News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
34
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3ded63ddd770cc2b8b4573/anies-versus-kemendagri-soal-tim-gubernur-anies-baswedan
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan. Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengevaluasi anggaran Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) sebesar Rp 28,5 miliar yang dianggarkan Pemprov DKI di Rancangan APBD (RAPBD) 2018. Perdebatan antara Gubernur DKI Anies Baswedan dan pihak Kemendagri pun terjadi terkait Tim Gubernur ini. "Kalau seandainya itu masih
Lapor Hansip
23-12-2017 12:45

Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.

Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur
Anies Baswedan.

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengevaluasi anggaran Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) sebesar Rp 28,5 miliar yang dianggarkan Pemprov DKI di Rancangan APBD (RAPBD) 2018. Perdebatan antara Gubernur DKI Anies Baswedan dan pihak Kemendagri pun terjadi terkait Tim Gubernur ini.

"Kalau seandainya itu masih tetap dalam satu tim, itu posnya, maka itu harusnya menggunakan belanja penunjang operasionalnya. Biaya penunjang operasional kepala daerah. Jangan membebani APBD secara khusus," kata Pelaksana Tugas Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifuddin saat dimintai konfirmasi, Kamis (21/12/2017).

Syarifuddin menyarankan, bila Anies membutuhkan tenaga ahli, gaji tenaga ahli tersebut dapat dianggarkan melalui SKPD terkait. "Contoh kalau mau butuh ahli tata kota, ya taruh di Dinas Tata Kota, kayak begitu," ujarnya.

Baca juga: Mendagri: Silakan Anies Bentuk Tim Gubernur Pakai Dana Operasional

Anggaran TGUPP dicoret karena dianggap tak sesuai fungsi. Anies pun mempertanyakan sikap Kemendagri yang mencoret nomenklatur TGUPP dari APBD 2018.

"Ini sekali lagi bukan soal dana, ini lembaganya. Lain kalau kita bicara soal sumber dananya, kita berbicara tentang jumlah personalianya. Ini institusinya," tukas Anies, Kamis (21/12).

Dia pun mengatakan akan akan terus bekerja dengan atau tanpa dukungan Kemendagri terkait Tim Gubernur. Anies menyebut apa yang disampaikan Kemendagri hanya sebatas rekomendasi.

"Kita take it easy, yang jelas kita akan terus kerja cepat, kita terus kerja tuntas. Dengan atau tanpa dukungan Kemendagri, kita jalan terus," tuturnya.

Baca juga: Kemendagri: Evaluasi APBD DKI Mengikat, Ditembuskan ke KPK

"Sebetulnya untuk otoritas ada di kita. Otoritas bukan di Kemendagri. Kemendagri hanya rekomendasi. Jadi bisa tidak dijalankan, hanya rekomendasi. Tapi kita ingin menghormati," sambung Anies.

Pernyataan Anies dibantah oleh Kemendagri. Evaluasi yang dilakukan soal Tim Gubernur ditegaskan Kemendagri mengikat bagi Pemprov DKI.

"Iya kalau nggak dilaksanakan menyalahi aturan," terang Kepala Biro Hukum Kemendagri Widodo Sigit Pudjianto kepada detikcom, Jumat (22/12).

Widodo mengatakan Kemendagri memberikan tembusan evaluasi APBD DKI pada berbagai instansi lainnya, termasuk KPK. Dia mengatakan akan ada konsekuensi bila evaluasi tersebut tidak dilaksanakan.

Baca juga: Soal TGUPP, Anies: Dengan atau Tanpa Dukungan Kemendagri, Kita Terus

"Ya mengikat, tak (saya) tembusin KPK gimana sih. Mengikat, kalau nggak dilaksanakan bisa bermasalah. Ini tidak rekomendasi, salah kalau ngomong rekomendasi itu. Ya evaluasi, dievaluasi," tegas Widodo.

Mendagri Tjahjo Kumolo pun kemudian menyarankan kepada Anies untuk menggunakan dana Biaya Penunjang Operasional (BOP) Gubernur untuk pembiayaan TGUPP. Sebab TGUPP tak masuk dalam urusan administrasi.

"Direkomendasikan dalam evaluasi untuk tidak dianggarkan pada Biro Administrasi, yang selanjutnya diberi solusi untuk menggunakan Biaya Penunjang Operasional (BOP) Gubernur karena sejalan dengan maksud Pasal 8 PP 109/2000 tentang Kedudukan Keuangan KDH," imbau Tjahjo kepada Anies.

Dia menegaskan tak ada niat darinya untuk menghapus TGUPP. Tjahjo mempersilakan Anies membentuk tim dengan catatan.

