muslimahidAvatar border
TS
muslimahid
MODUS BLACK CAMPAIGN KEPADA SPBU


Izinkan saya (Renan Maulana) numpang berbagi pendapat dan pengalaman tentang isu warna Pertamax dan Pertalite yang sama dan maraknya Black Campaign pada SPBU milik Indonesia.

Harapan saya dengan adanya tulisan ini, tidak ada lagi yg tertipu dengan berita lama yang ditulis kembali atau black campaign yang ingin menghancurkan reputasi SPBU milik Indonesia.

Kejadiannya sekitar seminggu ini banyak pesan video masuk melalui wa group menampilkan video pengisian bahan bakar Pertamax dan Pertalite melalui botol yang biasa dipakai untuk mengecer bensin di pinggir jalan. Di video itu ditampilkan seakan-akan warna Pertamax dan Pertalite sama.

Sebagai orang yang melek internet saya ga langsung percaya gitu aja dong, saya cek dulu itu berita kapan sih. Soalnya kayak pernah tau berita tersebut. Dan setelah saya browsing ternyata bener dong berita itu berita yang diulang, alias isu basi yang kejadiannya udah lama banget lewat, bulan agustus 2017, sekarang udah mau 2018 tapi video itu diviralkan lagi, ada maksud apa ya?

Ga percaya? Baca deh link ini [url]https://m.detik.com/…/mengapa-pertamax-dan-pertalite-warnan…[/url] ini berita tanggal 16 Agustus 2017 dan SPBUnya udah kasih informasi kok klo itu ga bener, dan si pembuat video ini pengecer bensin (pencari keuntungan sejati). Pertanyaan lagi ada apa ya? Kok ada yang ngeviralin lagi, kayak modus black campaign untuk ngebuat orang takut dan menimbulkan kepanikan kepada masyarakat nih. Nah itu salah satu ciri2 berita hoax “ingin memberikan kepanikan kepada masyarakat”. Dan penyebar berita hoax bisa dijerat pidana berdasarkan UU ITE, hayo lho.. penyebar berita hoax bisa dicari pak Polisi lho melalui unit cyberpatrolnya lho.

Nah intinya begini:
1. Jika ada yang sebarin berita/isu/ video/foto yang ga jelas asal-usulnya.. teliti dulu bro siapa tau itu berita hoax atau info lama yang digoreng lagi. Jangan asal share ya.

2. Video Pertamax dan Pertalite warna sama itu ga bisa dibuktikan secara ilmiah. Lha, mungkin aja botol yang dipake itu bekas salah satu bbm, atau mungkin aja karena kena sinar cahaya sehingga warna terlihat sama, atau angle kameranya. Kalo mau pasti cek ke laboratorium bro.

3. Buktinya itu SPBU masih beroperasi, berarti kan SPBU itu tidak menyalahi aturan.

Hanya jika berkenan, tolong bantu dishare hasil riset mbah google saya ini dan pengalaman ini biar banyak yg baca. Biar ngga ada lagi oknum-oknum yang nipu dan nyebarin yang bikin panik masyarakat.. semoga bermanfaat.. dan waspadalah !!!

Pesan Moral:
Jika merasa dicurangi lapor ke saluran pelaporan yang bener, jangan ke wa group. Buat penyebar hoas dan black campaign.. seneng bgt bikin black campaign dan berita hoax yang bikin panik masyarakat.. moga segera pada insap, duit hoax panas bro, dan hati-hati dicyduk cyberpatrol.
0
2.3K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.