Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Makanan Terbaik Untuk Ikan Cupang Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Ikan

eMHidayatsAvatar border
TS
eMHidayats
Makanan Terbaik Untuk Ikan Cupang Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Ikan
SelamatDatang Gan!


Melanjutkan thread ane sebelumnya tentang Ternak Ikan Cupang - Hobi Yang Diremehkan Dapat Menjadi Profesi Menjanjikan, kali ini ane akan ngebahas makanan terbaik untuk ikan cupang masih berdasarkan pengalaman ane pribadi. Tulisan ini sebetulnya sudah pernah ane publish 4 tahun lalu di blog pribadi ane yang khusus ngebahas tentang ikan cupang.

Artikelnya bisa agan dan sista lihat disini:
Makanan Terbaik Untuk Ikan Cupang
Buat agan dan sista yang belum baca thread ane sebelumnya juga bisa lihat disini:
Ternak Ikan Cupang - Hobi Yang Diremehkan Dapat Menjadi Profesi Menjanjikan


Seperti yang pernah ane jelasin sebelumnya bahwa ikan cupang itu termasuk ikan yang memiliki daya tahan tubuh kuat serta dapat hidup meskipun dalam kondisi air yang kotor dan sangat sedikit sekalipun. Ikan ini juga dapat bertahan lebih dari seminggu tanpa makanan sama sekali. Tapi sebagaimana layaknya makhluk hidup pada umumnya, ikan cupang tentu membutuhkan makanan kan gansis? Ini dia makanan terbaik untuk ikan cupang yang dapat meningkatkan kualitas ikan.

Makanan TerbaikUntuk Ikan Cupang
Jentik Nyamuk (Cuk/ Encu)
Spoiler for Jentik Nyamuk/ Cuk:

Menurut ane jentik nyamuk atau cuk adalah salah satu makanan terbaik untuk ikan cupang karena (berdasarkan browsing) jentik nyamuk atau cuk ini memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibanding dengan makanan alami lainnya. Selain itu kandungan lemak, karbohidrat, serta mineral yang ada dalam jentik nyamuk atau cuk ini pun cukup lengkap dan sangat dibutuhkan oleh ikan cupang baik untuk pertumbuhan maupun kesehatannya. Agan dan sista dapat dengan mudah menemukan jentik nyamuk pada air yang menggenang. Tapi gansis, jentik nyamuk ini hanya baik untuk ikan yah, tidak untuk manusia emoticon-Big Grin

Kutu Air
Spoiler for Kutu Air:

Kutu air juga merupakan makanan terbaik untuk ikan cupang karena dipercaya dapat memperindah anal, dorsal, dan caudalserta dapat mencerahkan warna ikan. Kutu air juga sangat di anjurkan untuk dikonsumsi oleh burayak ikan cupang berumur 4 hari atau lebih karena ukurannya yang kecil sehingga mudah dicerna. Kutu air terlihat sebagai gumpalan debu berwarna merah, dan seperti halnya jentik nyamuk atau cuk agan dan sista dapat menemukan kutu air di genangan air. Tapi ingat, kutu air juga hanya baik untuk ikan cupang yah gansis, bukan untuk manusia emoticon-Big Grin

Cacing Sutra/ Cacing Darah
Spoiler for Cacing Sutra/ Cacing Darah:

Selanjutnya ada cacing sutra atau juga dikenal dengan sebutan cacing darah, kelebihan dari cacing sutra menurut ane adalah membuat pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dan dapat membentuk tubuh ikan menjadi lebih sempurna. Sedangkan kekurangannya adalah membuat air lebih cepat keruh dibandingkan makanan lainnya (mengakibatkan agan dan sista harus lebih rajin ganti air). Pemberian cacing sutra atau cacing darah yang berlebihan juga dapat membuat ikan kegemukan dan sulit bergerak. Cacing sutra dapat ditemukan di kali atau sungai.

Cacing Mikro
Spoiler for Cacing Mikro:

Berikutnya ada cacing mikro gansis. Dari namanya agan dan sista pasti sudah bisa menebak ukuran dari cacing ini, yup cacing mikro memiliki tubuh yang (mungkin) berukuran mikro karena sangat kecil dan halus. Cacing ini terlihat berwarna putih atau krem dan ane pribadi biasanya akan menggunakannya untuk burayak ikan cupang berumur 3 atau 4 hari. Pemberian pakan ini dapat meningkatkan pertumbuhan burayak, kesehatan, serta kecerahan warnanya. Lebih baik jika di selingi dengan pemberian kutu air dalam jumlah yang sangat sedikit yah gansis (menurut ane sih) emoticon-Big Grin

Yang Harus DiperhatikanDalam Memberi Makan Ikan Cupang
Pastikan makanan yang agan dan sista berikan kepada ikan kesayangan adalah makanan yang bersih yah, jika menemukannya di dalam selokan atau genangan air, usahakan bilas atau saring terlebih dahulu. Karena makanan yang kotor berpotensi membawa bakteri dan virus yang dapat mengancam kesehatan ikan.

Berilah makanan secukupnya (baca:sehabisnya). Maksudnya begini gansis, jangan sampai makanan yang agan dan sista berikan ada sisanya di dalam wadah karena dapat memicu munculnya jamur yang dapat mengganggu kesehatan ikan.

Segitu dulu thread dari ane, semua ane tulis dengan tangan sendiri dan telah ane publish 4 tahun lalu di blog pribadi ane yang membahas khusus tentang ikan cupang di:
Makanan Terbaik Untuk Ikan Cupang

Kalo agan kesulitan menemukan makanan yang ane sebutin diatas, agan masih bisa menggunakan makanan alternatif yang juga baik untuk ikan cupang, lihat disini gan:
Makanan Alternatif Ikan Cupang

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh eMHidayats 17-10-2021 07:45
nona212
tien212700
loismountbatten
loismountbatten dan 2 lainnya memberi reputasi
3
12.8K
36
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.