Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengeksplor Auckland di Selandia Baru, Pesona dari Bumi Bagian Selatan

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Mengeksplor Auckland di Selandia Baru, Pesona dari Bumi Bagian Selatan
Auckland adalah sebuah kota yang terkenal dan berada di kawasan Selandia Baru. Auckland juga merupakan kota terbesar dan pusat transportasi utama di Selandia Baru.

Penghuni awal kota ini adalah suku Maori dan kemudian disusul oleh banyak orang yang berasal dari polinesia. Penduduk Māori di daerah tersebut diperkirakan mencapai sekitar 20.000 orang sebelum kedatangan orang Eropa. Peperangan antar suku Maori menyebabkan wilayah ini memiliki jumlah yang relatif rendah orang Māorinya ketika orang Eropa datang dan mendirikan pemukiman di wilayah ini.

Berada di Auckland berarti kamu hanya tinggal menempuh waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pantai cantik, jalur lintas alam serta selusin pulau liburan menawan.

Nah, apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi Auckland? Kali ini, kita akan membahasnya dalam mengeksplor Auckland, pesona dari bumi bagian selatan berikut ini.


Perjalanan Mencapai Auckland

Menyambangi Auckland Airport via Carsrentalaucklandairport

Nah, untuk mencapai Auckland kamu dapat mencari rute penerbangan Jakarta menuju Auckland. Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan dari Jakarta untuk mencapai Auckland adalah sekitar minimal 11 jam 55 menit dengan transit satu maupun lebih dari satu kali.

Beberapa jenis maskapai yang melayani penerbangan dengan rute Jakarta menuju Auckland adalah Qantas, Singapore Airlines, Emirates, Garuda Indonesia, Malaysia Airlines dan masih banyak lainnya.

Sementara itu, beberapa kota yang mungkin menjadi tempat transitmu adalah Sydney, Singapura, Kuala Lumpur dan masih banyak lainnya.


Transportasi Selama Berada di Auckland

Rental mobil via Imallcdn

Terdapat berbagai jenis transportasi yang tersedia di Auckland ini. Salah satu contohnya adalah mobil sewaan. Persewaan mobil biasanya disukai oleh para pengunjung yang ingin menyetir sendiri dalam mengeksplor Auckland.

Kelebihan dari menyetir sendiri adalah kamu dapat mengatur sendiri rencana perjalananmu, dan juga memiliki kebebasan dalam menjelajahi berbagai tempat wisata yang jauh dari jalur wisata.

Pada umumnya, semakin lama kamu menyewa mobil maka biayanya akan semakin terjangkau. Kamu dapat berkendara dengan menggunakan sim C negaramu selama 12 bulan. Hal yang sama juga berlaku jika kamu memiliki sim internasional. Biaya untuk menyewa mobil bervariasi dari NZD 30.00 sampai NZD 150 tergantung dengan jenis mobil yang kamu rental.


Bersepeda via Jejeblog

Auckland adalah salah satu kota yang sangat baik untuk berjalan kaki maupun menggunakan sepeda. Jalur bersepeda di Auckland juga sudah sangat baik sehingga hal ini sangat mendukung jika kamu ingin bersepeda dalam mengeksplor Auckland.

Tetapi, tanjakan dan turunan di Auckland sudah terkenal sangat sulit dan melelahkan sehingga kamu sebaiknya berhati-hati. Meskipun demikian, banyak orang memilih berjalan kaki jika jarak perjalanan tidak begitu jauh.


Bus Auckland via Flickr

Inilah dia salah satu alternatif transportasi lainnya di Auckland yang tentu saja dapat kamu jadikan sebagai pilihan. Pengguna moda transportasi di Auckland dapat menggunakan single trip yang berarti sekali perjalanan.

Nah, untuk mempermudah perjalanan jika kamu memang ingin mengeksplor Auckland, kamu dapat mencoba untuk menggunakan AT Hop Card. Kartu ini adalah sebuah kartu yang pemakaiannya tinggal tag on dan tag off sebelum menaiki atau sesudah turun dari kendaraan yang kamu naiki.

