Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • **Perbedaan Peredam Insulasi Suara Dengan Peredam Serap Suara **[ INFO ]

vokuz.comAvatar border
TS
vokuz.com
**Perbedaan Peredam Insulasi Suara Dengan Peredam Serap Suara **[ INFO ]




Haloo Agan2 Skalian kali ini ane mo share info yg kali aja berguna buat agan, terutama yg lagi mo bikin ruangan kedap suara, studio, home theater, dll



Memahami Perbedaan Peredam Insulasi Suara Dengan Peredam Serap Suara

Ruangan yang berhubungan dengan suara seperti studio, home theater, aula dan lainnya akan mendapat fungsi akustik dengan baik apabila menggunakan peredam suara yang tepat dengan tujuannya. Tetapi sering terjadi penggunaan peredam suara tidak sesuai dengan tujuannya. Seperti pemasangan glaswoll dengan tujuan mengurangi kebocoran suara pada studio. Tentunya kebocoran suara tidak akan berkurangkarena glaswoll bertujuan untuk menyerap suara. Sedangkan untuk mengurangi kebocoran suara digunakan material yang dapat mengisolasi berpindahnya suara. Maka untuk dapat menentukan peredam suara dengan tepat sesuai kebutuhan marilah kita melihat tujuan dari peredam suara.

1. Peredam Insulasi Suara (Sound Insulation)
Bertujuan untuk mencegah, mengurangi kebocoran suara dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Definisi teknisnya ialah bahan yang dapat menginsulasi perpindahan suara. Contoh material peredam insulasi suara adalah Acourete Mat Resin, Acoutere paint.

Bahan peredam insulasi suara umumnya dipakai untuk mencegah gangguan suara dari sebuah ruangan ke ruangan lainnya seperti ilustrasi dibawah ini

Di ilustrasikan diatas sumber suara datang menuju material insulasi, kemudian di isolasi oleh material insulasi, dan sebagian dipantulkan sehingga suara yang bocor/berpindah dari dalam ruangan maupun sebaliknya dapat di minimalkan.

Karakteristik material peredam insulasi suara ini adalah:

- Berat, Semakin berat material, semakin baik nilai redamannya
- Tidak Berpori, Semakin rapat material,semakin baik nilai redamannya
- Permukaan Keras, Semakin keras permukaan material semakin baik nilai redamannya
- Viscoelastic, Yaitu dapat meredam getaran,semakin baik dalam menahan redaman makin baik nilai redamannya.

Kemampuan sebuah material peredam suara untuk meng insulasi suara di tentukan dengan nilai STC atau Sound Transmission Class atau Sound Transmission Loss. STC adalah nilai tunggal yang dinyatakan dalam besaran dB (decibel). Sound Transmission Loss adalah nilai pengurangan suara dalam dB (decibel) dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi.


2. Peredam Serap suara (Sound Absorbing)
Bertujuan untuk mengurangi pantulan yang menyebabkan gema pada sebuah ruangan. Definisi teknisnya ialah bahan yang mampu menyerap energi suara. Contoh material serap suara adalah Acourete Fiber, Acourete Board 230.

Bahan peredam serap suara umumnya dipakai untuk mengurangi suara yang memantul dalam sebuah ruangan seperti ilustrasi dibawah ini

Karakteristik dari bahan serap suara adalah:

-Ringan
-Berpori
-Permukaan lunak
-Tidak dapat meredam getaran

Kemampuan sebuah material peredam suara untuk menyerap suara di tentukan dengan nilai NRC atau Noise Reduction Class atau Sound Absorbing Coefficient. NRC adalah nilai koefisien. Sound Absorbing CoeTransmission Loss adalah nilai pengurangan suara dalam dB (decibel) dari frekuensi rendah ke frekuensi tinggi.

Dari penjelasan sederhana diatas dapat diketahui perbedaan dasar mengenai tujuan peredam insulasi suara dan peredam serap suara. Jadi apabila kita memiliki permasalahan dengan gangguan suara seperti kebocoran suara atau pantulan suara, dan menginginkan solusi serta harga yang terbaik, kami menyarankan untuk mempelajari spesifikasi bahan peredam suara yang akan digunakan beserta metode pemasangan peredam suara. Semoga tulisan ini membantu pembaca dalam menentukan peredam suara yang tepat.



Spoiler for sumur :


Trit ane yg laen gan:
http://www.kaskus.co.id/post/53a3aec...e2e61d2c8b462c
http://www.kaskus.co.id/thread/539fc...kk-kita-bahass
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 3 suara
peredam suara yg agan pakai
insulasi suara
33%
serap suara
67%
Diubah oleh vokuz.com 17-01-2015 03:51
0
9.5K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.