Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kandagiAvatar border
TS
kandagi
MUI Tak Larang Umat Islam Ucapkan Selamat Natal
MUI Tak Larang Umat Islam Ucapkan Selamat Natal
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, KH Maruf Amin.

VIVA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma'aruf Amin tak melarang umat Islam mengucapkan natal.

Ia menyerahkan kepada seluruh umat Islam untuk mengikuti keyakinan masing-masing jika ingin menyampaikan ucapan natal. Sebab, sikap masyarakat terbelah dua mengenai hal itu.

"Karena itu saya mengatakan silakan saja mengikuti pendapat membolehkan (ucapan natal), mau mengikuti (pendapat) mengharamkan ucapan natal juga silakan," kata Ma'aruf, di kantor MUI Jalan Proklamasi, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2017.

Ma'aruf menyatakan, hal yang tidak dibolehkan ialah menggunakan atribut natal atau ikut dalam ritual ibadah di dalamnya.

Saat ini, MUI belum memutuskan atau menyampaikan fatwa perihal ucapan natal tersebut. Sebab, masih ada beda pendapat di masyarakat. "Karena masalah itu belum diputuskan," katanya.

Sebelumnya, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Ma'arif tidak mempermasalahkan jika ada umat Islam yang memberi ucapan natal.

Menurut Buya Syafii, sapaan akrab Syafii Ma’arif, ucapan selamat hari raya agama lain adalah bentuk menghargai sesama pemeluk agama. Bahkan, ia menyebutkan, para ulama di Mesir memperbolehkan seorang muslim mengucapkan selamat hari natal.

"Bagi saya tidak apa. Saya sudah puluhan tahun mengucapkan. Tidak ada masalah dan biasa saja," katanya di gedung PPATK, Jalan Ir. Juanda, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Desember 2017.

https://www.viva.co.id/berita/nasion...-selamat-natal
0
4.3K
74
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.