bunkqAvatar border
TS
bunkq
[EVENT LINGKUNGAN] Rumah adalah Sumber Awal Masa Depan Kelestarian Bumi Kita
Hai Agan Sista semuanya terima kasih sudah mau berkunjung ke trit sederhana ane ini. Semoga trit ane kali ini bisa kasih manfaat positif untuk Agan Sista semuanya.
:siapgan :siapgan :siapgan

Spoiler for green:


Hai Agan Sista semuanya terima kasih sudah mau berkunjung ke trit sederhana ane ini. Semoga trit ane kali ini bisa kasih manfaat positif untuk Agan Sista semuanya.

Nah, karena ane posting trit diForum Green Lifestyle sudah pasti kali ini ane berbagi info soal Hemat Energi Lingkungan Hidup dan cara melestarikannya. Okedeh Gan Sis, kita langsung aja ya.
Spoiler for green1:

Hemat energi memiliki pengertian tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi yang tidak dapat diperbaharui. Penghematan energi ini bisa dilakukan dengan menggunakan energi secara efisien di mana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, atau bisa juga dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.

Tujuan dari penghematan energi ini adalah untuk menjaga ketersediaannya sumber energi sepanjang waktu dan tentunya menghemat biaya yang dikeluarkan.
Spoiler for green2:


Seperti yang kita tahu, sumber energi yang tidak dapat diperbaharui kini makin menipis, penggunaannya yang terus menerus membuatnya semakin langka dan tentunya mahal Gan Sis. Nah maka daripada itu, penghematan energi sangat penting.

Nahh, Gan Sis, sebagai Kaskuser dan pemuda harapan bangsa, kita bisa melakukan banyak hal oh Gan Sis untuk melakukan penghematan energi. Mau tau apa aja yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan keberlangsungan energi ini sampai anak cucu kita kelak?
Spoiler for green3:

Nah Agan Sista bisa langsung memulai praktekin trik-trik ringan berikut langsung di rumah Agan Sista. Kenapa di rumah? Karena ane percaya Gan Sis, hal-hal kecil yang positif selalu berawal dari lingkungan yang paling kecil, yaitu rumah, dan diharapkan akan menyebar ke luar rumah. Kuy langsung aja kita cekidot trik-trik berikut ini :

1. Hemat Listrik
Listrik memang jadi momok buat rumah tangga, karena hampir seluruh peralatan rumah tangga pakai listrik Gan Sis. Tapi ternyata banyak loh cara untuk menghemat penggunaan listrik di rumah, kuncinya hanya satu, yaitu mau. Yes, mau berhemat atau engga. Ini dia beberapa contoh cara menghemat listrik di dalam rumah :
Spoiler for listrik:


Gunakan lampu serta peralatan yang hemat energi.

Sekarang banyak banget kok dijual lampu-lampu hemat energi Gan, pilihlah lampu LED dan selalu matikan lampu ketika tidak digunakan. Oh yah, daripada menggunakan lampu pada siang hari, gunakan pencahayaan alami yang ada. Bukalah jendela dan pintu rumah Agan Sista, selain memberikan cahaya pada rumah, hal ini juga membantu sirkulasi udara.
Dan untuk peralatan rumah tangga rasanya sekarang banyak banget yang udah hemat energi loh, ada baiknya mengganti peraltan rumah tangga yang lama yang boros listrik dan mulai beralih yang hemat energi.
Spoiler for jendela:

Matikan AC, dan bukalah jendela.

Daripada menghabiskan listrik dengan menyalakan AC di siang hari, ada baiknya membuka semua jendela rumah. Udara yang dihasilkan pun lebih bersih dan alami. Pun kalau terpaksa menggunkan pendingin ruangan, aturlah suhunya jangan terlalu rendah, karena suhu yang terlalu rendah memakan arus listrik lebih banyak.
Spoiler for pc:

Untuk para Kaskuser yang doyan banget ngaskus pakai PC atau laptop,

cobalah untuk mengkonfigurasi setelan power di PC atau laptop Agan Sista. Turunkan kecerahan monitor untuk mengurangi penggunaan listrik. Untuk Agan Sista yang menggunakan laptop, biasakan untuk mengisi daaya sampai penuh dulu, baru kemudian gunakan laptop, ini akan lebih membantu laptop Agan Sista untuk menghemat daya.
Spoiler for kabel:

Last but not least, yang sering kita lupa adalah mencabut kabel listrik dari stop kontak.

