Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

siccosatrianAvatar border
TS
siccosatrian
TIPS DAN TRIK BAGI AGAN DAN SISTA YANG INGIN IKUT PROGRAM MAGANG
Selamat pagi, siang, sore, malam agan dan aganwati. Hari ini ane mau bahas tentang program magang. Nah mungkin udah ngak asing ya kata "magang" di telinga kita,apalagi yang sekolahnya di SMK( Sekolah menengah kejuruan). Lebih rinci lagi ane mau ngasih tips dan trik bagi kalian yang mau magang di perusahaan. Tulisan ini berdasarkan pengalaman ane yang pernah magang di perusahaan punya bangsa dan negara jadi bagian analis (..........) sengaja ane ngak sebutin biar greget kaya banci maddog. Yah meskipun belom tentu bener, silahkan dipilah mana aja yang bagus, dan buang yang jelek ya.

TIPS DAN TRIK BAGI AGAN DAN SISTA YANG INGIN IKUT PROGRAM MAGANG

1. Jangan Malu Untuk Bertanya
Namanya kita magang, tentu ada hal yang baru kita tau. Bahkan ada hal yang asing banget di benak kita. Solusinya apa? Ya tanya ke senior lah jawabannya. Jangan sok tau main klik atau coret sana sini, tanpa kita tau gimana dasar kerjanya. Kalo senior kita asik, ngak masalah. Kalo agak susah alias agak sombong (maksudnya ngejelasinnya agak umum dan ngak jelas bahkan ngejelasin simpel banget) ini tantangan buat kalian buat kembangin kata dari senior yang tadi (asek....). Tapi emang serius, ngak selamanya senior lo di tempat kerja ngejelasin teknisnya kaya dosen di kampus. Atau cara terakhir, tanya ke orang yang punya sifat terbuka. Nah ini baru bener, dia ngak segen buat ngejelasin prosedur dari huruf A ke Z. Disinilah lo bisa belajar dengan tenang. Tapi kalo ngak ada orang kaya gini di tempat kerja lo, yaudah terima nasib aja dah.

TIPS DAN TRIK BAGI AGAN DAN SISTA YANG INGIN IKUT PROGRAM MAGANG

2. Belajar Belajar dari Kesalahan
Yah namanya baru, kesalahan pasti biasa dilakuin karena kita butuh proses adaptasi. Salah kaya format ngak bener, typo atau berkas keselip dimana itu hal yang lumrah, tapi ada catatan....
Kita harus bisa belajar dari kesalah itu, ' oh itu ternyata salah ya, yaudah besok besok kaya gitu aja deh'. Jangan sampe kaya keledai yang jatoh ke lobang yang sama. Lobang maknanya kegagalan ya gan, bukan lobang yang laen ya. Wkwkwkwemoticon-Wakaka

TIPS DAN TRIK BAGI AGAN DAN SISTA YANG INGIN IKUT PROGRAM MAGANG

3. Pahamin Lingkungan Seperti Apa
Sekarang poin ketiga, ini terlihat sepele. Tapi kalo ngak pinter di step ini, nanti lo ngerasa hampa aja kalo kerja. Kenapa gw bilang begitu, lo masuk di perusahaan yang pasti punya ritme dan teamwork yang udah lama kejalin. Karena pegawai pasti dilatih dulu sama perusahaan itu yegak. Lo belajar dah lingkungan lo kaya gimana? Santai, serius kaya robot, atau serius tapi santai, lo bisa belajar dari keseharian lo disana. Pasti lo punya otak dan perasaan yang bisa lo pake buat bikin kesimpulan. Setelah lo tau, lo bisa milih mau ngikut mereka atau pake cara lain. Apapun pilihan lo, itu harus bisa buat produktif dan kerja maksimal. Tetep semangat gan.emoticon-Jempol

TIPS DAN TRIK BAGI AGAN DAN SISTA YANG INGIN IKUT PROGRAM MAGANG

4. Jaga Lisan.
Ini ada hubungannya sama yang nomer 3. Lo harus liat dulu bacotan orang disana kaya gimana, ceplas ceplos, puitis, atau kata2nya ilmiah kaya ILC, lagi2 lo yang tentuin mau milih mana. Intinya pilihan kata emang penting di lingkungan kerja (njay sok iye gw ahahaha). Ini hal penting gan and sis, karena omongan itu nilai etika yang pasti jadi nilai plus. Emang lo pengen surat keterangan magang lo ada catatan yang jelek. Capek2 lo magang, tapi lo dapet nilai jelek. Yah buang waktu aja coy.

