Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Berbagai Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Di Kuala Lumpur
Kuala Lumpur yang merupakan ibukota negara Malaysia ternyata menyimpan berbagai destinasi wisata yang selalu membuat para wisatawan bersemangat untuk menyambanginya.

Di kota ini, kamu bahkan dapat melihat berbagai etnis hidup berdampingan dengan toleransi yang tinggi satu sama lainnya. Hal ini pulalah yang membuat Kuala Lumpur tidak kehilangan pesonanya.

Ingin menjelajahi Kuala Lumpur? Kira-kira tempat mana sajakah yang wajib kamu kunjungi ketika menyambangi kota yang satu ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam berbagai tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika menyambangi Kuala Lumpur.


Transportasi di Dalam Kota Kuala Lumpur

LRT Kuala Lumpur via Barin Malaysia

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengeksplor Malaysia adalah dengan menaiki LRT Kuala Lumpur ini. LRT merupakan salah satu sarana transportasi andalan Kuala Lumpur dan merupakan transportasi yang tepat untuk melihat Kuala Lumpur secara lebih dekat.

Untuk mengetahui rute LRT, kamu dapat mencoba untuk mengunduh peta transportasi umum di Kuala Lumpur yang satu ini terlebih dahulu.


Peta rute LRT dan Monorail via Media Enclave

Dengan mengunduh peta transportasi ini, akan memudahkanmu dalam menentukan destinasi stasiun selanjutnya yang menjadi tujuanmu.

Nah, ada trik khusus jika kamu ingin mengelilingi LRT atau Monorail tanpa keluar stasiun. LRT atau Monorail ini mengeluarkan sistem token sebagai tanda pembayaran yang artinya selama kamu tidak keluar dari stasiun, kamu tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Nah, jadi kalau kamu ingin menghemat biaya dan menikmati keindahan kota Kuala Lumpur, kamu dapat mencoba untuk LRT di stasiun yang sama. Kamu cukup beli token untuk jarak satu stasiun saja.

Misalnya, ketika kamu menaiki LRT dari KLCC kamu cukup membeli untuk tujuan Ampang. Biaya yang kamu keluarkan adalah sekitar 0.70 Ringgit Malaysia. Tidak mahal, bukan?

Kuala Lumpur memiliki dua line LRT, yaitu Kelana Jaya Line (Kelana Jaya-Gombak) dan Ampang Line (Sentul Timur – Ampang / Sri Petaling). LRT Kelana Jaya Line memiliki keunikan yaitu kereta ini bersifat otomatis tanpa masinis.

Selain itu, kereta ini juga memiliki rute jalan layang (elevated) dan rute bawah tanah (underground). Untuk menaiki kereta ini, sebaiknya kamu menghindari jam sibuk yaitu pada pukul 07.30 hingga 09.00 dan 17.00 hingga 18.00.


Go KL City Bus via Kuala Lumpur Ws

Transportasi umum selanjutnya yang dapat kamu gunakan selama berada di Kuala Lumpur adalah Go KL City Bus yang satu ini. Bus ini adalah sebuah bus yang benar-benar gratis.

Bus ini memiliki 4 rute yang saling bersinggungan dan melewati objek-objek menarik di kota Kuala Lumpur seperti Bukit Bintang, KLCC dan KL Tower. Tidak ada biaya yang dikenakan jika kamu ingin menaiki bus ini alias gratis.

Meskipun demikian, karena bersifat gratis, jangan heran jika bus ini seringkali penuh terutama pada jam-jam sibuk. Hal ini karena bus ini juga merupakan andalan warga Kuala Lumpur untuk menyambangi kantor-kantor mereka terutama yang tidak dilewati oleh rute kereta.

Bus ini juga hanya berhenti di halte-halte yang memiliki tanda GoKL sehingga tidak bisa sembarangan berhenti.


Rute bus GoKL via Priyanka Ray

Agar kamu dapat menentukan strategi terbaik dalam menjelajahi Kuala Lumpur, jangan lupa untuk mengunduh terlebih dahulu peta rute bus Go KL yang satu ini.


