Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Menjelajahi dan Mengeksplor Frankfurt di Jerman
Bagi kamu yang menyukai Jerman dan berminat untuk menyambangi Jerman, pasti kamu sudah sering mendengar Frankfurt. Ya, Frankfurt adalah salah satu kota besar di Jerman yang seringkali dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata populer di Jerman.

Pada tahun 2011, kantor firma konsultan Mercer menobatkan Frankfurt sebagai kota dengan Kualitas Hidup terbaik ketujuh di dunia. Sementara itu, menurut majalah The Economist, biaya hidup di Frankfurt adalah yang termahal di Jerman, dan biaya hidup kota ini berada di urutan ke-10 termahal dunia.

Frankfurt sendiri adalah salah satu pusat bisnis terbesar yang terdapat di Jerman. Kota ini merupakan kota bisnis amat mudah dikenali dengan melihat bangunan tinggi dan monument modern yang bertebaran.

Frankfurt merupakan salah satu kota yang terkenal dengan modernitasnya. Kota ini juga memiliki bentuk arsitektur yang menawan dan megah. Selain itu, Frankfurt juga mempunyai airport yang sangat besar sehingga tercatat sebagai airport terbesar ketiga di Eropa.

Kawasan urban di kota Frankfurt diperkirakan berpenduduk sekitar 2,3 juta jiwa pada tahun 2010. Sementara itu, kawasan metropolitan di kota ini diperkirakan merupakan kawasan metropolitan yang terbesar di Jerman.

Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera mengetahui lebih lanjut tentang destinasi wisata apa saja yang terdapat di kota ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam artikel berikut ini. Yuk, simak pembahasannya.


Perjalanan dari Jakarta menuju Frankfurt

Menyambangi Frankfurt International Airport via Wikimedia

Setibanya di Frankfurt, kamu akan langsung dapat menyambangi Frankfurt Interntional Airport yang satu ini. Untuk mencapai Frankfurt, kamu dapat menaiki pesawat dengan rute Jakarta menuju Frankfurt.

Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan dari Jakarta untuk mencapai Frankfurt adalah sekitar 15 jam 25 menit. Kamu akan mengalami satu kali stopover ketika kamu mengikuti perjalanan ini. Kota yang mungkin menjadi tempat transitmu adalah Singapura.

Selanjutnya, sesampainya di Frankfurt airport, kamu dapat menaiki kereta light rail dari Frankfurt (M) Flughafen Regionalbf menuju ke Frankfurt (M) Hauptwache. Biaya yang kamu keluarkan untuk perjalanan dengan kereta ini adalah sekitar 2 Euro. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk mencapai pusat kota Frankfurt adalah sekitar 15 menit.


Mengelilingi Frankfurt
Terdapat banyak cara untuk mengelilingi Frankfurt. Cara yang pertama adalah kamu dapat menggunakan bus tingkat atau yang biasa disebut dengan bus Hop On Hop Off. Harga untuk menaiki bus Hop On Hop Off ini adalah sekitar 19 euro dengan durasi perjalanan wisata sekitar 15 menit.

Lokasi wisatanya sendiri sudah ditentukan. Lokasi wisata tersebut antara lain adalah Paulrischke, Romer, Zoo Frankfurt sampai Alt Sachsenhausen. Pemandu juga sudah dapat menjelaskan dalam berbagai bahasa yaitu sekitar 10 bahasa. Namun, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.

Pilihan lain yang dapat kamu pilih dalam menjelajahi Frankfurt adalah dengan menyewa sepeda. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menyewa sepeda di Frankfurt ini adalah sekitar 12 Euro.

Menjelajahi Frankfurt dengan menggunakan sepeda sudah seringkali dijadikan sebagai pilihan. Hal ini karena harganya terjangkau, selain itu juga relative aman dan nyaman karena menggunakan jalur khusus. Parkiran sepeda juga relative mudah ditemukan.

Namun, tentu saja alternative menggunakan sepeda bukanlah pilihan yang tepat jika tiba-tiba hujan turun. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan bus umum dengan berbekal peta wisata yang bisa kamu dapatkan di penginapan tempatmu menginap.


