alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a38de91529a45823a8b457a/cara-mudah-mengukur-sudut-dilangit-menggunakan-jari
Lapor Hansip
19-12-2017 16:40
Cara Mudah Mengukur Sudut Dilangit Menggunakan Jari
Past Hot Thread
Cara Mudah Mengukur Sudut Dilangit Menggunakan Jari

Cara Mudah Mengukur Sudut Dilangit Menggunakan Jari


Yo!
Wassuupp gan sis para kaskuser sekalian
Selamat pagi, siang dan malam kapan pun kalian membaca
Kali ini, saya akan membahas seputar dunia astronomi. Lebih lanjut yaitu Cara mudah mengukur sudut dilangit dengan menggunakan jari!


Cara Mudah Mengukur Sudut Dilangit Menggunakan Jari


Info Astronomy - Bila Anda menjadikan astronomi sebagai hobi, Anda pasti sering mengamati langit malam. Tapi, tahukah Anda tentang sudut "derajat", "menit busur", dan "detik busur" saat berbicara tentang lokasi benda-benda langit atau jarak pemisahan antarbenda langit?

Astronom mengukur pemisahan sudut benda langit dalam derajat. Langit dianggap sebagai sebuah lingkaran 360 derajat. Dari satu cakrawala ke cakrawala lainnya, besaran sudutnya adalah 180 derajat. Sementara dari titik meridian -- titik di atas kepala kita -- ke cakrawala besaran sudutnya adalah 90 derajat. Nah, untuk setengah dari titik meridian menuju cakrawala besaran sudutnya adalah 45 derajat.

Bila sudah paham dengan besaran sudut di atas, kita bisa lebih mudah mengetahui letak benda langit ada di berada derajat dari cakrawala.

Sudut yang lebih kecil sedikit lebih rumit. Namun, kita bisa menggunakan tangan dan jari sebagai alat ukur yang sangat akurat (dan praktis). Perhatikan gambar di bawah ini:

Cara Mudah Mengukur Sudut Dilangit Menggunakan Jari
Mengukur sudut di langit dengan jari.


Pada gambar di atas, kita bisa melihat bahwa:
1. 1 derajat setara dengan ukuran jari kelingking.
2. Tiga jari (jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis) memiliki besaran sudut lima derajat.
3. Kepalan jari tangan setara dengan besaran sudut sepuluh derajat.
4. Jari kelingking dan telunjuk membentuk sudut lima belas derajat.
5. Dan terakhir, jari jempol dan kelingking yang direntangkan membentuk sudut 25 derajat.

Sudah sedikit paham sampai di sini? Sekarang mari kita mengetahui besaran sudut yang lebih kecil. Ketika Anda melihat benda-benda angkasa melalui teleskop, Anda melihat bidang pandang yang hanya selebar 1 derajat atau kurang, sepotong langit yang sangat kecil.

Astronom mengukur sudut yang lebih kecil dari 1 derajat sebagai arcmin, atau "menit busur". Ada 60 menit busur dalam satu derajat, jadi 1 menit busur adalah 1/60 derajat. Simbol untuk menit busur adalah '. Sebagai contoh, Bulan purnama memiliki diameter sudut sekitar 30' (tiga puluh menit busur). Secara kebetulan, begitu juga dengan diameter sudut Matahari.

Setiap menit busur dibagi lagi menjadi 60 arcsec, atau "detik busur". Jadi, 1 busur adalah 1/60 menit busur, dan 1/3600 derajat. Simbol untuk busur busur adalah ". Sebagai contoh lagi, piringan Jupiter yang bisa Anda lihat melalui teleskop adalah sekitar 50" (lima puluh detik busur).

Nah, itulah sedikit wawasan tentang sudut-sudut di langit yang penting untuk diketahui bila Anda ingin dengan mudah (dan elegan) mengetahui letak benda-benda langit.

sumber
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 7
31-12-2017 07:40
nice info gan..ntar malem ane praktekin deh emoticon-Shakehand2
0
31-12-2017 07:44
hmm tapi ukuran jari orang kan beda beda gan??
0
31-12-2017 07:44
Bisa pake jari
0
31-12-2017 07:46
tingkat akurasinya gimana gan?
0
31-12-2017 07:48
nyimak gans
0
31-12-2017 07:51
Hmm ntar dicoba deh
0
31-12-2017 08:02
ass..embuhh..
trus fungsinya buat orang awam apa gan..
0
31-12-2017 08:04
wahh nice trit gan
0
31-12-2017 08:26
waduh jari ane buat ngobel...masih bisa kagak ganemoticon-Ngakak
0
31-12-2017 08:29


Quote:Original Posted By 1stroland
di beberapa film kayaknya pernah begini deh, lupa film apaan
nice inpoh nih...emoticon-Rate 5 Star

Kalo gak salah film moana,bre
0
31-12-2017 08:37
wiiiih keren...
0
31-12-2017 08:39
Nice artikel
emoticon-2 Jempol
0
31-12-2017 08:46
Quote:Original Posted By sugarcanefarmer
Kalo gak salah film moana,bre


bner bre...waktu si maui ngajarin moana emoticon-Ngakak

btw alangkah bagusnya klo ts kasih contoh kasusnya biar kita paham aplikasinya klo lagi stargazing.
0
31-12-2017 08:46
Ini ukuran tangan menentukan kagak bre?
0
31-12-2017 08:49
Besar kecil jari ngaruh gak?
0
31-12-2017 08:55
Quote:Original Posted By 2V7
ane jg gagal paham gan, 2 garis yg sejajar koq bisa ada sudutnya emoticon-Embarrassment


dibaca pelan2 gan..

"Langit dianggap sebagai sebuah lingkaran 360 derajat."
Diubah oleh chezar
0
31-12-2017 08:57
ilmu bagus nih, jangan hanya dipake untuk co***li dan ngo***bel doang
0
31-12-2017 09:07
Quote:Original Posted By 2V7
ane jg gagal paham gan, 2 garis yg sejajar koq bisa ada sudutnya emoticon-Embarrassment


sama gan. ane jg mikir gitu
emoticon-Bingung
0
31-12-2017 09:25
Hmmm emoticon-Cool
0
31-12-2017 09:33
Quote:Original Posted By 442tactician
nice info gan. tangan kanan kiri bebas ya gan?


pas kayak ngeloco ya bray
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.