Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ridwansetiawaanAvatar border
TS
ridwansetiawaan
3 Sikap Orangtua Ini Yang Dilakukan Dalam Memperkenalan Youtube Kepada Anak
zaman sekarang ini hampir tidak akan terpisahkan dengan dunia digital, pelan tapi pasti anak-anak akan semakin tahu dengan dunia ini. Sebagai orangtua yang merupakan pendidik sekaligus pendamping anak mau tidak mau harus memperkenalkan dunia yang akan mereka hadapi. Dunia digital perlu ada pendidikan tersendiri kepada anak apa lagi tentang video-video yang ada di youtube. Kali akan dibahas bagaimana sikap orantua dalam memperkenalkan video di youtube kepada anak

Dunia anak belum bisa membedakan antara dunia nyata dengan dunia khayalan


pikiran seorang anak adalah pikiran sebuah imajinasi. Dimana dalam pemikirannya seorang anak akan membawa kepada pada tingkah laku mereka kedepannya. Seorang anak masih belum bisa membedakan antara dunia nyata dan dunia khayanan, video-video yang berunsur kekerasan, ketakutan, dan kesedihan akan mempengaruhi pada pola tingkah laku anak. Seperti contoh ketika seorang anak telah selesai menonton film horor maka sontak mereka tidak akan berani untuk pergi ke kamar mandi sendirian dan tidur di kamar sendiri.

orangtua harus bisa memfilter tontonan


orangtua harus bisa membatasi pencarian yang ada di youtube, hal ini berfungsi ketika anak kita tanpa sepengawasan mengakses video youtube. Youtube memberikan akses ini dan orangtua harus memanfaatkannya jika tidak dalam ke pengawasan.
Orangtua juga harus memberikan pendidikan kepada anak tentang jenis-jenis tontonan yang layak dan tidak layak ditonton mereka. Disini orangtua harus mempunyai list video yang layak untuk di tonton kepada anak.

sebelum memperkenalkan video terhadap anak, orangtua wajib menonton terlebih dahulu sampai selesai


lebih baiknya ketika orangtua memberikan sebuah video atau film, orangtua harus terlebih dahulu menonton film tersebut. Dengan menonton film terlebih dahulu maka orangtua akan tahu tentang kualitas film, makna film dan hikmah-hikmah apa yang akan di ajarkan kepada anak dengan sambil film tersebut di putar, orangtua bisa menjelaskan setiap adegan-adegan yang ada di film tersebut, akan lebih bermakna jika semua film orangtua mengetahui.

0
9.2K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.