Menyambangi Romerberg

Menyambangi Romerberg via Panoramio

Untuk mengawali tujuan wisatamu selama berada di Frankfurt, kamu dapat memulainya dengan menyambangi Romerberg. Romerberg sendiri merupakan alun-alun wisata di kota tua.

Romerberg sendiri seringkali dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata populer, bahkan rute bus Hop On Hop Off juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisatanya. Sehingga tidak salah menjadikan Romerberg sebagai titik awal perjalanan wisatamu selama berada di Frankfurt.

Bangunan ini juga terkenal sebagai salah satu landmark penting kota Frankfurt. Frankfurter Romer terletak berseberangan dengan Old St. Nicholas Church dan telah menjadi city hall bagi Frankfurt selama lebih dari 600 tahun.

Tempat ini sebenarnya berbentuk plaza dan seringkali digunakan oleh penduduk maupun pemerintah Frankfurt guna kepentingan pemerintahan. Selain itu, yang menarik pada lantai 2 dan 3 di Haus Lowenstein juga seringkali digunakan sebagai tempat berlangsungnya acara pernikahan.

Tempat ini dahulunya dimiliki oleh keluarga Romer yang menjual rumahnya ke pemerintah sekitar tahun 1405. Kemudian, setelah itu, pemerintah mengalihfungsikan rumah mereka menjadi balaikota. Bangunan utamanya dikenal dengan nama Zum Romer yang merupakan tempat penghormatan terhadap raja Romawi.

Sementara itu, di sisi timur Zum Romer, kamu dapat menyambangi sederetan bangunan rumah kayu yang disebut juga sebagai Ostzeille. Tempat ini merupakan rekonstruksi rumah-rumah pada abad 15-16 yang sudah banyak hancur karena adanya perang dunia 2.

Di tempat ini juga terdapat kios-kios dan toko cenderamata. Nah, kamu dapat mencoba untuk menyambangi toko cinderamata ini agar bisa mendapatkan barang yang terbaik untuk cinderamatamu.


Melihat Patung Keadilan

Patung Dewi Keadilan via Benny Rhamdhani (Kompasiana)

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata yang dapat kamu sambangi. Masih di kawasan Romerberg, kamu dapat mencoba melihat patung dewi keadilan yang satu ini.

Monumen tempat dewi keadilan ini berada bernama Gerechtigkeitsbrunnen. Di tengah-tengahnya terdapat dewi keadilan yang membawa timbangan tetapi tanpa penutup mata.

Di depannya, kamu melihat orang yang menjual mawar merah. Menjadi sangat romantic ketika ada pria yang membeli bunga tersebut dan memberikannya pada wanita yang sedang bersamanya.


Mengunjungi Katedral

Mengunjungi Cathedral of St. Bartholomew via Inyourpocket

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Frankfurt yang dapat kamu sambangi. Tempat ini adalah Cathedral of St. Bartholomew. Katedral ini dibuat dan didedikasikan untuk Saint Bartholomew.

Gereja ini merupakan salah satu tempat terbaik jika kamu ingin melihat arsitektur yang indah dari kota Frankfurt. Jika waktumu terbatas, tempat ini juga merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menjadi objek fotografimu.

Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin mengunjungi Cathedral of St. Bartholomew ini. Estimasi lama kunjunganmu ketika mengunjungi tempat ini adalah sekitar 1-2 jam.


Mengunjungi Sungai Main

Mengunjungi Sungai Main via Media Indonesia

Penasaran dengan destinasi wisata lainnya yang terdapat di Frankfurt. Destinasi wisata ini adalah Sungai Main yang terdapat di pusat kota Frankfurt.

Main sendiri adalah sebuah sungai yang terdapat dari timur menuju ke barat Jerman. Sungai terpanjang kedua di Jerman ini dapat dilalui oleh kapal-kapal pengangkut barang dari pedalaman Jerman hingga pelabuhan di Rotterdam.

Salah satu waktu terbaik untuk menikmati pemandangan indah di Sungai Main ini adalah di waktu sebelum matahari terbit. Kamu dapat mencoba untuk melihat pemandangan matahari terbit ketika menyambangi destinasi wisata yang satu ini.

