Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

leokenedyAvatar border
TS
leokenedy
Jurnalis Perempuan Muslim Terkemuka Maju Sebagai Capres Rusia 2018


MOSKOW - Daftar calon perempuan dalam pemilihan presiden Rusia kembali bertambah dengan majunya seorang jurnalis Muslim terkemuka sekaligus istri dari mufti Rusia sebagai calon presiden. Sampai saat ini setidaknya telah ada empat calon perempuan tercatat maju sebagai calon presiden menjelang pemilihan presiden Maret 2018.

Aina Gamzatova, seorang jurnalis dan pimpinan perusahaan media Muslim terbesar di Rusia menyerahkan surat pendaftarannya sebagai calon presiden kepada Komite Pemilihan Pusat pada Senin, 1 Januari 2018. Perempuan berusia 46 tahun itu didominasikan sebagai kandidat presiden oleh kelompok inisiatif lokal di Republik Dagestan pada akhir Desember dan akan maju sebagai calon independen.

Diwartakan RT, Selasa (2/1/2018), Gamzatova adalah istri dari pimpinan mufti di Dagestan dan bekerja sebagai penasihat hubungan masyarakat di pemerintahan Dagestan. Dia juga mengelola beberapa organisasi sosial di republik yang merupakan bagian dari Rusia itu.

Maju sebagai calon independen tanpa dukungan dari sebuah partai berarti Gamzatova masih harus mengumpulkan dan mengirimkan sebanyak 300.000 tanda tangan dukungan dari seluruh wilayah Rusia. Kandidat yang mewakili partai di parlemen tidak perlu mengumpulkan tanda tangan apapun, sementara yang didukung oleh partai-partai yang tidak diwakili di parlemen Rusia harus mendapat dukungan 100.000 tandatangan.

Sampai berita ini diturunkan, kandidat Muslim pertama Rusia itu masih belum mengungkapkan program pemilihannya dan mengedepankan persatuan nasional dan kohesi rakyat Rusia. Namun, Gamzatova telah mendapatkan dukungan dari warga Muslim Rusia, bahkan mendapatkan perhatian dari media internasional termasuk AL Jazeera dan media dari Iran, Jerman, Indonesia dan Bosnia.

Sebelum Gamzatova, beberapa kandidat perempuan lain telah menyatakan maju sebagai calon presiden Rusia. Beberapa kandidat tersebut adalah Ksenia Sobchak, sosialita dan putri dari politikus ulung Rusia; Yekaterina Gordon, seorang jurnalis , aktivis dan bintang televisi Rusia sampai mantan bintang porno Rusia, Elena Berkova.

Namun, sampai saat ini baru Pimpinan Partai Liberal Demokrat Rusia, Vladimir Zhirinovsky yang menjadi satu-satunya calon presiden Rusia yang telah benar-benar diterima. Sementara itu tokoh oposisi sekaligus pengkritik keras Presiden Vladimir Putin, Alexei Navalny ditolak mencalonkan diri karena memiliki masa hukuman percobaan terkait beberapa kasus pidana.

Berdasarkan keterangan Kepala Komite Pemilihan Pusat, Ella Pamfilova, saat ini ada 21 partai politik Rusia dan 30 politisi independen dan aktivis yang menyatakan niatan mereka untuk maju dalam pemilihan presiden 2018.

Link :
https://news.okezone.com/read/2018/0...res-rusia-2018
0
1.2K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.