Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

switchleft789Avatar border
TS
switchleft789
Gimana menurut pandangan lo Gan?
Gw mau curhat sekaligus minta pandangan dari kalian. Dan karena ini urusan keluarga, gw taro di forum WF. Semoga ga salah kamar.

Gini. Gw cewe, usia 20 something tahun. Keluarga gw dlu bisa dibilang berkecukupan meskipun bokap gw aja yang kerja (nyokap hanya sebagai IRT). Singkat cerita, karena keluarga gw boros bgt (bokap terlalu baik kekeluarga nyokap, ke org lain mcm temen2nya, dan nyokap sendiri menurut gw ga gitu bisa atur duit juga ya intinya sama aja lah ortu gw. Sama2 boros.), saat ini harta benda tinggal bersisa satu rumah aja. Dan otomatis, gw sama ade gw yang kedua yang biayain urusan keluarga (gw tiga bersaudara, cewe semua, dan ade gw yang paling kecil masih sekolah).

Gw udh kerja dari 2015, dan udh pindah kerja sampai 3x. skg gw udah di usia2 cukup umur buat nikah dong. Nah gw niat nabung kan. Selama ini gw sadar bahwa selama gw kerja, ga ada hasilnya Ya gw sadari bahwa uangnya banyak abis buat keluarga. Terutama saat gw kerja di kantor yang pertama. Tiap gw balik dinas, gw kasih duitnya ke nyokap. Gw seneng jg belanjain kebutuhan bulanan, ngajak makan ade sm nyokap gw diluar dll. Sampai gw sadar waduh uang hasil jerih payah gw ga ada sisanya aja gitu. Memang keluarga gw, gw akui ckup sulit utk move on dari keadaan kita dlu yang serba enak. Terutama nyokap. Sering bahas harta yang dulu2. Ditambah lg bokap sekarang sakit dan jg udah ga aktif kerja.

Gw kecewanya sama nyokap gw kenapa kok sama sekali ga ngingetin untuk nabung. Padahal gw perlu juga mikirin masa depan gw. Nyokap pernah blg kaya gini “mumpung masih belum berkeluarga, nyenengin orangtua dulu”. Tp dg kondisi keuangan keluarga kaya gini, gw hrs biayain pernikahan gw sendiri (brsama pasangan tentunya), blm lagi untuk beli rumah dll. Ya kalau selama gw kerja saat single hrs ke ortu dan adek2 semua, gw sendiri khawatir dg masa depan gw dong. Ga ada tabungan. Gw jg udh wanti2 nyokap untuk bilangin ke ade gw yang kedua spy punya tabungan, jgn kaya gw. Saat gw off kerja, nyokap bilang nya gini ke gw“semoga cpt2 dapet kerjaan lg ya. Biar mamah bisa dapet dari ade jg dan dari kamu jg”. Jadi nyokap tuh mikirnya kalau gaji ade gw dan gw makin gede, maka ngasih ke nyokap pun makin gede. Maksud gw, kalau emg udh ckup di 3,5 juta sebulan, yaudah.. emg ga kasian apa sama anak2nya. Kan harus nabung untuk masa depan jg. Dan nyokap tuh kaya ga mikirin tabungan untuk dana darurat. Kaya ga belajar dr kesalahan dulu2 yang bikin kondisi keuangan kaya gni.
Dulu wkt harta msh banyak, gw disuruh nikah cepet2 stlh lulus kuliah. Pas keadaan ekonomi memburuk, dan saat gw kerja dikerjaan pertama, gw dibilang jgn nikah cpt2. Ya gw tau sih yang nyokap khawatirkan, yaitu klo gw nikah cpt2 kan nanti bs susah untuk ngasih dana ke keluarga.

Dulu jaman masih sekolah, gw apa2 cerita sm nyokap. Dan ngerasa tenang jadinya. Tp sekarang saat gw pgn curhat ttg gw yg lg stress krn kerjaan gw, eh malah dialihkan pembicaraan dan di cut. Tlp langsung minta ditutup (alesan nya ketawan bgt kaya dibuat2, krn gamau dgrin curhatan gw). Dan gw skg jg udh ga terbuka lg terkait berapa gaji gw sesungguhnya. Krn kalau tau gaji gw besar, waduh.. bisa boros bgt. Makanya skg gw berusaha untuk menampakkan kalau keuangan gw biasa aja.

Gimana menurut kalian?
*Ga perlu komen model nge-junk ya. Gw ga butuh.
Diubah oleh switchleft789 07-01-2018 05:20
tata604
tata604 memberi reputasi
1
3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.