Karena setiap kabel dari peralatan listrik yang masih tertancap di stop kontak tetap akan mengambil arus listrik walaupun peralatannya sudah dalam keadaan mati.

2. Gunakan Air Dengan Bijak
Air termasuk sumber energi yang sangat dibutuhkan manusia, dan jumlah tentu saja terbatas. Tahukah Agan Sista bahwa 100% hanya 3% saja yang merupakan air tawar, namun dari total 3% tersebut 2% nya merupakan air beku yang berada di Kutub Utara dan Selatan. Sisanya 1% pun tidak semuanya layak untuk dikonsumsi, jadi diperkirakan hanya 0.62% yang bisa dikonsumsi.
(sumber : detik)
Spoiler for air:

Belum lagi jumlah air tanah yang layak dikonsumsi itu semakin berkurang seiring dengan massivenya pembangunan dimana-mana, yang secara langsung menghalangi peresapan air hujan ke dalam tanah.
Nah oleh karena itu penghematan terhadap air harus kita lakukan Gan Sis, beberapa cara berikut bisa dipraktekin :

• Gunakan shower ketika mandi, karena dengan shower akan menghemat lebih banyak penggunaan air daripada menggunkan gayung.
• Cek rutin tempat penampungan air di rumah, cek apakah ada kebocoran atau tidak?
• Gunakan kran air otomatis pada wastafel, jadi kran ini akan otomatis berhenti apabila tidak digunakan.
• Gunakan kembali air bekas bilasan mencuci baju untuk menyiram toilet atau membersihkan lantai garasi dan teras.
Spoiler for air1:

• Menggunakan kembali air bekas mencuci sayuran dan beras untuk menyiram tanaman.
• Berhematlah dalam mencuci pakaian. Pakaian yang rasanya tidak terlalu kotor dan bau, masih bisa kita gunakan lagi kok. Jadi sebaiknya jangan sekali pakai langsung cuci Gan Sis, itu bakal boros air banget. Terlebih celana jeans, yang sebenarnya kalau sering-sering dicuci malah bikin jeans itu rusak.
• Untuk Agan Sista yang punya tanah berlebih di rumah, bisa memasang sumur biopori atau resapan, agar air hujan yang turun bisa langsung tertampung ke dalam tanah.
Spoiler for sepeda:

3. Kendaraan
• Terutama buat Agan Sista yang memiliki banyak kendaraan dalam satu rumah, ada baiknya nih kalau pergi beraktivitas agar bersama-sama, jadi lebih hemat bahan bakar. Rencanakan jadwal aktivitas sehingga waktunya pun diatur agar dapat berangkat bareng
• Untuk tujuan yang dekat, cukup gunakan sepeda atau kendaraan umum Gan Sist, jadi ngga ngabisin bensin kan..

Menurut ane masih banyak cara lain yang bisa kita semua lakukan untuk menghemat energi mulai dari rumah loh Gan Sis. Harapannya sih, upaya penghematan energi ini bisa menjadi kebiasaan dan kebiasaan yang kita lakukan mulai dari rumah ini bisa menular ke teman-teman kita dan menjadi kebiasaan umum, sehingga semua orang melakukan penghematan energi.
Spoiler for greenenergy:

Okedeh deh Gan, itu dia trit ane mengenai penghematan energy, semoga trit ane ini bisa bermanfaat untuk kelestarian bumi kita semua yah Gan Sis.
Sebagai penutup, ane sekali lagi ucapin terima kasih buat agan yang udah mampir di marih.
Sampai jumpa lagi di trit berikutnya gansista..

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast emoticon-I Love Indonesia



sumber gambar : google
Diubah oleh bunkq 22-12-2017 08:19
0
9.8K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green LifestyleKASKUS Official
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.