Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

baladsiliwangiAvatar border
TS
baladsiliwangi
Duet Dedi Mulyadi Dan Deddy Mizwar, Tadem Ideal
Duet Dedi Mulyadi Dan Deddy Mizwar, Tadem Ideal

Barangkali jika Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar yang kini duduk sebagai wakil gubernur Jawa Barat dipasangkan di pilkada Jawa Barat, tepat sekali, demikian dikatakan pengamat politik Indonesian Public Institute Jerry Massie.

Menurut peneliti politik di Amerika Serikat ini, Dedi Mulyadi mewakili pemilih nasional-rasional-budaya. Sedangkan Deddy Mizwar akan menggaet suara tokoh agama yakni para ulama, pemilih dari pesantren, dan male voters (pemilih laki-laki) di atas 60 tahun.

“Ini tandem politik ideal, dengan dukungan Partai Demokrat 12 kursi ditambah Partai Golkar 17 kursi maka sudah melampui 20 kursi sebagai syarat KPUD,” kata Jerry, Senin (1/1/2018).

Menurut Jerry lawan berat Dedi tak lain adalah Ridwan Kamil. Survei yang dilakukan Indo Barometer pada November lalu, Ridwan meraih 41.6 persen, Dedi Mulyadi meraih 18.9 persen, Deddy Mizwar meraih 14,2 persen, Dede Yusuf meraih 2.9 persen, Abdullah Gymnastiar meraih 2,4 persen. Sedang yang belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab angka 16.9 persen.

Dan disatu sisi ada keuntungan politik, jika disatukan suara Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar.

“Pemilih di Jabar paling tinggi di Indonesia yakni 33 juta pemilih, jadi saya lihat ini akan panas seperti di DKI Jakarta. Peluang menang cukup terbuka apalagi calon lawan yang diusung PKS, Gerindra dan PAN yakni Mayjen Sudrajat tak terlalu berbahaya,” katanya.

Jerry pun memprediksi akan ada 3 calon Gubernur yang akan bertarung di pilkada Jabar. Pertama, Mayjen Sudrajat sudah pasti (Gerindra, PKS, PAN), kedua, Dedi Mulyadi atau Deddy Mizwar (Golkar/Demokrat) serta Ridwan Kamil yang akan di usung Nasdem. Barangkali PDI Perjuangan akan mengusung Ridwan.

“PDIP sendiri punya 20 kursi di DPRD, jadi berhak punya tiket tanpa berkoalisi. Otomatis Anton Charliyan bakal menjadi calon pendamping Ridwan,” ujar dia.

Peluang Dedi Mulyadi lebih besar. Apalagi isu suap di Bandung yang tinggi yang menurunkan elektabilitas RK, kata Jerry.

“Bayangkan jumlah followers RK di Twitter dan Instagram turun drastis dari satu juta, turun ke 800 ribu followers, 101.684 jeblok ke 76.864 ribu, dan 27.164 ribu,” kata Jerry.

Ini menurut dia akan sangat berpengaruh pada pilkada pada 2018 mendatang.

“Untuk posisi gubernur ujar Jerry, Dedi Mulyadi yang lebih cocok dan pantas lantaran dia sudah banyak makan asam garam dua kali memimpin Purwakarta, tapi ini tinggal diputuskan partai,” tuturnya.



Sumber : Suara.com
0
1.3K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.