Menyambangi Kuala Lumpur Convention Center dan Menara Petronas

KLCC via Wikimedia

Inilah dia salah satu wisata andalan Kuala Lumpur yang tentunya sayang untuk kamu lewatkan. Hampir setiap wisatawan yang menyambangi Kuala Lumpur tentu akan memilih untuk melipir dan menyambangi destinasi wisata yang satu ini terlebih dahulu.

Destinasi wisata ini adalah KLCC yang juga bergabung dengan Petronas Twin Tower. Petronas Twin Tower sendiri juga merupakan menara kembar yang menjadi ikon kota Kuala Lumpur.

Menara kembar ini pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia dari tahun 1998 hingga 2004. Menara ini juga merupakan landmark Kota Kuala Lumpur.

Menara ini memiliki lantai berjumlah 88. Menara kembar ini berada di kompleks Suria KLCC yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang terkenal di Kuala Lumpur.

Suria KLCC terdiri dari banyak toko, kafe, bioskop serta berbagai restoran. Tempat ini seringkali ramai pada waktu sore hari serta akhir pekan, dan masih merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan serta warga lokal.

Selain itu, di tempat ini juga terdapat taman kota yang fasilitasnya dapat kamu nikmati secara gratis. Terdapat fountain air minum yang dapat kamu nikmati. Selain itu di tempat ini juga biasanya terdapat banyak orang yang beraktivitas jogging, senam, serta berjalan santai. Baru-baru ini terdapat playground untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Nah, jika kamu berangkat dari kawasan Bukit Bintang, kamu dapat mencoba untuk menyambangi KLCC melalui pedestrian walkway. Tempat tersebut berupa jembatan nyaman dan panjang yang sengaja dibuat untuk menghubungkan kawasan Bukit Bintang dengan KLCC.

Ketika menyambangi KLCC, jangan lupa untuk menyempatkan diri dengan berfoto di destinasi wisata yang satu ini.


Pedestrian Walkway via Wonderful Malaysia

Nah, bagi kamu yang ingin merasakan seperti apa rasanya berjalan kaki sambil menikmati pemandangan di pusat kota Kuala Lumpur, kamu dapat mencoba untuk berjalan kaki di pedestrian walkway yang satu ini.

Pedestrian walkway ini menghubungkan antara Bukit Bintang dengan KLCC. Perjalanannya memang akan terasa agak panjang namun hal ini sebanding dengan kenyamanan yang kamu dapatkan ketika berjalan kaki.

Pedestrian walkway ini sangat nyaman dan bersih sehingga membuatmu dapat merasakan pemandangan baru dalam menyambangi Kuala Lumpur Convention Center.


Mengunjungi Bukit Bintang

Mengunjungi Bukut Bintang via Static Asia Webdirect

Selanjutnya, inilah dia destinasi andalan di Kuala Lumpur yang terutama cocok untukmu yang gemar belanja. Destinasi wisata yang satu ini adalah Bukit Bintang.

Bukit Bintang memiliki sejumlah pusat perbelanjaan dengan berbagai brand internasional kelas dunia. Namun, tidak usah khawatir, jika kamu tidak berminat untuk berbelanja, sekedar berjalan-jalan di Bukit Bintang ini saja akan terasa sangat menyenangkan.

Begitupun jika kamu ingin mencari kuliner. Sebagai rekomendasi, kamu dapat membeli makan malam di daerah Pavilion Bukit Bintang. Di dalam mall tersebut, kamu dapat mencari food court yang terletak dua lantai di bawah lobi. Di sana, terdapat banyak variasi makanan yang dapat kamu coba.


Menikmati Kuliner di Jalan Alor

Menikmati Kuliner di Jalan Alor via Venusbuzz

Masih penasaran dengan destinasi wisata lainnya di Kuala Lumpur yang dapat kamu coba untuk sambangi? Berikutnya, kamu dapat mencoba untuk menyambangi Jalan Alor yang satu ini.

Pada malam hari, jangan lupa untuk menyambangi kuliner di Jalan Alor yang masih terletak di kawasan Bukit Bintang yang satu ini. Kamu akan sangat terkesan dengan keramahan dan suasana yang ditawarkan di Jalan Alor ini.