"Prinsipnya bukan menghilangkan TGUPP, silahkan saja Gubernur DKI membentuk TGUPP," tutup dia. (elz/bag)
tim gubernur dki anggaran tim gubernur dki anggaran tgupp kemendagri gubernur dki jakarta anies baswedan

Sumber.

https://m.detik.com/news/berita/d-37...l-tim-gubernur

Baca lalu pahami dulu, siapa yang benar dan siapa yang ngelawak. Dukung boleh, goblok emang takdirnya nasbung.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 14:30
Quote:Original Posted By mandataris


anti keberwkwkwedanan itu. udah pasti nanti bangkenya ga disholatin


susah spellingnya klo keberwkwkwedanan emoticon-Hammer2
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 14:32
Quote:Original Posted By spectre2015
era jokodok dan ahoax (era kegelapan), kemendagri diam diam saja...
saat era anies, kemendagri mulai berulah (bau politik)..


astagfirullah! Ini fasti konsfirasi jokodok dan si ngahoax untuk menjatuhkan guvernur ummat emoticon-Kagets

0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 14:46
anies ini goblok ya

udah dibilang tgupp itu gak tsrmasuk organik pemprov maka gak boleh digaji dgn apbd


mau pakai tgupp boleh silahkan tapi bayarnya jangan pakai apbd , itu maksudnya kemendagri

bayar aja pakai dana operasional gubernur

itu sudah dilakukan gubernur yg sebelum2nya spt itu



kalo masih nekad , berarti anies ngelanggar aturan.

dan karena besaran gaji tgupp bisa saja diatas 1M ,itu bisa masuk ranah KPK

anies dikasih rekomendasi maksudnya supaya gak ngelanggar aturan

maksudnya kemendagri itu baik kok

kemendagri memberi rekomendasi ini supaya anies gak berurusan dgn KPK nantinya




anies ini hal sederhana begini aja gak ngerti

ini orang entah goblok atau sinting atau terbelakang mental , gw gak tau

dan nasbunger anuser yg dasarnya emang goblok tetep aja gak ngerti permasalahannya

emoticon-Big Grin
Diubah oleh BMAGLY
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 14:50
Quote:Original Posted By spectre2015
era jokodok dan ahoax (era kegelapan), kemendagri diam diam saja...
saat era anies, kemendagri mulai berulah (bau politik)..


Mirip2 pendukung pak gub di fesbuk nih logika nya
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 14:55
arab serakah
ngotot pake apbd utk gaji TGUPP emoticon-Hammer
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 14:55
Quote:Original Posted By freeanalez
gemvok


gemboknya karatan gan emoticon-Leh Uga

Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 14:58
Quote:Original Posted By roninthirst
gemboknya karatan gan emoticon-Leh Uga

Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.


emoticon-Leh Uga
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 15:19
mau ngencingin majikan, eh di lemparr tai ke muka
emoticon-Ngakak
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 16:02
Quote:Original Posted By BMAGLY
anies ini goblok ya

udah dibilang tgupp itu gak tsrmasuk organik pemprov maka gak boleh digaji dgn apbd


mau pakai tgupp boleh silahkan tapi bayarnya jangan pakai apbd , itu maksudnya kemendagri

bayar aja pakai dana operasional gubernur

itu sudah dilakukan gubernur yg sebelum2nya spt itu



kalo masih nekad , berarti anies ngelanggar aturan.

dan karena besaran gaji tgupp bisa saja diatas 1M ,itu bisa masuk ranah KPK

anies dikasih rekomendasi maksudnya supaya gak ngelanggar aturan

maksudnya kemendagri itu baik kok

kemendagri memberi rekomendasi ini supaya anies gak berurusan dgn KPK nantinya




anies ini hal sederhana begini aja gak ngerti

ini orang entah goblok atau sinting atau terbelakang mental , gw gak tau

dan nasbunger anuser yg dasarnya emang goblok tetep aja gak ngerti permasalahannya

emoticon-Big Grin

Kalo udah liat ijo, semua yang terinfeksi sapi gila seperti sudah membabi buta emoticon-Leh Uga
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 17:04
Quote:Original Posted By spectre2015
era jokodok dan ahoax (era kegelapan), kemendagri diam diam saja...
saat era anies, kemendagri mulai berulah (bau politik)..


politik al maidah 51 ? emoticon-Leh Uga
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 22:29
Quote:Original Posted By spectre2015
era jokodok dan ahoax (era kegelapan), kemendagri diam diam saja...
saat era anies, kemendagri mulai berulah (bau politik)..



nasbung goblog keluar emoticon-Leh Uga
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 22:31
Quote:Original Posted By spectre2015
era jokodok dan ahoax (era kegelapan), kemendagri diam diam saja...
saat era anies, kemendagri mulai berulah (bau politik)..


baca & pahami.
baru komen..
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 22:36
Ayo nies... Hajar aja tuh mendagri..... Curang bangat knp jaman foke, joko, ahok, dan djarot boleh, tp jaman ini dilarang??

Perlukah kami mengerahkan 7 jt massa lg?
0 0
0
Anies versus Kemendagri soal Tim Gubernur Anies Baswedan.
23-12-2017 23:06
Quote:Original Posted By spectre2015
era jokodok dan ahoax (era kegelapan), kemendagri diam diam saja...
saat era anies, kemendagri mulai berulah (bau politik)..


level kegoblog'an ente brapa gan
Baca dulu nape??
Cuma baca judulnya doang ya??
Itu aja baca judulnya masih dieja...
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia