Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

superinternetAvatar border
TS
superinternet
7 Fenomena Sains Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017
7. Tabrakan Bintang

Para Ilmuwan laboratorium Advanced LIGO mendeteksi tabrakan dua bintang mati (neutron) yang terletak di sebuah galaksi konstelasi Hydra, kira-kira seribu miliar km jauhnya. Beberapa ilmuwan juga berpendapat bahwa fenomena ini juga merupakan tabrakan "ruang dan waktu" dan beberapa pengamat juga mengatakan bahwa tabrakan ini mampu memproduksi emas dan platinum di alam semesta.
Spoiler for two neutron stars colliding:

6. Perjalanan Terakhir Cassini

Selama 13 tahun menjalankan operasinya, Cassini mengubah pemahaman kita tentang planet dan "bulan"nya seperti fenomena geyser es di samudera satelit Enceladus yang dingin, melihat lautan metana di satelit Titan dan menyaksikan badai raksasa yang mengelilingi Saturnus. Tapi karena kapasitas tangki bahan bakarnya yang rendah, NASA memutuskan untuk menghancurkan Cassini di atmosfer Saturnus pada september 2017.
Spoiler for Artwork: Cassini ran between the Saturn's atmosphere and the rings:

5. Kembaran Bumi

Dari 3.500 planet di luar Tata Surya kita yang sudah didokumentasikan, ada fenomena planet J1407b yang memiliki cincin 200 kali lebih besar dari cincin Saturnus. Di tahun 2017 ini, para astronom sudah menemukan 7 planet berukuran Bumi. Menariknya, tiga planet diantaranya berada di zona layak huni, karena memiliki air di permukaannya.
Spoiler for Artwork: It's the largest number of Earth-sized planets ever found:

4. Nenek Moyang Tertua

Pada bulan Juli 2017, ilmuwan mempresentasikan 5 fosil manusia purba dari Afrika Utara yang merupakan spesies kita (Homo sapiens), lebih tua 100.000 tahun dari yang pernah ditemukan sebelumnya. Penemuan tersebut membuktikan bahwa spesies kita bukan turunan tunggal dari satu benua, melainkan berevolusi secara merata di setiap benua. Tim Paleontropologi Lee Berger juga menemukan jenazah berusia 200.000-300.000 tahun yang diduga merupakan nenek moyang dari Homo sapiens.
Spoiler for Lee Berger kiss Homo Naledi:

3. Langit Gelap Amerika

Pada tanggal 21 Agustus, sebuah bayangan raksasa mendatangi seluruh Amerika, yang merupakan gerhana matahari total pertama sejak negara tersebut didirikan pada tahun 1776 dan 99 tahun sejak gerhana matahari melintasi pantai barat sampai pantai timur Amerika. Jutaan rakyat Amerika berkumpul untuk menyaksikan kejadian astronomi yang langka yg juga mereka sebut sebagai fenomena cincin berlian.
Spoiler for The US witnesses the 'diamond ring' effect:

2. Pengunjung dari Luar

Meskipun para ilmuwan mampu memperkirakan kunjungi sebuah asteroid secara berkala, Pada Oktober 2017 ditemukan sebuah asteroid asing melalui teleskop Pan-Starrs Hawaii. Asteroid tersebut dipastikan berasal dari luar Tata Surya kita berdasarkan kecepatan dan lintasan yang dimilikinya. Asteroid itu diberi nama "Oumuamua", yang berarti "utusan dari jauh". Pengembara kosmik yang sangat asing ini memiliki lintasan 10 kali lebih panjang dan lama daripada yang pernah kita lihat.
Spoiler for Oumuamua is now fading from the view of telescopes:

1. Gunung Es yang Memisahkan Diri

Salah satu gunung es terbesar akhirnya memisahkan diri dari lapisan es Antartika Larsen C pada bulan Juli 2017. Para ilmuwan telah mengikuti perkembangan retakan besar tersebut selama satu dekade. Blok es raksasa ini diperkirakan mencakup area seluas sekitar 6.000 km persegi - hampir seukuran kabupaten Banyuwangi. Para ilmuwan memperkirakan bahwa Larsen C sekarang berada pada ukuran terkecil sejak akhir Zaman Es terakhir, sekitar 11.700 tahun yang lalu.
Spoiler for Europe's Sentinel-1 satellite-radar system confirmed the calving event :

Itulah beberapa fenomena sains yang menarik di sepanjang 2017, mulai dari fenomena di bumi sampai dengan fenomena diluar galaksi kita. Maap kalo ada yang kurang krn thread pertama ane emoticon-Malu. Bagi cendol ato rate 5 nya gan emoticon-Wowcantik
Selamat Liburan Tahun Baru 2018 gan
emoticon-Cipok
Diubah oleh superinternet 29-12-2017 09:19
0
3.2K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.