Beberapa jenis bus yang terdapat di Auckland adalah City Link, Inner Link dan Auto Link (Bus Merah, Hijau dan Kuning). Bus City Link melewati jantung kota Auckland hingga Wynyard Quarter. Sementara itu, bus Inner Link mengitari daerah sekeliling Auckland CBD. Lalu, bus Outer Link melewati suburb di sekitar Auckland CBD.

Selain itu, terdapat pula Numbered Bus yang dapat kamu lihat terminalnya melalui Journey Planner di website AT. Selain itu, kamu juga dapat menaiki Sky Bus yang beroperasi untuk mengantarkanmu menuju bandara.


Mengunjungi Sky Tower Auckland

Mengunjungi Sky tower Auckland via Cdn Eventfinda

Untuk mengawali perjalanan wisatamu selama berada di Auckland, kamu dapat memulainya dengan mengunjungi Sky Tower Auckland yang satu ini. Nah, seluruh Auckland ini dapat dilihat dari 186 meter ini.

Namun, antriannya cukup lumayan panjang ketika kamu ingin menyambangi destinasi wisata yang satu ini. Sebagai rekomendasi, kamu dapat mencoba untuk datang pada waktu pagi hari. Dengan demikian, kamu tidak perlu mengantri. Selain itu, kamu juga akan dapat memiliki pemandangan yang lebih indah.

Auckland Sky Tower ini adalah menara tertinggi yang terdapat di Selandia Baru. Menara ini memiliki ketinggian yang mencapai sekitar 328 meter. Menara ini terletak di pusat kota Auckland dan dijadikan sebagai ikon kota Auckland.

Menara Sky Tower sendiri dikunjungi oleh lebih dari 500.000 orang setiap tahunnya. Untuk melengkapi perjalanan wisatamu ketika menyambangi Auckland jangan lupa menyempatkan diri untuk menyambangi menara Sky Tower yang satu ini.


Mengunjungi Kelly Tarton’s Sea Life Aquarium

Kelly Tarton’s Sea Life Aquarium via Mommaonthemove

Bagi kamu yang ingin melihat banyak ikan di dalam akuarium, kamu dapat mencoba untuk menyambangi Kelly Tarton’s Sea Life Aquarium. Bentuknya memang mirip sekali dengan Seaworld namun terdapat perbedaan yang membuatmu akan semakin bersemangat dalam menyambangi tempat ini.

Kamu dapat melihat penguin di tempat ini. Penguin akan dapat dilihat secara langsung yang membuat perjalananmu dalam menyambangi tempat ini terasa semakin menyenangkan. Kamu dapat melihat lebih dekat penguin ini di wahana Antartic Ice Adventure and Scott Base.

Lokasi tepat dari tempat ini pun tergolong sangat unik. Tempat ini berada di bawah tanah sehingga ketika masuk kamu berada di sisi kiri jalan tetapi begitu keluar, kamu akan berada di sisi kanan jalan yang langsung bersisian dengan laut.

Tempat ini sudah dibuka sejak tahun 1985 dan masih menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan ketika menyambangi Auckland. Tempat ini didirikan oleh seorang penyelam bernama Kelly Tarton yang kemudian namanya diabadikan sebagai nama tempat ini.

Nah, beberapa fasilitas dan wahana wisata lain yang ditawarkan oleh destinasi wisata yang satu ini adalah NIWA Southern Oceans Discovery (semacam ruangan interaktif yang berfungsi mengedukasi anak tentang kelautan dan kehidupan laut), Stingray Bay, Pasific Shark Zone, Shipwreck Explorer dan masih banyak lainnya.

Alamat tepat dari tempat yang sudah dibangun sejak tahun 1985 ini adalah 23 Tamaki Drive, Orakei, Auckland 1071, Selandia Baru. Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu dalam mengeksplor Auckland jangan lupa sempatkan diri untuk menyambangi destinasi wisata yang satu ini.


Mengunjungi Pantai Muriwai

Mengunjungi Pantai Muriwai via Coratcoretnina

Bagi kamu yang menyukai pantai, maka menyambangi Auckland adalah salah satu pilihan yang tepat. Auckland memiliki banyak pantai indah yang tentu saja menarik untuk kamu sambangi. Salah satu pantai indah yang dapat menjadi referensimu adalah pantai Muriwai yang satu ini.

