Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nichols15Avatar border
TS
nichols15
Menahan Agresi China, Mampukah Dunia Melakukannya?
Lemahnya koordinasi dalam melawan perluasan wilayah Beijing, khususnya di Laut China Selatan, yang dilakukan tanpa henti, telah memperparah masalah, namun negara-negara di dunia telah terpecah dalam memberikan tanggapan.

Oleh: Robert E. Mccoy (Asia Times)

Beijing tanpa henti berusaha memperluas wilayahnya yang dirasa pernah menjadi bagian dari Kerajaan Tengah (China). Lemahnya koordinasi dalam melawan aktivitas perebutan wilayah tanpa henti ini menimbulkan konsekuensi, karena mengabaikan masalah ini hanya menunda—atau memperburuk—masalah yang ada.

Contohnya, jika negara-negara di dunia yang patuh terhadap hukum telah mengambil tindakan yang efektif di Laut China Selatan saat China menegaskan klaim Sembilan Garis Putusnya beberapa tahun yang lalu, kita saat ini tidak akan dihadapi dengan pangkalan militer yang telah China dirikan di pulau-pulau kecil di wilayah tersebut—beberapa pangkalan penuh dengan jalur pendaratan dan peralatan pertahanan lainnya.

Spoiler for Sebuah jet tempur J-11 milik China terbang menuju lapangan udara militer untuk mengikuti pelatihan selama pelatihan penerbangan pada 27 November 2017. (Foto: eng.chinamil.com.cn/ Tang Jun):


Walau membangun lebih banyak pulau di wilayah yang diklaimnya di Laut China Selatan, China tidak mengabaikan Laut China Timur. Baru-baru ini, Beijing menerbangkan pesawat tempur ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Korea dan Jepang yang ada di sana.

China meningkatkan perampasannya ke laut-laut di sekitarnya, menimbulkan reaksi dari negara-negara lain di perairan tersebut yang menggunakan namanya. Namun tidak semua serangan Beijing menggunakan militer. Kapal nelayan China secara rutin melanggar perairan Korea—satu insiden memaksa penjaga pantai Seoul untuk menembakkan hampir 250 tembakan peringatan untuk memindahkan kapal nelayan yang menyusup di area tersebut.

Beijing bahkan telah mengancam Taipei akan melakukan penyerangan, jika kapal tempur Amerika berpatroli di area tersebut dan mengunjungi Taiwan untuk menunjukkan dukungan bagi negara pulau itu.

Read More : Menahan Agresi China, Mampukah Dunia Melakukannya?
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
2.1K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
KASKUS Official
80.1KThread13.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.