Mayoritas penjual di sini adalah etnis Cina Malaysia dan kebanyakan makanan yang dijual adalah makanan non halal. Tetapi, kamu juga dapat menemukan penjual Melayu yang menjual makanan halal di tempat ini.

Pada waktu malam hari, seafood menjadi andalan kuliner di Jalan Alor yang sebaiknya kamu cicipi. Jika kamu merupakan penggemar sate, kamu dapat menyambangi Fat Brother Satay. Beberapa jenis sate yang tersedia di tempat ini dan dapat kamu nikmati adalah sate ayam, sosis dan juga sayur.

Nah, jika kamu mengunjungi Jalan Alor ini di siang hari, sebaiknya kamu memilih tempat makan yang tersedia di depot sehingga kamu tidak perlu merasa kepanasan ketika sedang menikmati kuliner di Jalan Alor ini.

Beberapa restoran dengan menu andalannya yang bisa kamu datangi antara lain Wong Ah Wah’s Restaurant dengan sayap ayam barbeque, Chua Brother’s dengan sup baso ikan dan Uncle Lim Kee dengan sup pan mee yang super lezat.

Tidak hanya menjadi favorit di kalangan masyarakat lokal, wisatawan asing juga sangat gemar untuk menyambangi Jalan Alor ini.


Menyambangi Dataran Merdeka

Menyambangi Dataran Merdeka via Traello

Mengunjungi Kuala Lumpur, belum lengkap rasanya jika kamu belum mencoba untuk menyambangi Dataran Merdeka. Dataran Merdeka adalah kompleks gedung peninggalan penjajahan Inggris sejak tahun 1800-an.

Gedung-gedung yang terdapat di Dataran Merdeka mengkombinasikan bentuk arsitektur kolonial serta Moorish yang indah. Di tempat ini terdapat bentuk signage I Love KL yang terkenal dan tentunya kamu dapat berfoto di sini.

Selain itu juga terdapat banyak museum yang dapat kamu kunjungi dan menarik perhatianmu. Terdapat pula perpustakaan kota. Jika kamu beruntung, kamu dapat melihat latihan upacara bendera yang dilakukan oleh para tentara Malaysia di depan Dataran Merdeka ini.

Kamu juga dapat mencoba untuk menyambangi KL City Gallery di tempat ini. Di dalamnya, terdapat foto-foto sejarah Kuala Lumpur yang juga dilengkapi dengan miniature kota Kuala Lumpur. Untuk dapat memasuki tempat ini, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar 5 ringgit.

Nah, meskipun demikian, sebagai rekomendasi, sebaiknya kamu tidak menyambangi Dataran Merdeka ini pada pukul 11 hingga 2 siang. Hal ini dikarenakan kamu akan merasa sangat kepanasan ketika menyambangi tempat itu pada pukul tersebut.

Pilihlah waktu yang sudah menjelang sore atau lebih pagi agar kamu dapat merasa nyaman ketika mengelilingi dan juga berfoto di Dataran Merdeka.

Untuk mencapai Merdeka Square, kamu bisa menaiki kereta Kelana Jaya LRT dari KL Sentral, turun di Stasiun Masjid Jamek lalu berganti kereta Ampang Line dan turun di Stasiun Hang Tuah.


Menyambangi Pasar Seni

Menyambangi Pasar Seni via Panoramio

Terletak tidak begitu jauh dari Dataran Merdeka, inilah dia destinasi wisata selanjutnya yang dapat kamu sambangi. Destinasi wisata ini adalah Pasar Seni.

Bagi kamu yang ingin mencari cinderamata khusus untuk oleh-oleh dari Kuala Lumpur, maka Pasar Seni ini adalah salah satu tempat yang tepat untuk kamu sambangi.

Pasar Seni adalah sebuah tempat yang menjual berbagai macam souvenir, kerajinan tangan, serta pakaian khas Kuala Lumpur. Pasar Seni sendiri buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga sore.

Di Pasar Seni, kamu juga dapat menemukan berbagai kuliner lezat khas Malaysia yang dapat kamu coba seperti teh tarik, biskuit batang buruk dan lain-lain.

