Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
6 Rencana Keuangan di Usia 25 Tahun
6 Rencana Keuangan di Usia 25 Tahun


Agan-agan di sini sudah berusia 25 tahun? Atau tahun depan akan genap berusia seperempat abad? Jika iya, ini waktunya untuk mulai serius memikirkan masa depan, gan. Setiap orang tentunya memiliki pencapaian yang berbeda. Meski begitu, gan, tiap orang seharusnya memiliki rencana untuk masa depan mereka. Bukan hanya rencana menikah atau liburan, melainkan juga rencana keuangan jangka panjang, gan. Yang paling mudah, agan bisa mulai dengan mengubah kebiasaan boros atau kebiasaan yang merugikan lainnya. Agan bisa membuat daftar apa yang ingin dilakukan sekaligus rencana keuangan sederhana seperti berikut ini. Agan bisa mulai pelan-pelan karena mengubah kebiasaan jelas bukan hal yang gampang, tapi yang pasti jangan mundur di tengah jalan, ya gan.

1. Menabung

Kelihatannya sederhana, tapi membiasakan untuk menabung dan nggak ngambilin uangnya, nggak gampang, gan. Namun, gan, menabung ini sangat penting dan salah satu rencana keuangan sederhana yang bisa agan mulai dari sekarang. Selain itu, menabung akan membuat rencana masa depan agan lebih ringan untuk diwujudkan. Seperti, rencana nikah atau biaya pendidikan anak yang jelas butuh dana besar. Belum lagi, kebutuhan-kebutuhan lain yang mendadak. Jadi, sekarang lebih baik menabung lebih banyak. Nggak akan ada ruginya, gan!

2. Buka Usaha Sendiri

Nah, yang ini juga harus mulai dipikirkan nih, gan. Agan berencana sampai umur berapa kerja kantoran? Belum lagi, keadaan perekonomian yang kian tak pasti. Oleh sebab itu, gan nggak ada salahnya mulai dari sekarang berencana untuk membuka usaha sendiri yang bisa membuat agan mandiri. Agan bisa mulai merencanakan dan mengumpulkan modal, tidak perlu besar, yang penting usaha tersebut bisa berjalan dengan baik. Jangan takut dengan minimnya pengalaman karena sekarang justru waktu yang tepat untuk belajar dan mengembangkan potensi, iya nggak gan?

3. Mencari Pekerjaan Sampingan

Agan-agan yang bekerja di bidang kreatif, bisa banget untuk memiliki pekerjaan sampingan. Uangnya bisa ditabung, menambah pengalaman, dan yang pasti kenal lebih banyak orang serta koneksi yang lebih luas. Nggak usah khawatir, jika agan bukan pekerja kreatif, masih banyak lowongan lain yang bisa agan coba untuk pekerjaan sampingan.

4. Menyiapkan Dana Darurat

Keadaan mendesak bisa datang kapan pun. Nggak ada salahnya, meyiapkan diri untuk segala kemungkinan dengan memastikan agan memiliki dana yang cukup untuk situasi tersebut. Situasi mendesak tersebut bisa apa saja dan belum tentu baik. Oleh sebab itu, gan mulai sisihkan untuk dana darurat. Setidaknya, agan memiliki pegangan dan dapat digunakan suatu saat dibutuhkan tanpa harus mengganggu biaya sehari-hari.

5. Investasi

Investasi merupakan salah satu cara agar uang agan tidak habis sia-sia dan di saat bersamaan agan bisa menyiapkan dana untuk masadepan. Ada banyak produk investasi yang bisa agan coba dengan nilai yang bervariasi pula. Kalau agan masih awam, agan bisa mencari informasi, datang ke seminar mengenai investasi, atau konsultasi ke lembaga keuangan atau perencana keuangan. Intinya, karena ada banyak produk investasi, agan harus lebih hati-hati. Gali informasi sebanyak mungkin dan pilih produk investasi yang aman.

Kalau agan tidak mau ribet, agan bisa investasi emas batangan. Agan bisa beli di beberapa tempat terpercaya, seperti ANTAM dan Pegadaian. Selain itu, jika agan ingin membeli emas batangan, sekarang agan bisa membelinya dari jumlah kecil. Agan bisa mengumpulkan emas tersebut pelan-pelan sehingga tidak memberatkan.

Nah, jika agan ingin berinvestasi dengan cara tersebut, agan bisamencobanya melalui aplikasi e-mas. Menggunakan aplikasi ini, agan bisa melakukan transaksi jual dan beli emas secara online. Agan bisa membeli emas mulai dari Rp10.000-an, murah nggak tuh?

Investasi emas batangan ini cocok untuk jangka panjang, gan sehingga merupakan pilihan yang tepat jika agan sedang merencanakan keuangan untuk masa depan.

6. Menyiapkan Dana Pensiun

Menuju usia dewasa dan kehidupan berumah tangga banyak yang harus dipersiapkan, gan. Salah satunya ialah menyiapkan dana pensiun. Demi menjalani masa tua yang nyaman, agan mau tidak mau harus menyiapkannya dari sekarang. Sisihkan uang dan rencanakan agar uang tersebut dapat digunakan di hari pensiun. Agan bisa menempatkan uang itu dengan membeli properti, membuka usaha, atau berinvestasi.

Nah, agan sudah merencanakan apa saja nih untuk menyambut usia 25 tahun? Agar masa depan cerah, jangan sampai tidak punya rencana, ya agan-agan!


Sumber Artikel

Diubah oleh dimasgaharu 09-10-2018 07:30
0
1.4K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.