• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Berat Badan Ngga Turun-turun? Hati-hati Bisa Jadi Ini Penyebabnya

kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Berat Badan Ngga Turun-turun? Hati-hati Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Hai Agan Sista, apa kabarnya nih? Seneng banget ane bisa menyapa Agan Sista lewat trit yang sederhana ini. Ane juga ucapin makasih buat Agan Sista yang udah mau luangin waktunya buat mampir di trit ane, moga-moga trit kali ini berfaedah banget buat Agan Sista semuanya.


Gan Sist pernah ngga Agan Sista stress banget atau lagi patah hati karena diputusin atau jomblo yang gebetannya ketikung trus rasanya dunia tuh ngga adil banget?
Pernah? Pernahlaahh pasti wkwk..
:goyang :goyang :goyang

Trus apa sih yang Agan Sista lakukan biasanya kalau lagi stress, galau, atau patah hati?
Yes, pastinya makan.
Spoiler for ini diaa:

Dan ajaibnya rasanya napsu makan malah bertambah, apa aja dimakan, kapan aja makan, ehh tau-taunya timbangan naik, jadi makin stress deh..wakaka…
Tapi kenapa yah bisa seperti itu?
Kenapa kalau kita dalam keadaan tertekan alias stress malah suka makan berlebih?
Nah Gan Sist, ternyata itu semua ada penjelasan ilmiahnya loh, penasaran kenapa bisa gitu? Yukk kita simak langsung yahh ulasannya di bawah ini :
:welcome :welcome :welcome
Seseorang yang dalam kondisi stres atau sedang menghadapi masalah, maka ia akan merasa cemas berkepanjangan. Dalam jangka pendek, stres memang dapat mematikan nafsu makan, Gan Sist..., nah makanya kalau Agan Sista baru putus tadi siang, pasti malemnya ogah makan. Bagian dalam otak yang disebut hipotalamus yang bertanggung jawab atas ogah makan itu. Hipotalamus memproduksi hormon corticotropin, yang mampu menekan nafsu makan.
Spoiler for siapa yang doyan nyemil?:

Namun, jika stress berlangsung dalam waktu yang lama, otak akan memerintahkan kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon kortisol atau hormon yang meningkatkan nafsu makan, sehingga malah jadi lebih doyan makan. Bagi yang sedang stres, makanan bisa berfungsi sebagai obat untuk mengatasi perasaan cemas, sakit hati, sedih, dan sebagainya yang mirip-mirip gitu deh..

Nah, keadaan seperti itu dinamakan emotional eating, Gan Sist, yaitu kecenderungan yang dirasakan seseorang untuk merespon stres dengan makan — bahkan ketika Agan Sista ngga lapar. Aktivitas makan pada keadaan seperti ini lebih ditujukan sebagai pelarian untuk mencari kenyamanan, penghilang stress dan bukan untuk memuaskan rasa lapar.

Nah pertanyaan berikutnya, Agan Sista sadar ngga kalau lagi stress maunya makan yang manis-manis seperti coklat dan es krim, atau ada juga yang maunya makan junk food?
Saat seseorang dilanda stress, tubuh akan merasa lelah, yang kemudian direspon otak sebagai rasa lapar. Makanya tubuh menanggapinya dengan rasa lapar, dan butuh asupan karbohidrat dalam jumlah besar. Rasa manis alias gula juga memberikan perasaan nyaman di otak. Nah jadinya klop deh, otak stress tubuh mengira lapar trus kitanya makan porsi besar.
Duuarrr yang ada bukannya bebas dari stress malah tambah stress gara-gara berat badan naik!
:tepar :tepar :tepar

Jadi gimana dong, kalau lapar masa ngga boleh makan?
Tambah stress deh!
Haha, bukan berarti ngga boleh makan Gan Sist.., tapi perhatikan apa yang Agan Sista makan.
Saat pikiran stress dan hati terpuruk emang sih agak susah untuk mengontrol makanan kita, tapi, sayangilah diri sendiri, jangan seenaknya dengan tubuh sendiri. Tubuh kita berhak juga mendapat asupan makanan yang bernutrisi tinggi walaupun kitanya sedang stress.

Kalau Agan Sista sedang dalam tekanan, patah hati dan sejenisnya, coba fokus, cari jalan keluarnya, alihkan pikiran dengan olah raga atau dengerin music, jangan malah makan makanan yang ngga bergizi. Kalaupun Agan Sista pengen banget nyemil, cobain deh beberapa pilihan makanan sehat berikut ini :
:monggo :monggo :monggo
1. Makan buah
Spoiler for beralih ke buah-buahan:

Seperti yang udah ane ulas di atas Gan Sist, saat stress, otak mengira tubuh kita lemah dan butuh asupan gula, nah maka dari itu makanlah buah-buahan yang manis, jadinya lebih sehat kan? Pilih yang rendah kalori Gan Sist, seperti jeruk, jambu, mangga dan semangka. Vitamin C pada buah-buah tersebut juga mampu meredam perasaan tertekan.

2. Minum teh hitam
Spoiler for black tea:

Teh hitam mampu menurunkan kadar hormone kortisol dalam tubuh, sehingga mampu menekan nafsu makan Agan Sista. Cobain deh minum teh hitam hangat sambil dengerin music. Pasti jadi lebih rileks.

3. Ngemil kacang
Spoiler for ciluk baa:

Selain pengennya makan yang manis-manis, kalau lagi stress rasanya lidah pengen yang gurih-gurih kan? Nah, nyemilin kacang akan jauh lebih baik daripada nyemilin keripik kentang. Tapi kacangnya bukan kacang goreng yaaa Gan Sist. Pilih kacang almond atau kacang pistachio yang lebih sehat. Kacang jenis ini lebih rendah kalori, tinggi serat, memiliki lemak yang baik dan pastinya membantu kadar gula dalam tubuh kita loh.

Itu dia Gan Sist, alternative makanan sehat yang sebaiknya kita konsumsi saat stress datang. Dan imbangi juga dengan olah raga ya Gan Sist di pagi hari. Karena olah raga dan sinar matahari pagi sangat baik untuk memperbaiki mood kita Gan Sist.

Moga-moga trit ane kali ini membantu banget yah Gan Sist, terutama buat Agan Sista yang lagi stress atau dalam keadaan terpuruk.

Ngomong-ngomong apakah Agan Sista lagi stress atau patah hati belakangan ini?



sumur
sumber gambar : mbah google
l13ska
danQe
danQe dan l13ska memberi reputasi
2
19K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.