Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ridwansetiawaanAvatar border
TS
ridwansetiawaan
Biarkan Anak Kita Tumbuh Sesuai Potensinya, Lalu Jadikan Mereka Sang Ahli

Manusia lahir ke muka bumi ini dibekali oleh sebuah modal besar yang bernama potensi. Potensi dalam sebuah bangun memiliki fungsi seperti pondasi yang menopang kesuruhan bagian rumah. Jika ibaratnya sebuah pohon, potensi adalah sebuah akar yang menguatkan batang dan menumpuhkan pohon untuk berkembang.

Pada dasarnya ketika seorang bayi ketika lahir semua pontesi yang ada semua bermulai dari angka 0% perlahan mereka tumbuh pontensi-pontesi tersebut akan mulai terlihat mana yang berkembangn dengan cepat dan mana yang tidak berkembang sama sekali. Pontesi yang terus berkembang itu kita istilahkan sebagai Pontesi unggul.

Setiap orang mempunyai pontesi unggul yang berbeda-beda, ada anak yang jago matematika tetapi mereka rendah di bidang olahraga, ada anak yang jago musik tetapi membuat sebuah kalimat saja mereka tidak bisa. Itulah yang disebut pontesi unggul.

Kurikulum pendidikan kita belum sampai dalam mendidik siswanya untuk terus mengembangakan potensinya. Melihat kurikulum sekarang hampir semua sekolah mempioritaskan siswanya untuk mendapat nilai tinggi di semua pelajaran padahal pelajaran-pelajaran yang ada di sekolah hampir semuanya banyak yang mereka tidak butuhkan. Dan beruntunglah di sekolah masih ada tambahan-tambahan kegiatan ekstrakulikuler sebagai obat dari pelajaran-pelajarann yang menjenuhkan.

Kita perlu mendidik anak-anak kita untuk tumbuh sesuai dengan potensinya, kita bisa mengamati dari beberapa kegiatan yang mereka kerjakan sewaktu mereka masih bayi sampai beranjak dewasa. Peran orangtua yang perlu sigap dalam mengetahui pontesi tersebut dan peka, karena dengan naluri orantualah kedepannya pendidikan akan berjalan sesuai bakatnya

sebagai orangtua, walaupun kita membebaskan anak kita untuk berkembang sesuai dengan potensinya perlu juga orangtua selalu mengingatkan agar selalu berada di jalan yang semestinya jangan sampai kita sudah memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih malah kita lupa akan pengawasan kepada mereka sekaligus terus memberikan apresiasi kepada mereka sekecilpun karena dengan apresiasi inilah mereka akan terus berkembang dan baik.


Diubah oleh ridwansetiawaan 19-12-2017 06:43
0
1.6K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.