• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata Faktor Makanan Yang Mengubah Kulit Orang Eropa Menjadi Putih Gan

ahli.itAvatar border
TS
ahli.it
Ternyata Faktor Makanan Yang Mengubah Kulit Orang Eropa Menjadi Putih Gan


Penemuan ini sekaligus menjawab, putihnya kulit orang Eropa tak selama yang dibayangkan yaitu 40.000 tahun yang lalu.

Informasi terbaru menyebut, perubahan itu baru berlangsung sekitar 7.000 tahun yang lalu.

Analisis genitik ini dilakukan terhadap DNA terekstraksi dari gigi dan kerangka laki-laki purba yang disebut La Brana 1 tang hidup sekitar 7.000 tahun yang lalu.

Kerangka ini ditemukan pada 2006 pada sebua gua di Pegunungan Cantabrian, Spanyol. Temuan ini sendiri diterbitkan pada 26 Januari oleh jurnal Nature.

Para ilmuan terdahulu percaya, perubahan kulit manusia Eropa dari nenek moyang Afrika mereka berlangsung sekitar 40.000 tahun yang lalu, ketika mereka mulai pindah ke daeraha utara dengan sedikit sinar matahari.

Dengan kulit yang lebih ringan, manusia Eropa kuno lebih mudah untuk menyerap sinar ultraviolet. Ini adalah sebuah upaya adaptasi untuk menjaga kadar vitamin D di lokasi yang minim paparan sinar matahari.

Quote:





Tapi ternyata, bukti terbaru DNA menunjukkan, manusia Eropa masih berkulit gelap sampai 7.000 tahun yang lalu. Perpindahan dari daerah yang lebih banyak terkenal sinar matahari ke daerah yang lebih tinggi ternyata tidak bisa dijadikan tolok ukur utama pergantian kulit.

Analisis ini adalah yang pertama dilakukan terhadap genom hunter-gather dari zaman Mesolitikum—kurun waktu yang berlangsung antara 10.000 hingga 5.000 tahun yang lalu. Masa Mesolitikum adalah ketika manusia purba mulai berevolusi dari berburu dan meramu ke sistem produksi dengan bertani dan bercocok tanam. Kondisi ini memungkinkan manusia purba Eropa lebih banyak mengonsumsi biji-bijian alih-alih daging binatang.

“Dalam teori produksi pertanian, terlalu banyak sereal akan mengurangi kandungan vitamin D, sehingga manusia-manusia Eropa lama lebih cepat kehilangan pigmennya,” ujar Carles Lalueza-Fox, pakar palegonomik di Pompeu Fabra University, Spanyol, kepada LiveScience.

sumber: wralr.com

Baca Juga
7 Peringkat Kekayaan Presiden Indonesia, Siapa Yang Paling Kaya?
11 Fakta Unik dan Aneh yang Cuma Ada Di Negara Jepang
Diubah oleh ahli.it 29-12-2017 15:34
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
45K
219
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.