Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui


Jarang yang mengetahui apa saja manfaat cengkeh untuk kesehatan. Padahal, bumbu dapur yang satu ini umum sekali digunakan oleh orang Indonesia sebagai penyedap masakan. Kepopulerannya bertambah saat pabrik-pabrik rokok di Indonesia menyunting cengkih sebagai pendamping utama tembakau. Memang, aromanya yang kuat menjadi salah satu alasan rempah ini banyak digunakan masyarakat. Eits, tapi tahukah Agan bahwa manfaat cengkeh tak hanya sebatas penambah rasa dan aroma? Jika Agan penasaran, ada baiknya Agan simak penjelasan berikut ini:

Sekilas tentang cengkih



Cengkih merupakan sebuah tunas berwarna merah muda yang dipetik dari pohon cemara. Tunas ini berwarna hijau pada awalnya, dan berubah merah saat siap dipanen. Pada musim panen, tunas yang telah dipetik kemudian akan dikeringkan oleh para petani cengkeh hingga berwarna cokelat tua. Rata-rata, tunas cengkih yang telah dipanen memiliki panjang sekitar 2 cm. Jika dijadikan penyedap masakan, rempah ini akan menghasilkan rasa yang manis dan hangat.

Apa saja kandungan di dalamnya ?



Perlu Agan tahu, bahwa cengkih memiliki kandungan yang cukup berbobot. Dalam 100 gr terkandung 65 gr karbohidrat, 6 gr protein, 13 gr total lipid, 2 gr gula, 274 kkal energi dan 33 gr serat makanan. Tak hanya itu, rempah ini juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, natrium, kalium, dan seng. Terakhir, cengkih juga mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K. Cukup mengesankan, bukan?

Lalu, apa saja manfaat cengkeh untuk kesehatan?



Cengkih merupakan jenis rempah yang pohonnya endemik di beberapa wilayah -termasuk daerah Timur Indonesia- dan mendunia sejak abad -abad awal Masehi. Rempah ini segera laku di pasaran karena kegunaannya yang beragam, mulai dari sebagai penyedap masakan hingga obat tradisional. Manfaatnya untuk kesehatan pun juga banyak lho, seperti :

1. Menjaga kesehatan kulit dan daya tahan tubuh



Kandungan vitamin di dalam cengkih memang tidak usah dipertanyakan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Dimana vitamin A ini bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Sementara itu, vitamin K, vitamin-B6 (pyridoxine), thiamin (vitamin B-1), vitamin-C dan riboflavin di dalamnya akan membantu tubuh dalam mengembangkan resistensi atau daya tahan terhadap virus dan bakteri.

2. Membunuh virus dan kuman penyebab penyakit



Jarang yang tahu bahwa rempah asli Maluku Utara ini efektif dalam membunuh bakteri. Tak hanya itu, sifat anti-bakteri pada cengkih juga mampu membasmi virus dan patogen penyebab penyakit lainnya. Hebat, bukan?

3. Menjaga kesehatan lambung



Tidak hanya anti-bakteri, cengkih juga memiliki kandungan anti-parasit, lho. Anti-parasit yang terdapat didalamnya sering digunakan untuk mengatasi perut kembung serta gangguan pencernaan lainnya. Selain bersifat anti-parasit, manfaat lainnya untuk membuat pencernaan menjadi lebih baik dengan merangsang sekresi dari enzim pencernaan.

4. Melindungi hati



Tahukah Agan bahwa selain vitamin dan mineral, cengkih juga memiliki kandungan antioksidan? Kadar antioksidannya ini memiliki jumlah yang ideal untuk melindungi organ dalam tubuh dari dampak radikal bebas, terutama organ hati. Hasilnya, risiko Agan untuk terkena penyakit hati pun akan semakin mengecil.

5. Mengontrol kadar gula darah



Sudah menjadi rahasia umum bahwa rempah yang satu ini banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk beragam penyakit. Salah satu dari penyakit tersebut adalah diabetes. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa ekstraknya mampu meniru dan memberikan manfaat seperti insulin dengan cara tertentu sehingga dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

6. Menjaga kesehatan tulang



Ekstrak hidro-alkohol, senyawa fenolik seperti flavones, isoflavones dan flavonoid pada cengkih membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang. Tak hanya itu, kandungan tersebut dapat pula membantu dalam mencegah osteoporosis. Karenanya, tidak ada ruginya untuk sesekali mengonsumsi cengkeh, kan?

Terakhir, bagaimana cara penyimpanannya?



Untuk dapat mendapatkan manfaatnya secara utuh maka dibutuhkan cara khusus agar cengkih dapat bertahan lebih lama dan dalam keadaan segar. Karena itu, harus disimpan pada tempat yang sejuk dan gelap. Agan dapat pula menyimpannya menggunakan wadah kedap udara yang kembali ditutup dengan koran atau plastik hitam agar cahaya tidak menembus dan mengenai permukaannya. Dengan cara ini, rempah ini dapat tereservasi dengan baik, dan Agan pun dapat lebih lama menikmati manfaatnya.

Nah, semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Sumber: Go Dok

Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!


:welcome :welcome
Diubah oleh godok.indonesia 28-12-2017 09:32
0
12.7K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.