapa kasus seseorang bisa saja tersesat.

Oleh karena itu, akar mimang juga disebut sebagai "pusaka penyesat".

Spoiler for Ilustrasi:


Manfaat "Akar Mimang" bagi Sang Pemilik

Akar ini dipercaya mempunyai banyak manfaat, antara lain sebagai pagar rumah, pagar diri, dan pengobatan. Berikut cara pengunaannya yang saya kutip dari salah satu artikel :

- Sebagai pagar rumah, akar ini ditanam di depan pintu, tetapi sebelum ditanam harus dibawa memutar atau dibawa berkeliling rumah dengan arah putaran ke kiri.

Dipercaya pencuri yang masuk ke dalam rumah akan kebingungan menemukan jalan keluar dari rumah itu.

Pada artikel lainnya dikatakan pula bahwa jika orang yang hendak masuk ke rumah tersebut mempunyai niat jahat maka orang tersebut akan berjalan di area rumah, tapi baginya sudah berjalan sangat jauh. Dia akan sadar kembali saat pemilik rumah menepuk pundaknya.

Spoiler for Ilustrasi:


- Sebagai pagar sawah, tambak, kebun, dll, sama seperti pada pagar rumah, akar mimang yang ditanam, bertujuan untuk melindungi sawah, tambak, kebun, dll, dari orang yang berniat jahat.

- Sebagai pagar diri, apabila kita membawanya berpergian maka kita tidak akan kebingungan. Selain itu, sebagai media kekebalan diri. Namun, hanya sedikit yang mempercayainya.

- Sebagai Penglaris dalam berdagang, lebih-lebih jika kita membawa buah yang terdapat pada kayu mimang tersebut. 




Quote:



Quote:
Diubah oleh aldysadi 14-02-2018 20:17
swiitdebby
nona212
nona212 dan swiitdebby memberi reputasi
2
52.8K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.