willyahoxAvatar border
TS
willyahox
Allah Tritunggal
Link approval
Quote:


[UPDATE]

[/CENTER]


Dalam teologi kekristenan Ke-Allahan kami tidak lepas dari Allah Orang Israel dalam Perjanjian Lama. Tuhan kami ialah Yahweh (YHWH) Elohim, bersifat monotheisme (1 Pribadi) yang KEBERADAAN-NYA memiliki kepribadian. 

Keberadaan-Nya Sebagai Bapa, memiliki kepribadian

Keberadaan-Nya Sebagai Firman, memiliki kepribadian

Keberadaan-Nya Sebagai Roh Kudus, memiliki kepribadian

Yesus sebagai Tuhan ditegaskan dari perkataannya Dia yang berbunyi dalam Yohanes 13:13 =

Yohanes 13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. 

Kau Benar memakai kata Kurios. Kurios yang artinya Tuan. Arti Kata Tuhan berasal dari kata Tuan. Kata yang diterjemahkan "Tuhan" dalam Alkitab bahasa Indonesia adalah dari kata Yunani: κυριος – kurios berasal dari kata κυρος - KUROS, supremasi, keunggulan; dan kata κυριος – kurios itu ditujukan kepada pribadi yang memiliki orang atau benda sehingga pribadi itu memiliki kuasa untuk mengatur orang atau benda yang menjadi miliknya.

Di Kitab Lukas 6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat." Disini juga memakai kata Kurios. Lebih lanjut Kata KURIOS sepadan dengan kata 'ADONAY, sepadan dengan kata 'RABB' dalam bahasa Arab. 

Dalam Kitab Keluaran 3:14 Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu." Aku adalah Aku dalam ibrani אֶהְיֶה אֲשר אֶהְיֶה - 'EH'YEH 'ASYER 'EH'YEH". Nama אֶהְיֶה - 'EH'YEH, Verb Qal Imperfect 1st Com. Sing. adalah nama-Nya yang pertama kali diucapkan kepada Musa. Selengkapnya demikian :


* Keluaran 3:13 

LAI-TB, Lalu Musa berkata kepada Allah: "Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku:bagaimana tentang nama-Nya? -apakah yang harus kujawab kepada mereka?" 

King James Version (KJV), And Moses said unto God, Behold, when I come unto the children of Israel, and shall say unto them, The God of your fathers hath sent me unto you; and they shall say to me, What is his name? what shall I say unto them?

Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels, 


וַיאמֶר מֹשה אֶל־הָאֱלֹהִים הִנה אָנֹכִי בָא אֶל־בנֵי יִשרָאֵל וְאָמַרְתי לָהֶם אֱלֹהֵי אֲבֹותֵיכֶם שלָחַנִי אֲלֵיכֶם וְאָמְרוּ־לִי מַה־שׁמֹו מָה אֹמַר אֲלֵהֶם׃

Translit, VAYOMER MOSYEH 'EL-HA'ELOHIM HINEH ANOKHI VA 'EL-BENEY YISRA'EL VE'AMARTI LAHEM 'ELOHEY AVOTEIKHEM SYELAKHANI ALEIKHEM VE'AMERU-LI MAH-SYEMO MAH 'OMAR 'ALEHEM

Perhatikan bagaimana pertanyaan Musa, "Bagaimana tentang nama-Nya?", " מַה־שׁמֹו - MAH-SHEMO". 


* Keluaran 3:14

LAI TB, Firman Allah kepada Musa: AKU ADALAH AKU Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."

KJV, And God said unto Moses, I AM THAT I AM: and he said, Thus shalt thou say unto the children of Israel, I AM hath sent me unto you.

Septuaginta (LXX), και ειπεν ο θεος προς μωυσην εγω ειμι ο ων και ειπεν ουτως ερεις τοις υιοις ισραηλ ο ων απεσταλκεν με προς υμας

Translit, KAI EIPEN HO THEOS PROS MÔUSÊN EGÔ EIMI HO ÔN KAI EIPEN AUTÔS EREIS TOIS HUIOIS ISRAÊL HO ÔN APESTALKEN ME PROS HUMAS

Hebrew, 

וַיאמֶר אֱלֹהִים אֶל־מֹשה אֶהְיֶה אֲשר אֶהְיֶה וַיאמֶר כה תֹאמַר לִבְנֵי יִשרָאֵל אֶהְיֶה שלָחַנִי אֲלֵיכֶם׃

Translit interlinear, VAYO'MER {dan Dia berfirman} 'ELOHIM {Allah} 'EL-MOSHEH {kepada Musa} 'EHEYEH {Aku akan ada} 'ASHER {yang} 'EHEYEH {Aku akan ada} VAYO'MER {dan Dia berfirman} KOH {demikian} TO'MAR {engkau harus berkata} LIV'NEY {kepada anak-anak} YISERA'EL {Israel} 'EHEYEH {Aku akan ada} SHELAKHANI {mengutus aku} 'ALEYKHEM {ke atas kalian}