Pantai ini memiliki pasir hitam yang terbentuk dari ledakan vulkanik masa lalu. Warna hitamnya sendiri berasal dari campuran material besi, titanium, dan beberapa material vulkanik lainnya.

Tempat ini juga terkenal sebagai salah satu tempat bagi koloni burung Gannet terbesar di Selandia Baru. Ada setidaknya tiga karang besar dan mendatar yang ditempati para gannet atau takapu – nama burung gannet dalam bahasa Maori – untuk bertelur dan mengerami telur.

Kamu cukup melintasi jalur setapak yang tidak jauh dan dapat mengamati betina takapu dari dua lokasi berpagar yang sudah disiapkan. Tempat tersebut tidak terlalu jauh dari burung takapu namun juga tidak mengganggu habitat mereka.

Pada bulan Desember biasanya para takapu sedang mengerami anaknya. Selain itu, mereka juga merawat anak-anak mereka. Jadi, biasanya di samping atau di bawah perut betina takapu, bisa teramati burung kecil dengan bulu-bulu halus warna putih plus bercak hitam.

Kalau burung dewasanya, berbulu putih dan garis hitam di bagian ujung sayap sampai buntut, sedangkan kepalanya berwarna coklat muda kekuningan.

Keunikan lain dari takapu adalah para takapu jantan hanya kimpoi dengan satu betina lalu mereka akan bahu-membahu dalam merawat anak-anak mereka. Untuk itu, burung ini juga disebut sebagai salah satu jenis hewan yang monogami.

Untuk mencapai Pantai Muriwai, kamu dapat berkendara selama sekitar satu jam dari pusat kota Auckland. Muriwai merupakan salah satu tempat yang tepat bagi kamu yang menyukai alam dan ingin berada lebih dekat dengan burung yang satu ini.

Pasir hitam ternyata tak membuat pantai kurang cantik sebab kontur pantai bersebelahan dengan tebing-tebing karang plus ombak yang lumayan keras dan semak-semak liar berbunga. Meskipun demikian, ketika menyambangi tempat ini kamu sebaiknya tetap berhati-hati karena biasanya terdapat paus yang berniat untuk mencari makan bangkai burung gannet.


Mengunjungi Pantai Betthels

Pantai Betthels via Scribblesnz

Bagi kamu yang masih ingin menjelajahi pantai yang terdapat di New Zealand, masih ada lagi pantai yang tentunya dapat kamu jelajahi. Pantai ini tidak kalah cantik dengan pantai Muriwai. Ya, pantai ini adalah Pantai Betthels.

Dari Muriwai, kamu harus kembali ke jalur utama di sekitar Kumeu lalu kembali menelusuri jalur berkelok ke Bethells. Dengan mobil, perjalanan sekitar satu jam lagi.

Di tepian pantai ini terdapat tebing dan aliran sungai kecil tempat anak-anak biasa berenang. Begitu menyambangi pantai ini kamu juga dapat langsung mengganti baju renangmu dan juga menikmati pemandangan pantai pasir hitam di sini.

Ombak di sini lumayan keras. Meskipun demikian, banyak penjaga pantai yang berjaga-jaga di sekitar pantai ini dan langsung bersikap siaga terhadap para pengunjung yang sedang menanti ombak.

Pengunjung boleh bermain air di sekitar dua bendera batas saja dan tidak boleh melebihi batas tersebut. Jika sudah melebihi batas, para petugas pantai akan membantu agar kamu dapat kembali berada di batas aman.

Kegiatan yang paling menyenangkan dan dapat kamu lakukan di pantai ini adalah berdiri dan menanti ombak yang datang. Mereka yang membawa bodyboard bisa langsung meluncur begitu ombak datang. Asyiknya bermain ombak bahkan kadang juga bisa membuatmu lupa dalam mengambil foto.