Nah, bagi kamu yang ingin merasakan seperti apa rasanya berbelanja seperti orang lokal, maka kamu dapat mencoba menyambangi Pasar Seni yang satu ini.


Mengunjungi Masjid Jamek

Mengunjungi Masjid Jamek via Wikipedia

Masih ingin menyambangi destinasi wisata keren lainnya di Kuala Lumpur? Kali ini kamu dapat mencoba untuk menyambangi Masjid Jamek yang satu ini.

Masjid Jamek, Jalan Tun Perak, merupakan salah satu masjid tertua yang terdapat di Kuala Lumpur. Masjid ini dibangun oleh para pedagang islam yang berasal dari India di persimpangan Sungai Klang dan Sungai Gombak.

Masjid ini dibangun sudah sangat lama, yaitu pada masa penjajahan Inggris. Masjid ini terletak dekat dengan Stasiun Putra LRT, Star LRT dan juga Dataran Merdeka.

Masjid ini juga merupakan salah satu penunjuk bahwa Kuala Lumpur merupakan Kota Kebudayaan Islam. Masjid Jamek ini didesain oleh Arthur Benison Hubback. Masjid ini dibuka resmi oleh Sultan Selangor pada tahun 1909. Masjid ini terinspirasi dari arsitektur bergaya Moor.

Masjid Jamek ini adalah sebuah masjid kuno dengan arsitektur yang sangat menarik untuk difoto. Imam masjid ini tidak bisa melihat namun memiliki suara yang sangat indah.

Nah, ketika menyambangi masjid ini, sebaiknya kamu mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Sebab kalau tidak, kamu tidak akan diperbolehkan untuk memasuki kawasan masjid ini.

Masjid ini juga ditutup untuk umum ketika memasuki waktu sholat. Nah, jika kamu merupakan muslim, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba sholat di masjid berarsitektur indah yang satu ini.

Masjid ini terletak persis di seberang stasiun LRT Masjid Jamek yang menjadi stasiun pertukaran laluan Kelana Jaya dan laluan Ampang.


Mengunjungi Petaling Street

Petaling Street via Malaysia TripAdvisor

Masih ingin menjelajahi Kuala Lumpur? Kali ini kamu bisa menjelajahi Petaling Street atau yang dikenal juga dengan kawasan Chinatown di Kuala Lumpur.

Bagi kamu yang ingin berbelanja, maka tempat ini merupakan salah satu destinasi terbaik untuk wisata belanja. Menjelang malam, biasanya kawasan Petaling Street ini akan semakin ramai.

Namun, menjelang malam pula, kamu akan mendapatkan harga yang lebih spesial dan terjangkau. Karena konsepnya mirip seperti pasar tradisional, sehingga kamu dapat mencoba untuk menawar demi mendapatkan harga yang terbaik ketika memilih untuk berbelanja di tempat ini.

Jangan takut untuk menawar di tempat ini karena kebanyakan para pedagang telah menaikkan harga 15 hingga 35% dari harga aslinya. Pastikan kamu mampu menawar dengan baik untuk mendapatkan harga terbaik.

Beberapa jenis barang yang dapat kamu temukan jika kamu berbelanja di Petaling Street ini antara lain adalah tas, jam tangan serta pakaian.

Selain itu, masih di kawasan Petaling Street, kamu dapat menemukan berbagai restoran masakan Cina. Begitu pula dengan makanan seafood. Selain itu, kamu juga dapat menemukan berbagai makanan ringan yang dijual di sudut kanan maupun kiri sepanjang Petaling Street ini.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai berbagai tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika menyambangi Kuala Lumpur. Sebagai salah satu tujuan wisata populer, Kuala Lumpur memang memiliki banyak destinasi wisata yang tentu saja menarik untuk kamu sambangi.

Semoga artikel ini dapat memberikanmu gambaran dan juga inspirasi mengenai berbagai destinasi wisata di Kuala Lumpur yang sebaiknya kamu masukkan dalam daftarmu.

Happy traveling!


SUMBER



0
16K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.