Rasanya sangat menyenangkan sekali melihat pantulan gedung-gedung pencakar langit di permukaan sungai Main. Waktu terbaik untuk menyambangi Sungai Main yang satu ini adalah sekitar pagi atau sore hari. Selain itu, tidak jarang kamu juga dapat melihat pemandangan berupa pasangan-pasangan yang sedang berwisata di sekitar daerah yang satu ini.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan wisata perahu ketika menyambangi Sungai Main. Biaya yang kamu keluarkan untuk memanfaatkan wisata perahu ini berbeda-beda.

Dengan tujuan Grisheim, kamu dapat membayar sejumlah 8,4 euro. Selain itu, bila tujuannya Gebermuhle, biaya yang harus kamu keluarkan adalah sekitar 10,40 Euro. Lama waktu perjalanan yang kamu butuhkan untuk mencapai Grisheim adalah sekitar 50 menit.

Sementara itu, lama waktu perjalanan yang kamu butuhkan untuk mencapai Gebermuhle adalah sekitar 100 menit. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Frankfurt adalah kamu dapat mencoba untuk menyambangi Sungai Main yang satu ini.


Melihat Lebih Dekat Klein Markt Halle

Melihat Lebih Dekat Klein Markt Halle via Benny Rhamdani (Kompasiana)

Masih penasaran dan ingin menjelajahi Frankfurt secara lebih dekat? Kali ini kamu dapat mencoba untuk menyambangi Klein Markt Halle.

Frankfurt adalah kota internasional dengan penduduk beragam. Nah, untuk dapat mendapatkan makanan halal kamu dapat mencoba untuk menyambangi Klein Markt Halle yang satu ini.

Nah, kamu dapat mencoba untuk menikmati berbagai makanan halal bagai makanan Turki maupun Pakistan. Kamu dapat mencoba untuk memakan ayam bakar dengan kentang dan disertai dengan minuman. Biaya yang kamu keluarkan untuk makanan tersebut adalah sekitar 6 euro.

Biasanya kamu juga dapat menikmati minuman mint yang berguna untuk mengurangi lemak yang masuk ke perut. Kamu juga dapat menikmati jenis ikan maupun buah-buahan.

Begitu masuk ke dalamnya, langsung di sambut deretan penjual bunga segar di sisi kanan dan deretan panjang jagal di sisi kiri. Berjajar pula kiosseafood.

Tempat ini pertama kali dibangun pada tahun 1890-an namun sempat mengalami kerusakan hebat pada tahun 1944. Setelah itu, terjadi renovasi besar-besaran terhadap Kleinmarkthalle yang menyebabkan tempat ini dapat dibangun dan digunakan kembali.

Lantai kedua dari Kleinmarkthalle ini menjual berbagai macam produk makanan seperti daging sapi, daging bebek, daging kelinci, unggas serta seafood. Sementara pada lantai bawah Kleinmarkthalle ini dijual berbagai macam makanan lezat yang wajib untuk kamu coba.

Di tempat ini, kamu juga dapat menemukan makanan-makanan yang jarang kamu temukan sebelumnya. Makanan tersebut misalnya berbagai jenis kentang, jamur yang tidak biasa, fresh black or white truffles, dan lain-lain. Keseluruhan dari makanan ini dikemas dengan cantik dan menawan sehingga membuatmu nyaman untuk membelinya.

Untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Frankfurt, kamu dapat mencoba untuk menyambangi destinasi wisata yang satu ini.


Menyambangi Old Opera House

Menyambangi Old Opera House via Upload Wikimedia

Setelah puas mengunjungi salah satu pasar indoor unik yang terdapat di Frankfurt, kamu dapat melanjutkan perjalananmu dengan mengunjungi Old Opera House Frankfurt yang satu ini. Old Opera House atau yang dalam bahasa Jerman disebut Alte Oper ini beralamat di Opernplatz 1, 60313.

Tempat ini sering digunakan pula sebagai tempat pertunjukkan konser. Tempat ini dibangun pada tahun 1880 namun sempat hancur karena ledakan bom pada tahun 1944. Tetapi, gedung ini kemudian direkonstruksi dan direnovasi sehingga masih tetap dapat digunakan hingga sekarang.