Melihat Lebih Dekat Pusat Perkotaan Auckland

Pusat kota Auckland via Upload Wikimedia

Setelah melihat berbagai objek destinasi wisata di Auckland, tidak ada salahnya jika melihat juga bagaimana kondisi pusat kota Auckland yang satu ini. Tentu saja hal ini akan membuat perjalananmu di kota Auckland semakin menyenangkan bukan?

Salah satu cara terbaik dalam mengeksplor kota Auckland adalah dengan berjalan kaki. Pedestrian di kawasan kota ini cukup lega dan nyaman sehingga membuat semua pengunjung dapat merasa nyaman ketika mengeksplor kota ini baik dengan cara berjalan kaki sekalipun.

Dengan berjalan kaki, selain dapat menghemat kamu juga dapat merasa lebih dekat dan mengenal kota ini. Kamu dapat merasakan bagaimana warga lokal Auckland sangat tertib dan juga sangat taat dengan peraturan. Hal ini menyebabkan semuanya tertata dengan baik dan teratur serta disiplin.

Penduduk di kota ini juga cenderung ramah. Mereka seringkali menyapa dengan kata hello, good morning, good afternoon atau bahkan menyebutkan have a nice day. Suasana yang begitu hangat akan membuatmu sangat diterima dan nyaman ketika berada di kawasan kota ini.

Pertokoan di kota ini mulai tutup pada pukul 5 sore. Hal ini dimaksudkan oleh pemerintah agar semakin banyak warga Auckland yang meluangkan waktu bersama keluarga mereka. Bagaimana, menyenangkan sekali bukan?


Mengunjungi Auckland Art Gallery

Auckland Art Gallery via Hawkins

Masih penasaran dan ingin menjelajahi destinasi wisata lainnya yang terdapat di Auckland? Kali ini kamu dapat mencoba untuk menjelajahi Auckland Art Gallery yang satu ini.

Tempat ini merupakan salah satu museum yang terdapat di Auckland. Di tempat ini kamu dapat melihat berbagai karya seni nasional maupun internasional yang terdapat di Auckland.

Museum ini bahkan beberapa kali juga menjadi tempat diselenggarakannya berbagai pameran internasional. Museum ini dibangun pada tahun 1888. Museum ini terdapat tepat di sekitar Albert Park.

Lokasi tepat dari museum ini adalah Corner Kitchener and Wellesley Streets, Auckland 1010, Selandia Baru. Tempat ini adalah museum seni kedua yang dibuka di Selandia Baru setelah Dunedin Publick Art Gallery pada tahun 1884.

Bangunan yang memiliki arsitektur bergaya renaissance Perancis ini menjadi salah satu destinasi wisata yang seringkali ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang menyambangi Auckland.

Di tempat ini terdapat banyak sekali karya seni yang berasal dari abad 19. Hingga saat ini, koleksi karya seni di tempat ini berasal dari banyak periode. Sebanyak lebih dari 15.000 koleksi pun dipamerkan di museum yang satu ini.

Beberapa karya seni yang dibuat oleh para seniman asli Selandia Baru juga dipamerkan di sini. Seniman-seniman tersebut adalah Gretchen Albrecht, Marti Friedlander, C.F. Goldie,Alfred Henry O'Keeffe, Frances Hodgkins, Gottfried Lindauer and Colin McCahon.

Bagi kamu yang menyukai karya seni dan ingin melihat lebih dekat berbagai karya seni yang terdapat di Auckland, kamu bisa meluangkan waktu untuk menyambangi museum yang satu ini.



Nah, itulah dia penjelasan mengenai Auckland. Sebuah kota terkenal di Selandia Baru yang menawarkan berbagai destinasi wisata indah dan cantik sehingga membuatmu ingin segera menjelajahi kota yang satu ini.

Kota yang dikenal ramah dan hangat ini mampu membuatmu betah berlama-lama. Kamu bahkan dapat juga meluangkan waktu untuk menyambangi pantai-pantai indah yang terletak tidak begitu jauh dari Auckland dan akan memberikan pengalaman wisata pantai berbeda.

Semoga artikel ini dapat membantumu dalam menyusun rencana perjalanan terbaik dalam menyambangi Auckland.

Happy traveling!

SUMBER
0
1.6K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.