setan.matiAvatar border
TS
setan.mati
Benarkah Agama Sudah Tidak Lagi Penting?
Intro

Dalam ribuan tahun belakangan, Agama merupakan salah satu bagian penting dalam budaya umat manusia. Agama serta kepercayaan sudah menjadi bagian dalam budaya manusia yang seringkali dianggap sebagai hal terpenting di dalam hidup leluhur-leluhur kita. Agama seringkali menjadi pedoman hidup serta teman perjalananan pengetahuan umat manusia. Namun belakangan ini, dengan berkembangnya sekularisme, agama mulai banyak ditinggalkan. Ateisme berkembang sangat cepat dan mencapai jumlah paling banyak daripada yang pernah terjadi sebelumnya(More than ever before). Benarkah Agama sudah tidak lagi penting dan tidak lagi relevan di zaman modern seperti saat ini? Silahkan jawab pada vote di atas gan.

Perkembangan agama-agama di dunia



Gambar di atas menunjukkan perkembangan jumlah populasi agama-agama besar di dunia dan juga perkembangannya berdasarkan persentase populasi. Dapat dilihat bahwa hampir semua agama mengalami penurunan dalam hal persentase terhapat populasi, kecuali islam dan Kristen Pentekosta. Beberapa berita juga menunjukkan, bahwa walaupun masih banyak orang di dunia yang beragama kristen, namun kebanyakan dari mereka bukanlah orang-orang yang menganggap agama itu penting. Terbukti dengan banyaknya gereja-gereja yang mulai ditinggalkan oleh jemaatnya, terutama di negara-negara eropa seperti Inggris, Jerman, Perancis, dll.

Anggota Gereja Turun Drastis, Orang Jerman Tak Percaya Lagi Tuhan?

Perspektif baru Agama di Dunia

berikut adalah peta Agama nomor 2 di setiap negara di dunia.
Quote:



Dapat kita lihat bahwa "None"(Ateisme, Agnostisisme, dll yang menganggap bahwa agama tidak penting) telah tersebar ke seluruh dunia dan menjadi agama nomor 2 di kebanyakan negara-negara maju, terutama di Eropa dan Amerika. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Quote:


Antara Kesejahteraan, Pendidikan dan Pentingnya Agama

Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa orang-orang menjadi ateis dalam jumlah yang besar. Beberapa ahli demografi menghubungkan ateisme dengan keamanan finansial, yang menjelaskan mengapa Negara-Negara di Eropa yang memiliki keamanan sosial yang lebih kuat lebih sekuler dibandingkan Amerika Serikat, dimana kemiskinan lebih umum ditemukan dan seorang yang membutuhkan darurat medis bisa bangkrut, bahkan yang sudah diasuransi.

Ateisme juga dikaitkan dengan pendidikan, diukur dari pencapaian akademis(Ateis di berbagai tempat biasanya memiliki gelar kuliah) atau pengetahuan umum tentang kepercayaan-kepercayaan yang ada di seluruh dunia(Karena itulah, muncul teori bahwa akses internet memicu munculnya ateisme)

Krisis Kepercayaan


Jepang, Kerajaan Inggris, Kanada, Korea Selatan, Belanda, Republik Ceko, Estonia, Jerman, Perancis, dan Uruguay(Dimana mayoritas penduduk merupakan keturunan eropa) merupakan tempat-tempat dimana agama dianggap sangat penting satu abad yang lalu, namun sekarang termasuk negara-negara memiliki tingkat kepercayaan paling rendah di dunia. Negara-negara tersebut menyediakan pendidikan serta sistem keamanan sosial yang kuat, kesenjangan rendah, serta relatif kaya. "Pada dasarnya, orang-orang lebih tidak khawatir akan apa yang akan menimpa mereka." kata Quentin Atkinson, seorang fisiologis di University of Auckland, Selandia Baru.

Juga, berkurangnya tingkat kepercayaanpun sepertinya terjadi tak mengenal tempat, termasuk tempat-tempat yang masih sangat relijius seperti Brazil, Jamaika, dan Irlandia. "Sedikit sekali masyarakat yang lebih relijius dibandingkan 40 atau 50 tahun yang lalu," kata Zuckerman. "Mungkin satu-satunya pengecualian adalah Iran, namun sepertinya agak rumit karena orang-orang sekuler sepertinya menyembunyikan kepercayaan mereka."

Dengan semakin meningkatnya taraf hidup serta pendidikan di seluruh dunia, termasuk negara-negara berkembang yang mulai memiliki ekonomi, pendidikan, serta keamanan yang maju, diperkirakan akan semakin banyak orang-orang yang menganggap bahwa agama itu tidak lagi penting.

Kalau menurut agan-agan bijimane? Mungkin gak kalau agama tidak lagi jadi hal yang penting di masa depan? Atau bahkan mungkin justru agama akan punah? Hanya waktu yang bisa menjawabnya gan.

(Johan Herdi Putra)

Daftar Pustaka
https://news.nationalgeographic.com/...sing-religion/
http://www.pewforum.org/2015/04/02/r...ons-2010-2050/
http://www.bbc.com/future/story/2014...ever-disappear
http://www.dailymail.co.uk/sciencete...chologist.html
https://ideapod.com/research-study-r...tianity-islam/
http://makassar.tribunnews.com/2015/...aya-lagi-tuhan
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 18 suara
Apakah menurut aggan Agama itu Penting dalam mempengaruhi kehidupan agan?
Yoi Gan, Penting banget
39%
Nggak Juga tuh
39%
Ah, Bodo Amat gan. Yang penting gak ngerugiin orang lain
22%
Diubah oleh setan.mati 11-04-2018 09:57
0
5.3K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.