'EH'YEH 'ASYER 'EH'YEH" menjadi Kata Kedua yakni  " יהוה - YHVH" (Yahweh/ Yehovah/ Jehovah) perubahan katanya disesuaikan dengan tradisi dan waktu masa itu. Bisa dilihat linknya http://www.sarapanpagi.org/nama-tuha...yeh-vt513.html . Nama " יהוה - YHVH" ini merujuk kepada nama favorit Allah Israel, secara khusus merupakan nama yang dinyatakan kepada Musa. Secara tradisional, kata ini tidak diucapkan karena sakral. Berkaitan dengan hal tsb, orang Israel lebih memilih " יהוה - YHVH" 'tidak diucapkan' sebagaimana oleh kalangan Yahudi 'tidak diucapkan' dan mereka sendiri 'tidak tahu' bagaimana 4 huruf suci ini seharusnya diucapkan, kalaupun ada, cara pengucapannya 'tidak seragam' ada yang mengucapkannya dengan YAHWEH, JEHOVAH, YEHOVAH, dll;


Latar belakang yang paling mendasar ini dicerminkan oleh Septuaginta yang memilih 'cara aman' menterjemahkan kata " יהוה - YHVH" dengan "κυριος – KURIOS"; terjemahan paling awal ini kemudian diikuti oleh terjemahan2 bahasa-bahasa lain yang sepadan dengan kata itu menjadi TUHAN dan LORD (dalam bahasa Inggris KJV dan juga terjemahan lainnya).


Kata Kurios inilah Digunakan oleh orang Israel dengan Kata Adonai. Untuk melihat perbedaan Adoni dan Adonai, silahkan lihat di link http://www.sarapanpagi.org/adonai-da...-1-vt3146.html


Jadi Kristus waktu itu dipanggil Adonai. Yohanes 20: 27-28 =

Kemudian, Ia berkata kepada Tomas, "Ulurkanlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku; dan ulurkanlah tanganmu ke sini dan letakkan di lambung-Ku. Jangan tidak percaya, tetapi percayalah!" Tomas menjawab Yesus, "Ya, Tuhanku dan Allahku!"

LAI TB, Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" 

King James Version (KJV), And Thomas answered and said unto him, My LORD and my God.

The Orthodox Jewish Brit Chadasha (ORTHJBC), In reply, T'oma said to Rebbe, Melech HaMoshiach, 'Adoni and Elohai!' 

Textus Receptus, και απεκριθη ο θωμας και ειπεν αυτω ο κυριος μου και ο θεος μου 

Translit, kai apekrithê ho thômas kai eipen autô ho kurios mou kai ho theos mou 

HA-BERIT, 

וַיעַן תּוֹמָא וַיאמֶר אֵלָיו אֲדֹנִי וֵאלֹהָי׃

Translit, VAYA'AN TOMA VAYOMER 'ELAV 'ADONI V'ELOHAY


Bagi Tomas dan kalangan Yahudi lainnya, ucapan itu hanya dapat digunakan buat ditujukan kepada Tuhan Allah. Dan kebiasaan orang Yahudi seperti Tomas ini tidak sembarangan menyebut nama Allah. Hal ini terkait dengan apa yang tertulis dalam 10 Firman "jangan menyebut nama TUHAN Allah dengan sembarangan" (Firman ke-3) : 


* Keluaran 20:7

LAI TB, Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. 

KJV, Thou shalt not take the name of the LORD thy God in vain; for the LORD will not hold him guiltless that taketh his name in vain. 

Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels, 

לֹא תִשׂא אֶת־שׁם־יְהוָה אֱלֹהֶיךָ לַשׁוְא כי לֹא יְנַקה יְהוָה אֵת אֲשר־יִשׂא אֶת־שמֹו לַשוְא׃ פ

Translit, LO' TISA' 'ET-SYEM-YEHOVAH (baca ADONAY) 'ELOHEYKHA LASYAV' KI LO' YENAQEH YEHOVAH (baca ADONAY) 'ET 'ASYER-YISA' 'ET-SYEMO LASYAV'

LXX, ου λημψη το ονομα κυριου του θεου σου επι ματαιω ου γαρ μη καθαριση κυριος τον λαμβανοντα το ονομα αυτου επι ματαιω

Translit, OU LÊMPSÊ TO ONOMA KURIOU TOU THEOU SOU EPI MATAIÔ OU GAR MÊ KATHARISÊ KURIOS TON LAMBANONTA TO ONOMA AUTOU EPI MATAIÔ


Lebih lanjut silahkan buka link ini. http://www.sarapanpagi.org/tanggapan...an-vt1729.html

Lanjut landasan saya, Didalam Yohanes 8:42 42  Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

Didalam Ayat ini jelas Kalau Yesus sendiri bilang Aku keluar dan datang dari Allah. Berarti Firman telah menjadi Anak Manusia. Lebih lanjut Yesus berkata didalam Yohanes 10:30 30  Aku dan Bapa adalah satu. Perhatikan gambar berikut:


[/CENTER]


Illustrasi diatas Yesus Keluar dan datang dari Bapa juga tertulis Aku dan Bapa adalah Satu. Itu berarti Yesus sebagai Kurios di hadapan manusia, ialah Tuan dari Manusia (Tuhan/Adonai). Lebih lanjut


Yoh 14:26  tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Yoh 15:26  Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Yoh 16:7  Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.



Jadi Roh Kudus turun atas Nama Tuhan Yesus Kristus karena Roh Kudus bersaksi tentang Yesus. Perhatikan Gambar berikut:


[center]/[center]


Jawaban Selanjutnya mengapa Allah lebih berkenan kepada manusia melalui Anak Manusia? Lukas 10:21-24

21  Pada waktu itu, bersukacitalah Yesus di dalam Roh Kudus dan berkata, "Aku bersyukur kepada-Mu Bapa, Tuhan atas langit dan bumi, sebab Engkau menyembunyikan hal-hal ini dari orang bijaksana dan cerdas. Akan tetapi, Engkau menunjukkannya kepada bayi-bayi. Ya Bapa, karena itulah yang berkenan di hadapan-Mu.

22  Bapa-Ku telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Ku, dan tidak seorang pun yang mengenal Anak kecuali Bapa. Dan, tidak seorang pun yang mengenal Bapa, kecuali Anak serta orang-orang yang kepada mereka Anak berkehendak untuk menyatakannya."

23  Kemudian, Yesus berpaling kepada murid-murid-Nya dan berbicara kepada mereka secara pribadi, "Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat,

24  sebab Aku berkata kepadamu: banyak nabi dan raja yang sangat ingin melihat hal-hal yang kamu lihat sekarang, tetapi mereka tidak melihatnya. Dan, sangat ingin mendengar hal-hal yang kamu dengar sekarang, tetapi mereka tidak mendengarnya."


Mengapa bagi orang awam Tuhan Allah itu sulit di mengerti? Bukankah dari kalian juga mengatakan tak ada seorang pun yang dapat mengetahui siapa Allah itu? Itu betul. Dalam ilmu penelitian teologia (theo= Keilahian dan Logos = Pengetahuan), Tuhan itu bukan fenomena ataupun variabel. Fenomena atau variabel itu terbatas karena bentuk dan dimensi waktu. Tapi Allah bukan itu. Dia itu NOMENA. Sebagai Subjek yang artinya kalau Dia sendiri tidak menyatakan-Nya kepada manusia, seberapa pun usaha mencari Tuhan, manusia pasti tidak akan menemukan pengetahuan tentang Tuhan. Melalui Lukas 10 ayat yang ke 22

Bapa-Ku telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Ku, dan tidak seorang pun yang mengenal Anak kecuali Bapa. Dan, tidak seorang pun yang mengenal Bapa, kecuali Anak serta orang-orang yang kepada mereka Anak berkehendak untuk menyatakannya."


Artinya

Manusia tidak dapat mengetahui Allah

Karena Allah yang keberadaan-Nya sebagai Bapa telah menyerahkan kepada Anak

Anak mengetahui Bapa dan Bapa mengetahui Anak

Anak hanya berkehendak menyatakan kepada orang yang percaya kepada-Nya

Sehingga orang yang percaya dapat mengetahui Bapa.

Dan yang mendengar serta merenungkannya menjadi orang yang sangat berbahagia.


Pertanyaan agan mengenai apakah Tuhan kerdil dan bodoh memakai orang bodoh untuk percaya kepada-Nya? Mengapa? Karena orang bodoh (seperti bayi) mempunyai hati yang tulus dan merendahkan dirinya kepada Tuhan. So pintu terbuka lebar bagi orang yang mau mendengar Firman-Nya. Anda boleh mengatakan Alkitab itu udah di ubek-ubek isinya. Tapi apakah Paulus bermaksud mengubah isi Firman?


Paulus berbicara dalam 2 Korintus 2:17

Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.


Persis apa yang Yesus Katakan dalam Matius 16:24

Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.


Apa Jadi orang Kristen itu Enak? Gak broo. Banyak Penderitaan yang dilewati. Bahkan Tuhan sendiri yang menyuruh kami untuk menyangkal diri kami dan memikul Salib-Nya untuk meneruskan pekerjaan-Nya beliau waktu di bumi. Jadi apa yang dikatakan Paulus waktu ia disesah itulah pengikut Kristus yang sejati. Selain Paulus banyak murid-murid Yesus yang mati karena menyebarkan Kebenaran ini.


