Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Siap-siap! Dengan Moda Transportasi Ini Indonesia Menuju Negara Maju

kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Siap-siap! Dengan Moda Transportasi Ini Indonesia Menuju Negara Maju

Hai Gan Sist di manapun berada, semoga semuanya dalam keadaan baik dan bahagia yah tentunya. Ane sebelumnya mau ucapin makasih nih udah mampir lagi di trit ane yang sederhana ini. Moga-moga setiap trit yang ane posting bisa kasih manfaat dan informasi yah buat Agan Sista semua.

:terimakasih :terimakasih :terimakasih
Gan Sist, ngomong-ngomong tahun baruan kemarin pada kemana nih?
Seru-seruan dong pastinya yah bareng teman-teman dan keluarga.

Nah, kalau ane pas tahun baruan emang udah nyusun rencana yang anti mainstream banget nihGan Sist.
Pas tanggal 1 Januari 2018 kemarin ane sengaja nyobain Railink alias Kereta Cepat yang menuju Bandara Soekarno Hatta.
Hehehe, anti mainstream banget kan Gan Sist?
Penasaran kan.., kayak gimana sih salah satu fasilitas transportasi umum terbaru milik Indonesia ini?
Cuss, langsung cekidot aja ulasan ane di bawah ini yaa..

Nah Gan Sist, berbekal informasi yang ane baca dari berita online dan ane denger dari radio, Indonesia kini punya Kereta Cepat Bandara atau yang di sebut Railink yang langsung menuju Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Sesuai informasi, Kereta Bandara sementara ini beroperasi dari Stasiun BNI City alias Stasiun Sudirman Baru, yang tepatnya berjarak 100 meter dari Stasiun Sudirman Jakarta kemudian menuju Stasiun Batu Ceper dan berakhir di Stasiun Bandara Soekarno Hatta.

Kedepannya sih, apabila infrastruktur sudah siap, Kereta Bandara ini akan berangkat dari Stasiun Manggarai lalu ke Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan berakhir di Stasiun Bandara Soekarno Hatta.
Spoiler for Nyobain Kereta Kekinian:


Tepat tanggal 1 January pagi, sekitar jam 5 an, ane tiba tuh di Stasiun BNI City. Kesan pertama yang ane dapat adalah mewah. Yes, Gan Sist, Stasiun yang masih baru ini terlihat begitu besar dan mewah, udah kaya berasa di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta aja deh.
Karena masih pagi banget, Stasiun BNI City masih sepi banget loh Gan Sist, mungkin cuma ane doang pengunjungnya hehehe.. Karena ane di anter pakai mobil, jadi ane masuk melalui lobby yang terletak di lantai 1. Lobby lantai 1 ini cukup luas dan mewah Gan Sist, ada beberapa gerai makanan dan minuman yang masih tahap persiapan untuk beroperasi.

Untuk pembelian tiket, kita harus naik 1 lantai lagi Gan Sist. Nah di lantai 2 ini terdapat beberapa counter mesin tiket otomatis. Nih dia penampakannya Gan Sist :
Spoiler for mesin tiketnya:

Spoiler for tiketnya cuma bisa dibeli via kartu debit atau kredit:

Mesin tiket otomatis ini menerima pembayaran dengan 2 cara, yaitu dengan kartu debit dan kredit Gan Sist. Jadi mesin ini tidak menerima pembayaran dengan uang tunai yah. Selain di mesin otomatis, para calon penumpang juga bisa membeli tiket Kereta Bandara melalui aplikasi ponsel dan melalui website PT. Railink. Jadi total ada 3 cara pembelian tiket Kereta Bandara ya Gan Sist.
Spoiler for Fasilitasnya modern banget loh Gan Sist:

Nah selesai membeli tiket ane sempetin untuk berkeliling sebentar untuk melihat-lihat bagian Lounge Stasiun BNI City ini. Menurut ane Lounge yang ada cukup nyaman dan cantik, yah mirip-mirip Lounge di bandara lah. Jadi sepertinya calon penumpang akan merasa sangat nyaman menunggu Kereta Bandara di Lounge ini.
Spoiler for penampakan Lounge nya:

Spoiler for lounge buat nunggu:

Spoiler for Toiletnya Gan:


Oh iya Gan Sist, karena jadwal Kereta Bandara cukup banyak, ane ngga perlu menunggu lama tuh untuk berangkat, baru berkeliling sebentar melihat-lihat lounge, Kereta Bandara udah datang di Stasiun BNI City. Ini dia jadwal keberangkatan Kereta Bandara dari BNI City menuju Stasiun Bandara Soekarno Hatta :
Spoiler for Jadwal Kereta Bandara:


Karena jadwalnya yang banyak jadi Agan Sista ngga perlu khawatir harus ketinggalan atau terlalu menunggu lama Kereta Bandara ini. Asikk kan Gan Sist, jadi lebih efisien dalam waktu pastinya.
Spoiler for sambil nunggu kereta :

Oh yah, 15 menit sebelum keberangkatan, biasanya petugas stasiun sudah memberikan panggilan agar para calon penumpang bersiap untuk turun ke lantai dasar, atau paling bawah, untuk bersiap-siap menaiki kereta.

Sebelum menuju ke lantai bawah, para calon penumpang harus melewati gate seperti di stasiun kereta pada umumnya. Para calon penumpang juga harus memindai bar code yang ada di kertas tiket yang sudah dibeli sebelumnya. Setelah gate terbuka, ane langsung cuss meluncur ke bawah via eskalator deh. Sekali lagi Gan Sist, interior dan tampilan di Stasiun BNI City ini mewah dan modern banget deh. Sebagai warga negara Indonesia, ane sih sedikit berbangga hati, setidaknya Indonesia udah punya fasilitas transportasi yang modern juga kayak negara-negara tetangga sebelah.. hehe..
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Spoiler for ini dia Gan Sist penampakan kereta bandara:

Okedeh, tanpa harus menunggu lama Kereta Bandara sudah datang, dan karena kebetulan calon penumpang masih sangat jarang, Kereta Bandara ini sepiiii banget Gan Sist. Haha, ane jadi bebas berfoto-foto ria. Oh ya, layaknya Commuter Line, jadi tidak ada penomoran kursi di kereta ini, tapi mungkin ke depannya akan diadakan penomoran kursi, jadi calon penumpang mendapat kepastian tempat duduk..

Puas berfoto-foto dan keliling di Kereta Bandara ini, kesimpulan ane Kereta Banda ini modern sekali. Tempat duduknya sangat nyaman, sandaran kursi bisa di atur dan ada USB port loh di tengah kursi, jadi kita bisa nge charge baterai HP.. ahay keren keren …!
Spoiler for penampakan USB Portnya:

Di sudut-sudut gerbong tersedia rak untuk meletakan koper, begitu juga di atas tempat duduk, ada kompartemen atau rak juga yang bisa ditempatkan koper ukuran kecil. Oh ya, sedikit tips, sebaiknya bawa baju hangat, karena AC di Kereta Bandara ini dinginnya super poll.
:nyantai :nyantai :nyantai
Spoiler for penampakan kereta bandara:

Spoiler for kursinya keren Gan:


Next, sekitar kurang dari 1 jam ane pun tiba di Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Setelah keluar dari kereta ane menuju gate untuk keluar.
Spoiler for menuju gate Stasiun Bandara Soekarno Hatta:

Sama halnya dengan waktu berangkat, para penumpang harus memindai bar code yang ada di tiket agar bisa melewati gate.
Setelah ane keluar gate, ane keliling sebentar di Stasiun Bandara Soekarno Hatta, Gan Sist.

Tidak berbeda jauh dengan Stasiun BNI City, Stasiun Bandara Soekarno Hatta tampil dengan desain yang mewah dan modern juga. Staisun ini memiliki 2 lantai dengan suasana yang sangat nyaman. Di sisi kiri dan kanannya terdapat Lounge untuk menunggu jadwal keberangkatan. Kursi-kursi yang ada di Lounge juga tertata rapih dan modern menurut ane. Ada banyak sudut fasilitas untuk mengisi daya baterai gadget loh di Loungenya. Jadi Agan Sista bisa leluasa tuh kalau mau ngecharge HP.
Spoiler for penampakan fasilitas Stasiun Bandara Soekarno Hatta:

Stasiun Bandara Soekarno Hatta ini terkoneksi langsung dengan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Kalau Agan Sista mau menuju Terminal 3, bisa langsung menggunakan fasilitas Sky Train, dan pastinya gratis alias ngga perlu bayarlagi loh.
Spoiler for penampakan Stasiun Bandara:


Secara keseluruhan menurut ane fasilitas Kereta Bandara ini sangat memuaskan. Kehadiran Kereta Bandara tentunya sangat membantu mengurangi kepadatan lalu lintas yang menuju dan dari Bandara Soekarno Hatta. Dan pastinya sangat membantu para calon penumpang pesawat, yang biasanya suka deg deg an ngga karuan karena harus bertarung dengan kemacetan Ibu Kota agar bisa tiba tepat waktu di bandara, kini bisa duduk tenang, tanpa macet-macetan dan pasti tiba sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.
Spoiler for Stasiun Bandara:

Fasilitas yang diberikan juga sangat memuaskan, stasiun yang mewah, bersih dan modern serta kereta yang sangat nyaman serta modern. Pastinya sebagai penumpang bisa sangat menikmati perjalanan karena kenyamanan yang diberikan oleh PT. Railink.
Selain kemewahan dan kenyaman yang diberikan, di setiap stasiun juga terdapat gerai makanan dan minuman yang beragam, toilet yang bersih, serta mushalla yang nyaman. Para petugasnya juga sangat ramah loh, ane sampai kagum dengan petugas keamanannya yang ramah banget dan sangat informative.
Spoiler for Fasilitas Stasiun Bandara Soekarno Hatta:


Satu lagi, lokasi stasiunnya juga sudah terintegerasi dengan kendaraan umum lainnya.
Contohnya Stasiun BNI City bisa diakses dengan bus Transjakarta Koridor 1 loh Gan Sist, kedepannya juga kini tengah disiapkan akses langsung dari Stasiun Sudirman menuju Stasiun BNI City.

Oh iya Gan Sist, berikut beberapa tambahan informasi yang Agan Sista perlu tahu juga terkait dengan Kereta Bandara :
:monggo :monggo :monggo
1. Harga tiket Kereta Bandara adalah Rp. 70.000,- resmi pada 2 Januari 2018. Sebelumnya, pada saar soft launching harga tiket Rp. 30.000,- (setelah sebelumnya di usulkan ke Presiden Jokowi Rp. 100.000,-... tapi di turunin sama beliau jadi Rp. 70.000,- saja...)
2. Kereta Bandara ini dibuat oleh PT. INKA dengan mesinnya buatan Swedia dan interiornya buatan China.
3. Kereta Bandara melaju dengan kecepatan 80 km/ jam. Waktu tempuh diperkirakan 40 – 55 menit dari Stasiun BNI City ke Stasiun Bandara Soekarno Hatta.
4. Kereta Bandara terdiri dari 12 rangkaian kereta, taip rangkaian kereta terdiri dari 42 kursi. Tiap rangkaian kereta memiliki kamera pengawas dan detector asap.
5. Toilet di Kereta Bandara mirip dengan toilet di pesawat, dan terpisah antara toilet wanita dan pria.
Spoiler for Penampakan toilet di kereta:

6. Jadwal keberangkatan pertama Kereta Bandara dimulai dari pukul 03.21 WIB dari Stasiun BNI City, dan kereta terakhir berangkat dari Stasiun Soekarno Hatta pada pukul 22.51 WIB.

Nahh itu dia Gan Sist, sedikit ulasan ane mengenai Kereta Bandara yang baru diresmikan oleh Presiden kita Bapak Joko Widodo pada tanggal 2 Januari 2018 kemarin.

Gimana Agan Sista tertarik mau nyobain juga Kereta Bandara ini?
Atau ada Agan Sista yang sudah nyobain juga? Yukk share di sini pengalaman Agan Sista nyobain Kereta Bandara ini.

Demikian trit ane, akhir kata ane ucapin makasih banyak udah ikutin trit ane ini yah..
Moga-moga bermanfaat yah informasi yang sudah ane sharer ini, dan kalau berkenan, bolehlah guyuran tjendol serta rate 5 nya yah Gan Sist.



gambar milik ane pribadi
0
26.4K
248
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.