Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Ahok Gugat Cerai Vero, Ini Pandangan PGI soal Cerai di Kristen
Ahok Gugat Cerai Vero, Ini Pandangan PGI soal Cerai di Kristen

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi menggugat cerai istrinya, Veronica Tan. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) pun menjelaskan soal perceraian dalam Kristen.

"Dalam kekristenan, tidak memperkenankan adanya perceraian," kata Sekretaris Umum PGI pendeta Gomar Gultom kepada detikcom, Senin (8/1/2018).

Gomar menjelaskan, karena tidak diperkenankan adanya perceraian, tidak ada tata cara cerai menurut hukum Kristen.

Baca juga: Potret Mesra Ahok-Veronica Sebelum Digoyang Kabar Cerai

"Hukum yang terutama dalam kekristenan adalah kasih. Dengan mengedepankan kasih, segala pertikaian dan ketidakharmonisan dalam hubungan suami-istri dapat diselesaikan. Dengan kasih, hati yang terasing dan terpecah dapat digenggam sehingga utuh kembali," ujarnya.

Secara umum, lanjut Gomar, perceraian dalam Kristen hanya dimungkinkan oleh cerai mati dan zina. Namun, menurutnya, aturan di sejumlah gereja makin longgar dan makin realistis menghadapi kenyataan saat ini. Meski demikian, tetap saja tidak ada pedoman yang bisa digunakan untuk perceraian.

Dalam Alkitab di Matius 19 ayat 6 dengan tegas disebutkan soal hukum pernikahan bagi orang Kristen. Isinya: "Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

Ahok Gugat Cerai Vero, Ini Pandangan PGI soal Cerai di Kristen

"Gereja-gereja Lutheran, seperti HKBP, GKPI, dan lain-lain hingga kini mempertahankan tidak boleh cerai kecuali oleh perzinaan. Perceraian ini dimungkinkan karena yang berzina tersebut telah kena hukum siasat gereja dan olehnya boleh diceraikan," jelas Gomar.

https://news.detik.com/berita/d-3803...431.1502044441

DIIZINKAN YESUS GAN

Matius 19:8-9:

19:8 Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian. 19:9 Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah 1 , lalu kimpoi dengan perempuan lain, ia berbuat zinah. "
Diubah oleh nevertalk 08-01-2018 04:17
0
7K
50
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.