Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Pilkada
  • PDIP Siap Menghadapi Isu Agama di Pilkada dan Pilpres 2019

margosaAvatar border
TS
margosa
PDIP Siap Menghadapi Isu Agama di Pilkada dan Pilpres 2019
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, Budiman Sudjatmiko, mengatakan partainya telah siap menghadapi terpaan isu berbau agama dan ras menjelang kontestasi politik, khususnya dalam pemilihan presiden (pilpres) 2019. Terlebih, PDIP kemungkinan besar mengusung Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada pilpres mendatang.

"Bukan hanya menghadapi pilpres, buat pilkada pun kami sudah bahas hal itu (serangan isu agama)," kata Budiman kepada Tempo melalui telepon, Senin, 25 Desember 2017.

Hal tersebut terkait dengan pernyataan Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago yang memprediksi isu-isu kebangsaan dan kenegaraan akan bergeser menjadi isu-isu umat dalam pemilu presiden 2019. Sejumlah isu umat tersebut, kata Pangi, bakal menyerang Presiden Joko Widodo sebagai calon inkumben.

Baca juga: Pengamat Politik: Isu Umat Bakal Menyerang Jokowi di Pilpres 2019


Jokowi, yang selama ini dianggap sebagai tokoh nasionalis-sekuler, dinilai lawan politiknya memiliki jarak dengan agama dalam kehidupan berbangsa. Pangi juga menambahkan, alumni 212 akan menjadi salah satu kekuatan poros penantang Jokowi dalam pemilihan presiden atau pilpres 2019.

Namun, Budiman membantah anggapan tersebut. Menurut dia, nilai-nilai keagamaan dan ketuhanan justru menjadi inspirasi PDIP dan Jokowi sebagai kadernya dalam berpolitik. Ia pun mengatakan, selama ini koalisi dengan partai-partai Islam seperti Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Persatuan Pembangunan pun berjalan baik.

"Begitu halnya hubungan dengan organisasi Islam, seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan Persatuan Islam," kata Budiman.

Ia pun menganggap tudingan-tudingan semacam itu merupakan upaya politisasi agama oleh kelompok tertentu untuk mencapai tujuan pribadinya. Budiman mengatakan partainya sudah mengidentifikasi kelompok-kelompok mana saja yang kerap menyerang PDIP dan Jokowi dengan isu agama. Berbagai bukti pun telah mereka kumpulkan dan akan dibuka pada waktunya.

"Kami bukan lahir dari ruangan ber-AC, kami lahir dari lapangan, sudah biasa itu (serangan isu agama)," ujar dia.

Baca juga: Peneliti Australia Khawatir Isu Agama Digunakan di Pilpres 2019

Dalam Rapat Koordinasi Nasional PDIP di ICE-BSD, Tangerang, beberapa waktu lalu, kata Budiman, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri membahas hal tersebut. "Kita harus kuat dan jangan menyerah (menghadapi serangan isu agama)," kata Budiman mencontohkan Megawati.


https://nasional.tempo.co/read/10450...n-pilpres-2019



saya kasih analisis politik global ya:
indo ini ada rebutan dr segi agama mayoritas sunni, tempo lalu ada undangan tokoh media dan juga ada perwakilan dr mui ke israel.
posisi indo bisa jd buffer politik global, saudi sedang bertranformasi menuju moderat tp tetep kebencian luarbiasa sama shia. polarisasi kekuatan global sekarang ada antara kubu brics utamanya russia dan china vs western nato.
kalau saya lihat regime berkuasa lebih condong ke kubu brics jadi bakal ada serangan masif sara nanti ke pilpres 2019

selamat datang rimba yang sebenarnya di 2019

prediksi saya pdip akan jatuh terkapar seperti di DKI

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.6K
28
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilkada
PilkadaKASKUS Official
5.3KThread660Anggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.