TIPS DAN TRIK BAGI AGAN DAN SISTA YANG INGIN IKUT PROGRAM MAGANG

5.Berusaha inovatif
Setelah lama disana entah 2 atau tiga minggu lo pasti udah nemu ritme kerja. Cuma setiap orang beda2 ya soal adaptasi di tempat baru. Usahain temuin step kerja yang baru dari hasil proses magang lo disana. Ada dua langkah: pertama lo nyontek sama pegawai disana. Loh inovatif sebelah mananya coy? Inovatif bagi diri lo sendiri, sebelumnya lo ngak tau kan? Dan akhirnya lo ikutin dan itu bisa bikin kerja lebih simpel dan produktif. Kedua, lo bikin sendiri. Kalo gw inget kmaren pas magang cuma ngelakuin hal kecil. Maklum gw abis lulus cuma djarum (djaga rumah doangan) ahahaemoticon-Ngakak . Gw waktu kmaren cuma pake kertas bekas buat arsip laporan yang udah selesai dikerjain. Siap2 kalo ada audit eksternal atau internal. Atau kalo agan ama sista punya hal lain, silahkan lakukan asal tidak bertetangan dengan peraturan di perusahaan tempat lo kerja.

TIPS DAN TRIK BAGI AGAN DAN SISTA YANG INGIN IKUT PROGRAM MAGANG

6. Jaga Etika dan Perilaku Lo di Tempat Kerja
Inget bro and sis lo mau lulusan luar negeri sekalipun , ipk 4,0 dan wisudawan terbaik tapi etika kaya orang kaya ngak pernah sekolah. Lo bakal dianggap sampah. Sapalah teman, kalo minjem perkakas balikin ke yang punya, dan jaga sikap sama omongan itu sangat sangat sangat sangat penting bin urgent. Jangan serampangan kalo ngomong, itu ngelatih kita buat jadi pribadi yang lebih baik juga yekan?

TIPS DAN TRIK BAGI AGAN DAN SISTA YANG INGIN IKUT PROGRAM MAGANG

7. Belajar dari Pegawai disana yang Melakukan Kesalahan
Tak ada gading yang tak retak, artinya..... ya kaya gitu lah bingung gw ahahaha. Saat magang lo pasti punya pengalaman pegawai disana yang ngelakuin hal negatif dari kecil ampe yang besar. Kalo ane pas magang kmaren, sering nemu pegawai telat, ngak masuk tanpa keterangan, atau lebih ekstrim lagi ngak masuk berhari2 tanpa alasan yang jelas. Ane ngasih cerita aja gan pas kmaren pimpinan divisi ane murka bener sama satu orang. Kenapa? Karena dia ngak nyelesain deadline yang udah dikasih , bukan hanya itu kerjaan banyak yang delay dan ngak selesai (udah kaya pesawat yak) bahkan ngak kesentuh. Wah gw liat tatapan matanya tajem bener, katanya juga tegas yang keluar, yah gimana sih kalo orang marah. Pasti greget kan. Nah disitu lo bisa belajar untuk bisa lebih baik dari orang yang melakukan kesalahan tadi. Jangan malah jiper, inget kita lagi belajar. Kesalahan hal yang lumrah bin biasa.


Itu dia gan and sis, tips dan trik untuk kalian yang mau magang di perusahaan tertentu. Tips ini juga bisa dipake buat kalian yang jadi pegawai baru di perusahaan tertentu. Karena ane pun masih pake trik ini pas ane jadi pegawai baru di perusahaan tertentuemoticon-Wakaka . Semoga tips ini bermanfaat, mohon maaf kalo ada salah kata, semoga kalian bisa dapet kerja yang halal lagi baik dan bisa membahagiakan orang tua. Sekian dan salam amplop coklat.

(gambar hanya pemanis, dan ane comot dari mbah)
Diubah oleh siccosatrian 30-12-2017 09:23
0
1.3K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.