Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

matt.gaperAvatar border
TS
matt.gaper
Nasib Sial Satwa Langka Tapir Dikira Babi
Liputan6.com, Labuhan Batu - Seekor tapir menghebohkan warga sekampung di Kota Pinang, Labuhanbatu Selatan (Labusel), Sumatera Utara. Sebab, satwa langka ini berkeliaran di tanah perkuburan dan sempat dikira babi oleh warga.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, tapir yang diketahui berjenis kelamin jantan dan diperkirakan berusia 4 tahun itu ditemukan warga di kawasan perkuburan China, Kampung Kristen, Kota Pinang, Labusel, Senin, 18 Desember 2017.

Saat itu, awalnya warga mengira satwa langka dilindungi tersebut adalah seekor babi. Kini binatang dengan warna kulit dominan hitam dan putih tersebut sudah dibawa ke Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) di Aek Godang, Hulu Sihapas, Padang Lawas.

Binatang herbivora itu dirawat intensif sebelum dilepasliarkan. Tapir dibawa ke BNWS untuk mendapat perawatan karena mendapat beberapa luka saat ditangkap warga.

Analis Data Kehumasan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Evansus R Manalu mengatakan, satwa langka yang ditangkap warga itu rencananya akan dilepasliarkan jika kondisi fisiknya sudah membaik.

"Lokasi pelepasliaran akan mempertimbangkan habitat satwa langka ini," kata Evansus, Kamis (21/12/2017).

Pertimbangan dilakukan karena, menurut info yang diperoleh BBKSDA di lapangan, lokasi ditangkapnya tapir sangat jauh dari hutan. Kemungkinan hewan tersebut tersesat dari habitatnya, dan masuk ke permukiman warga setelah itu ditangkap.

Sebelum dibawa ke BNWS, tapir yang ditangkap warga itu lebih dulu dirawat di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Labusel dan sedang dirawat oleh dokter hewan Esti Wulandari.

"Kondisinya sehat, beratnya 300 kg, usianya diperkirakan 5 tahunan," ucapnya.

Sebagai informasi, tapir merupakan satwa langka yang dilindungi. Di hutan Sumatera, habitatnya berada di wilayah hutan Bukit Barisan. Masuknya tapir ke permukiman warga diduga karena rusaknya kawasan hutan.

http://m.liputan6.com/regional/read/3202855/nasib-sial-satwa-langka-tapir-dikira-babi

Bisa salah sangka ya
-1
3.4K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.