Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kanadiyelAvatar border
TS
kanadiyel
PENGUNDUR – MEDIA PENGOBATAN DAYAK PASER(Ingin Tau)


Didalam adat Dayak penyakit selain disebakan oleh faktor alamiah diyakini juga disebabkan oleh roh-roh halus atau dalam bahasa Dayak Ngajunya disebut TALUH / KAMBE.

emoticon-cystgemoticon-cystg

Roh-roh ini dapat mengganggu seseorang dan memberikan perbagai masalah atau penyakit. Untuk menenangkan roh halus ini maka dibuat suatu media khusus tujuannya untuk memindahkan roh-roh halus tadi ke tempat yang lain dan akan diberikan sesaji untuk menenangkannya.

Salah satu yang dikenal oleh Dayak Paser adalah PENGUNDUR suatu bangunan kecil yang tujuannya sebagai tempat persembahan bagi roh halus tadi. Adat Dayak yang lain juga mengenal hal yang sama hanya dengan nama yang berbeda, misal dalam adat Dayak Ngaju disebut ANCAK.



Nah ini Ada tiga jenis PENGUNDUR dalam budaya Dayak Paser. Yang Mungkin Kaskuser belum tau

emoticon-Jempolemoticon-Mewek emoticon-Request





PENGUNDUR berbentuk manusia dari ukiran kayu

Dalam adat kanaytn dikenal dengan istilah TAMAK atau patung NYADIRI dalam adat Dayak Ngaju. Pengundur jenis ini digunakan untuk prosesi penyembuhan dimana sebuah kayu diukir seperti manusia dan diletakan didepan rumah si sakit kemudian diberikan sesaji biasanya berupa kelapa dengan sebatang lilin dan beberapa anyaman dari pelepah kelapa. Penyembuhan ini bulan kemarin pernah dilakukan di kasongan kalimantan tengah.



PENGUNDUR yang digantung diatas langit-langit rumah

Dalam adat Dayak Ngaju disebut ANCAK kalau dalam adat Dayak Kenayatn disebut TUMPANG. Pengundur jenis ini digantung diatas rumah sebagai tempat untuk meletakan sesaji supaya menenangkan roh-roh jahat yang mengganggu. Ini masih terpasang juga dirumah ane. Karna kalau menyambut pergantian bulan biasanya ada sedikit ritual dengan petinggi dayak, untuk kedamaian lingkungan dan kesehatan warga.


PENGUNDUR berbetuk rumah kecil

Pengundur jenis ini digunakan dalam ritus pengusiran roh jahat, dimana roh halus yg mengakibatkan sakit dipindahkan dari tubuh orang yang sakit ke rumah kecil. Dalam adat Dayak Kenayatn disebut DANGO BONTO yang digunakan untuk memberi makan segala macam setan antu, balis, pujut supaya tidak mengganggu lagi dan pulang dan kembali ke asal nya. Kalau dalam adat Dayak Ngaju juga dikenal hal ini hanya dibedakan pada lokasi peletakannya, jika posisi dalam rumah di katakan PASEBAN, sedangkan di luar rumah disebut KERAMAT. Didalam PASEBAN biasanya  berisi batu, mangkok, dll, dan selalu di kemenyan setiap malam jum’at.


Sedkit Agak aneh sih gan. Namun kalau ane pribadi, menganggap ini adalah Fakta yang nyata adanya

emoticon-Requestemoticon-Request


Spoiler for sumber/thread didukung oleh :


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

emoticon-No Sara Please

Semoga TRIT singkat ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .


kaskuuser yang baikemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Kissemoticon-Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L) , jangan lemparin ane emoticon-Blue Guy Bata (L) ya agan - agan...




Diubah oleh kanadiyel 21-12-2017 17:33
0
17.1K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.