Dan tepat apa yang dikatakan Yesus dalam Matius 10:16-20

16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

17  Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.

18  Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.

19  Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.

20  Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.

So, Pengikut Kristus itu bukan pengikut dunia dengan uforianya. Tetapi ia ada didalam Kristus.

Satu lagi mengenai hukum taurat dalam Matius 5:17-20

5:17. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. 

5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. 

5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. 

5:20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. 


Penggenapan hukum taurat yang dilakukan Yesus menjadi Hukum Kasih. Siapa yang percaya kepada Kristus, berarti dia berada dalam hukum kasih dan hukumnya itu mengacu pada hukum Taurat. Di ayat 20 mengatakan jika hidup keagamaan hukum kasih kita yang sudah Yesus genapi tidak lebih benar dari pada keagamaan ahli2 Taurat maka kerajaan Sorga tidak akan didapati oleh orang itu. 

Disanalah ketika Yesus ada di bumi, dia mengajarkan kita dengan hukum kasih. Dan didalam Efesus 2:15

Kita kaji ayat ini :


* Efesus 2:15


Alkitab Terjemahan Baru, 

"sebab dengan mati-Nya sebagai manusia IA TELAH MEMBATALKAN HUKUM TAURAT dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,"


Alkitab Terjemahan Lama 1954, 

"sesudah dilenjapkan-Nja hukum Taurat dengan segala sjariatnja, supaja didjadikannja didalam diri-Nja kedua pihak itu satu manusia jang baharu dengan mengadakan perdamaian,"


Alkitab Shellabear 1912, 

"laloe ditidakkannja dengan toeboehnja akan perseteroean itoe, jaitoe Tauret dengan hoekoem-hoekoem jang dipesan didalamnja, soepaja kedoeanja itoe didjadikan dalam dirinja seorang orang baroe, serta mengadakan perdamaian demikian,"


Kitab Soetji Indjil 1912, 

"Kematian-Nja membatalkan Kitab Soetji Taoerat dengan semoea perintah-perintah jang terkandoeng didalamnja, soepaja didalam diri-Nja, kedoeanja didjadikan satoe manoesia baroe. Demikianlah terdjadinja perdamaian."


King James Version, 

"Having abolished in his flesh the enmity, even the law of commandments contained in ordinances; for to make in himself of twain one new man, so making peace;"


New International Version, 

"by abolishing in his flesh the law with its commandments and regulations. His purpose was to create in himself one new man out of the two, thus making peace,"


The Orthodox Jewish Brit Chadasha, 

"the chok of mishpatim in ordinances having annulled that the Shneym he might create in himself into Adam Chadash Echad, arbitrating shalom,"


Stephanus Textus Receptus, 

την εχθραν εν τη σαρκι αυτου τον νομον των εντολων εν δογμασιν καταργησας ινα τους δυο κτιση εν εαυτω εις ενα καινον ανθρωπον ποιων ειρηνην 


Transliterasi, 

tên ekhthran en tê sarki autou ton nomon tôn entolôn en dogmasin katargêsas hina tous duo ktisê en eautô eis hena kainon anthrôpon poiôn eirênên



IA TELAH MEMBATALKAN HUKUM TAURAT, καταργησας - katargêsas, aorist aktif partisip nominatif tunggal maskulin dari kata kerjaκαταργεω - katargeô. 


Kata Yunani καταργεω - katargeô berasal dari gabungan partikel κατα - kata yang berarti menurut, sesuai dengan, dan kata kerjaαργεω - argeô, non-aktif, tidak berfungsi. 


Kata Yunani καταργεω - katargeô bermakna : membinasakan, membatalkan, menghilangkan, menyebabkan tidak bekerja lagi, tidak beroperasi lagi, tidak aktif, berakhir, dan makna-makna lain yang sejenis. 

Yesus Kristus dengan kematianNya di kayu Salib telah menggenapi secara penuh Hukum Taurat, inilah yang dimaksud dengan"sebelum semuanya terjadi" dan "Ia dengan kematianNya" memenuhi Taurat dan mengakhiri Taurat itu sendiri.


Apa taurat itu masih ada? Jelas masih ada di dalam hukum kasih..

Untuk lebih jelasnya lihat artikel ini

http://www.sarapanpagi.org/8-satu-io...an-vt1006.html

Dialah Allah Tritunggal tersebut.

Quote:
Diubah oleh willyahox 27-12-2016 15:43
tata604
tata604 memberi reputasi
1
23.4K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Spiritual
SpiritualKASKUS Official
6.3KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.