• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah Perubahan Iklan Rokok Dari Masa ke Masa, Ternyata Dulu Lebih Ekstrim!

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Inilah Perubahan Iklan Rokok Dari Masa ke Masa, Ternyata Dulu Lebih Ekstrim!
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah




Beberapa bulan yang lalu, jagat para "ahli hisap" di Indonesia sempat digemparkan oleh berita kenaikan harga rokok yang nggak tanggung-tanggung hingga 5x lipat. Banyak beredar meme-meme lucu yang menyindir para produsen rokok. Aktivis anti rokok pun semakin gencar melancarkan aksinya untuk mengajak masyarakat agar berhenti merokok demi kesehatan. Untungnya isu kenaikan harga rokok nggak benar-benar terjadi dan hanya mengalami kenaikan sebesar beberapa persen saja. Para "ahli hisap" lumayan bisa bernafas lega, meskipun tetep agak seret juga.

Sebenarnya, kenapa sih rokok menjadi hal yang kontroversial di Indonesia? Padahal jika menengok dari sejarah masa lalu, rokok sudah sangat erat dengan kehidupan warga lokal. Presiden pertama Indonesia, Soekarno juga merokok. Bahkan membagi rokoknya dengan para pemimpin dunia. Lebih lawas lagi, di zaman penjajahan, rokok adalah sesuatu yang mewah dan menyenangkan, serta bisa dinikmati oleh perempuan. Tidak jarang, perempuan merokok menjadi icon dari sebuah produk rokok. Dan zaman dulu nggak ada tuh sensor-sensor macam sekarang. Berikut ini, lihat yuk iklan-iklan rokok dari masa ke masa yang dirangkum dari beberapa sumber. Cekidot!

Spoiler for 1. Rokok Kretek dan Sigaret tjap Doro buatan Semarang, beredar di era kolonial sekitar tahun 1930-1942:


Spoiler for 2. Di era 30 hingga 40an, warga lokal disuguhi kenikmatan rokok kretek karena di masa itu masyarakat belum mengenal rokok filter:


Spoiler for 3. Memasuki era 1950an, rokok filter mulai memasuki Indonesia dengan iklan yang jauh lebih menarik dan berwarna:



Spoiler for 4. Di tahun 60-an, iklan rokok impor dengan filter masih mendominasi para warga kota di Indonesia:


Spoiler for 5. Di era 70an, perempuan merokok masih menjadi hal yang umum, meskipun sudah mulai dikategorikan "kurang baik":


Spoiler for 6. Era 80an, rokok pribumi kembali berjaya:


Spoiler for 7. Iklan rokok di era 90an mulai menghapus citra perempuan perokok:


Spoiler for 8. Memasuki era milenium 2000an, rokok mild yang lebih "enteng" mulai diminati kawula muda di Indonesia:


Spoiler for 9. Dan sampailah kita di era 2010an, dimana rokok jadi hal yang sangat kontroversial dan mematikan:


Semakin lama, rokok semakin dianggap berbahaya karena tidak hanya menyebabkan kanker, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin tapi juga langsung bisa membunuh. Contoh yang paling ekstrim adalah ketika kamu merokok di pom bensin dan membuang puntung rokok yang masih berapi ke dalam tangki penampungan bensin maka hal itu dapat menyebabkan tragedi kematian.

Saking berbahayanya, akhirnya KPI memutuskan untuk menyensor adegan merokok, walaupun asapnya tidak bisa disensor juga dan menyebabkan kita tetap tahu bahwa orang itu sedang merokok. Tapi setidaknya yang patut kita syukuri adalah iklan rokok di Indonesia semakin lama semakin lucu. Kamu perokok? Berikan pendapatmu di kolom komentar, ya!



Sumber : Yukepo
Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

0
57.6K
198
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.