Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

matamatapoliticAvatar border
TS
matamatapolitic
Mengapa Anti-Semitisme di Swedia Lebih Sulit Ditangani daripada Islamofobia
Anti-Semitisme dan Islamofobia merupakan masalah kebencian terhadap kelompok agama tertentu, namun anti-Semitisme lebih sulit diatasi di Swedia dibanding Islamofobia. Menurut Aje Carlbom dalam opininya, ini mungkin ada kaitannya dengan masalah seputar persepsi korban dan pelaku.

Oleh: Aje Carlbom (The Washington Post)

Selama penelitian antropologi di kota terbesar ketiga Swedia 20 tahun yang lalu, saya mewawancarai seorang pria muda Palestina yang berpikir betapa memalukannya “Nazi yang tidak menyelesaikan pekerjaan mereka dengan orang-orang Yahudi” selama Perang Dunia II. Ini tentu saja merupakan contoh ekstrem dari satu orang yang tidak mewakili seluruh komunitasnya.

Sayangnya sejak saat itu, Malmö—dengan komunitas imigran Muslim yang signifikan—telah menjadi terkenal karena anti-Semitisme yang berkembang, yang telah mendorong banyak orang Yahudi untuk pergi. Baru-baru ini, keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk memindahkan kedutaan AS di Israel ke Yerusalem telah memprovokasi serangan terhadap rumah-rumah ibadat sinagog di Swedia, serta ancaman terbuka untuk membunuh orang-orang Yahudi.

Menurut sejarah, anti-Semitisme di Swedia ditemukan terutama di antara kelompok-kelompok kecil Nazi Swedia yang mengungkapkan kebencian ini di depan umum, dan mereka masih dengan cepat dikomunikasikan dari komunitas sosial oleh para aktivis dan pembuat kebijakan dari berbagai kamp ideologis.

Tentu saja, sangat penting bagi masyarakat Swedia bahwa kita menemukan solusi yang dapat dipertahankan untuk segala jenis ucapan dan diskriminasi yang membenci, baik anti-Semitisme atau Islamofobia. Tapi sepertinya masyarakat lebih mudah menangani Islamofobia daripada anti-Semitisme baru ini. Ini bisa dibilang mungkin ada kaitannya dengan masalah seputar persepsi korban dan pelaku.

Spoiler for Suasana sebuah sinagog setelah diserang. Tiga orang ditangkap karena diduga melempar bom di sinagog di Gothenburg, Swedia, 9 Desember 2017. (Foto: TT News Agency/AP/Adam Ihse):


Islamofobia umumnya dipahami sebagai masalah perilaku bagi sebagian penduduk Swedia, dan oleh karena itu mudah bagi aktivis, politisi dan pembuat kebijakan untuk menangani gagasan dan stereotip negatif dengan cara yang tanpa kompromi. Khususnya di kalangan kaum sayap kiri, mengarahkan kritik ke atas, terhadap mayoritas penduduk, dianggap lebih dapat diterima daripada mengarahkannya ke bawah, melawan kelompok-kelompok yang dianggap tidak berdaya, seperti minoritas Muslim.

Ketika sampai pada ungkapan terakhir tentang anti-Semitisme di Swedia, banyak aktivis, politisi dan pembuat kebijakan telah mengambil sikap ambivalen. Hal ini bermasalah bagi para intelektual berpengaruh dan lainnya untuk mengkritik imigran dari Timur Tengah dengan kritik yang sama kuatnya dengan kritik mereka terhadap neo-Nazi sejati yang mengekspresikan kebencian kepada orang Yahudi. Saya percaya bahwa keragu-raguan ini terutama disebabkan oleh kebingungan mengenai bagaimana mengkategorikan kelompok-kelompok; mana yang baik dan mana yang buruk. Nazi adalah jahat, dan kita beruntung karena bisa memisahkan diri dari mereka.

Anti-Semitisme baru ini diungkapkan oleh aktor yang dalam kebanyakan perdebatan lainnya di masyarakat multikultural seringkali masuk kategori korban, dalam kaitannya dengan kekuatan mayoritas. Argumen penting dari pluralis adalah bahwa warga negara harus menghindari mengkritik korban karena menyimpan gagasan buruk, karena itu adalah tindakan Islamofobia atau rasisme. Di Swedia, seolah-olah mitos “kemurnian” orang-orang yang tertindas terus bertahan di masyarakat.

Ambivalensi Swedia terhadap masalah ini tidak mengejutkan, karena didasarkan pada budaya politik di mana kritik terhadap orang-orang yang berbeda secara budaya adalah hal yang sangat tabu. Sikap yang menentang anti-Semitisme ini, bahkan ketika semua orang setuju bahwa gagasan anti-Semitisme tak bisa diterima, dikaitkan dengan risiko politik karena menyerang dari atas ke bawah, dan menyalahkan para korban.

Di Swedia, ada kepercayaan luas bahwa masalah dalam hubungan yang penuh konflik harus diselesaikan melalui dialog. Asumsinya nampaknya orang yang saling berbicara bisa mengembangkan pemahaman di antara mereka sendiri, yang sangat penting untuk mencapai kompromi budaya. Ide dialog juga menonjol sebagai metode untuk memecahkan masalah anti-Semitisme kontemporer, seperti yang digambarkan oleh beberapa laporan di media Swedia setelah demonstrasi anti-Semit terbaru di Malmö.

Segera setelah itu, para pemimpin dari organisasi Muslim berkumpul di sekitar komunitas Yahudi Swedia dan memberi isyarat kepada masyarakat bahwa mereka berniat untuk berkolaborasi dalam perjuangan melawan anti-Semitisme.

Read More : Mengapa Anti-Semitisme di Swedia Lebih Sulit Ditangani daripada Islamofobia
0
7.9K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.