Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Natal Tiba! Jangan biarin gigi berlubang merusak perayaan hari besar ente, gan!

carolpowerAvatar border
TS
carolpower
Natal Tiba! Jangan biarin gigi berlubang merusak perayaan hari besar ente, gan!
Natal telah tiba, umat kristiani bersuka cita merayakan hari lahir Yesus Kristus di bulan Desember ini. Yap, apalagi kalau bukan Hari Natal yang jatuh setiap tanggal 25 Desember. Natal, selain identik dengan ibadah di gereja atau bersilaturahmi dengan sanak family, juga sangat berkaitan dengan hidangan-hidangan khas yang sangat lezat dan sayang banget untuk dilewatkan, sebut aja ayam rica-rica khas Manado, kue lampet khas Medan, kue-kue manis yang menggiurkan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rasanya pasti pengen kan menyantap semua hidangan Natal yang tersaji di rumah bersama keluarga? Tapi, kalau gigi lagi berlubang apa semuanya mungkin bisa terjadi? Jangankan untuk makan, kadang mau ngomong aja susahnya minta ampun.

Tapi tenang, di bawah ini ane akan share sedikit tentang cara untuk menghindari gigi berlubang, supaya perayaan hari Natal kita berjalan baik tanpa gangguan.

1. Konsumsi makanan sehat

Spoiler for :


Apa yang kita makan, itulah yang akan mempengaruhi tingkat kesehatan kita. kalau kita makan makanan yang sehat, udah pasti badan kita akan ikut sehat dan bebas penyakit. Tapi, kalau kita makan makanan yang gak sehat, badan kita juga akan ikut gak sehat alias gampang sakit.

Mengonsumsi makanan sehat dan penuh nutrisi gak cuma penting buat kesehatan badan kita aja, tapi juga sangat berpengaruh pada kesehatan dan kekuatan gigi. Gigi kita butuh nutrisi seperti kalium yang terkandung dalam makanan seperti ikan laut, kacang merah, buah alpukat dan lain-lain. Kalau gigi sehat kan enak juga pas hari natal mau makan apapun, minum apapun bebas karena gak ada masalah sama gigi.

2. Hindari makanan lengket

Spoiler for :


Bukan gak boleh mengonsumsi makanan lengket, seperti permen caramel, dodol atau cokelat. Tapi, seharusnya kita memang gak keseringan makan makanan lengket seperti ini karena makanan semacam ini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi, bahkan kalau didiamkan bisa membuat gigi semakin hari semakin berlubang. Hii ngeri.. Kalau gini gimana bisa makan bareng keluarga pas hari natal.

3. Sikat gigi minimal dua kali sehari

Spoiler for :


Mungkin kita semua udah hapal betul sama kalimat ini. Dari kecil orang tua kita pasti udah sering ngajarin kita buat sikat gigi sebanyak dua kali sehari, di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Semua ini dilakukan agar gigi kita tetap segar, terlindungi dan terhindar dari bakteri jahat yang suka tinggal di dalam gigi.

Usahakan juga pake pasta giginya yang tanpa detergen aja. ini pengalaman gue ya, semenjak ganti ke pasta gigi tanpa detergen, gigi gue cenderung lebih sehat, segar dan jarang kerasa sakit lagi tuh gigi berlubang. Jadi mau makan atau minum apa aja mah bebas, asal gak berlebihan aja. dimana-mana yang berlebihan itu kan emang gak baik, toh? Oiya, gue di rumah pakenya pasta gigi Enzim yang mint, itu seger banget, dan gak bikin kering di mulut.

4. Gosok gigi setelah makan

Spoiler for :


Poin ini berhubungan sama poin diatas sebenernya. Sikat gigi lah secara rutin sebanyak dua kali sehari. Pagi (kalau bisa setelah makan pagi), lalu malam (sebelum tidur). Gosok gigi setelah makan bertujuan untuk membersihkan gigi dari kuman yang muncul sehabis makan. Tapi, setelah makan jangan juga langsung menggosok gigi karena setelah makan makanan asam kalau langsung digosok bisa bikin gigi gampang keropos.

Buat hasil terbaik, kita bisa membiasakan diri dengan berkumur-kumur dengan mouthwash setelah makan. Jadi, kalo abis sarapan kita cukup gosok gigi, pas abis makan siang baru deh kita kumur-kumur pake mouthwash. Mulut jadi seger dan wangi sepanjang hari. But, gue saranin kalo mau pake mouthwash itu mending yang bebas antiseptik dan bebas alkohol, kenapa? Karena Penggunaan mouthwash yang mengandung alkohol dikhawatirkan bisa ikut membunuh bakteri positif di mulut, yang malah bisa nimbulin masalah baru karena bukan hanya bakteri negatif yang hilang. Nah, kalo moutwash yang bebas alkohol itu rasanya lebih enak dan nyaman karena gak ada sensasi kebakar waktu kumur-kumur. Rasanya di mulut juga lebih seger dan wangi hihi. Setau gue sih mouthwash yang bebas antiseptik dan bebas alkohol itu ada dari Enzim, yang sekarang lagi gue pake juga. So far so good sih menurut gue, rasanya kayak abis sikat gigi aja kalo kumur-kumur pake Enzim mouthwash ini.


Kalau kita udah melakukan 4 hal ini dengan baik, bisa dipastikan gigi kita juga mendapat perawatan yang baik dan gak akan mudah rusak atau berlubang. Kalau gigi sehat dan kuat, kan pas ngerayain natal juga enak, bisa icip-icip kesana kemari hahaha.
Sekian dari ane gan. Yuk yang punya pengalaman sakit gigi di hari natal, sharing-sharing donk tips and trick supaya kita bisa menghindari hal ini.

emoticon-Angelemoticon-Angel
Diubah oleh carolpower 26-12-2017 00:30
0
1.9K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.