Gedung Opera ini biasanya dibuka setiap hari pada pukul 9 pagi hingga 12 malam. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan jika kamu ingin mengunjungi gedung opera yang menawan ini alias gratis.

Tempat ini kemudian dibuka pada tahun 1981. Semenjak saat itu, ada lebih dari sedikitnya 300 jenis konser dan acara diselenggarakan di tempat ini. Banyak turis dan wisatawan yang berkunjung pula ke tempat ini sehingga tempat ini menjadi salah satu magnet wisata bagi para pengunjung yang hendak mengunjungi Frankfurt.

Fasilitas yang terdapat di tempat ini berupa The Great Hall yang memiliki kapasitas mencapai 2.450 pengunjung. Great Hall seringkali digunakan untuk acara pertunjukkan akustik. Selain itu, terdapat pula Mozart Hall yang berkapasitas mencapai lebih dari 700 orang.

Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama kamu berada di Frankfurt, kamu dapat mencoba untuk menyambangi destinasi wisata yang satu ini.


Menyambangi Palmengarten

Mengunjungi Palmengarten via Upload Wikimedia

Penasaran dengan destinasi wisata lainnya yang terdapat di Frankfurt? Kali ini kamu dapat mencoba untuk menyambangi Palmengarten yang satu ini. Palmengarten merupakan salah satu dari dua taman botani yang terdapat di kota Frankfurt. Tempat ini juga dinyatakan sebagai taman botani terbesar di negara Jerman.

Palmengarten merupakan kebun botani yang sangat luas dan terdapat di kawasan Frankfurt. Palmengarten memiliki luas sekitar 22 hektar atau sekitar seperempat dari luas kebun raya Bogor. Biaya yang kamu keluarkan untuk memasuki kawasan ini adalah sekitar 5 Euro namun apabila terdapat pameran, kamu harus membayar sekitar 10 euro untuk dapat memasuki kebun botani yang satu ini.

Kebun botani ini dibuka setiap hari. Adapun jam operasional untuk kebun botani ini adalah sekitar pukul 9.00 hingga 16.00 (untuk bulan November hingga Januari) dan pukul 9.00 hingga 18.00 (untuk bulan Februari hingga Oktober).

Pintu masuk utama di kebun botani ini ada tiga. Pintu masuk tersebut adalah Siesmayerstraße 63,Palmengartenstraße 11 dan Zeppelinallee 18. Ketentuan lainnya dari tempat ini adalah kamu tidak diperbolehkan untuk membawa anjing dan sepeda ketika memasuki kebun botani ini.

Tempat ini dibangun pada tahun 1871 oleh arsitek Heinrich Siesmayer. Taman ini memiliki luas yang cukup besar yaitu mencapai sekitar 22 hektar.

Taman ini memiliki bentuk seperti rumah kaca. Di dalamnya terdapat taman-taman dengan berbagai tema, mulai dari gurun hingga hutan hujan. Untuk melengkapi wisatamu selama berkunjung ke Frankfurt, tentunya kamu dapat mengunjungi taman cantik yang satu ini.



Nah, itulah dia penjelasan mengenai Frankfurt. Kamu juga dapat mengetahui berbagai destinasi wisata yang terdapat di Frankfurt. Selain itu, kamu juga dapat menentukan sendiri transportasi terbaik yang dapat kamu gunakan dalam mengeksplor Frankfurt.

Banyak wisatawan memilih datang untuk menyambangi Frankfurt karena Frankfurt memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk disambangi. Selain itu, situasi multicultural yang terdapat di Frankfurt juga membuat toleransi yang terdapat di kota ini menjadi sangat tinggi. Salah satunya, kamu dapat mencari makanan halal selama berada di Frankfurt.

Semoga artikel ini dapat memberikanmu referensi mengenai berbagai objek wisata yang terdapat di Frankfurt agar dapat memudahkanmu menyusun itinerary terbaik dalam mengeksplor Frankfurt.

Happy traveling!


SUMBER
0
10.9K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.