Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Airboat Andalan Kodam Jaya Sebagai Moda Transportasi Air

kolamayaAvatar border
TS
kolamaya
Airboat Andalan Kodam Jaya Sebagai Moda Transportasi Air
SICOM Kodam Jaya/Jayakarta tidak akan pernah surut melakukan program ciliwung bersih merupakan suatu bukti nyata dalam kepedulian. Kondisi sungai yang diharapkan belum dapat tercapai, masih perlu banyak kepedulian kepada semua pihak yang ada di ibukota untuk sama-sama mewujudkan ciliwung yang bersih, indah dan sehat.

Konsistensi dan keseriusan Pangdam Jaya Mayjen Agus Sutomo. S. E., dalam mengelola kali Ciliwung dibuktikan dengan difungsikannya Airboat oleh Kodam Jaya sebagai sarana moda transportasi air yang cocok untuk Ciliwung di masa mendatang.

Penggunaan Airboat sebagai moda transportasi air di Kali Ciliwung oleh Kodam Jaya merupakan gagasan yang sangat brilyan karena alat inilah yang cocok diaplikasikan di Ciliwung untuk kedepannya. Disamping itu Airboat ini adalah produk asli buatan putra putri Indonesia.

Pangdam Jaya yang melakukan uji coba secara langsung penggunaan Airboat ini merasa puas dan berharap Airboat bisa menjadi solusi dan alternatif bagi moda transportasi di Jakarta masa depan, disamping itu bisa menjadi alat angkut untuk wisata air Ciliwung.

“Kami melakukan uji coba Air Boat dengan rute mulai dari Rindam Jaya Condet hingga Rawajati sejauh hampir 3 kilometer dilalui dengan lancar. Sepanjang perjalanan banyak warga yang menonton Airboat ini dari bantaran kali karena memang alat angkut ini masih asing bagi warga yang ada di Ciliwung. Sementara ini Air Boat ini kita gunakan untuk dukung tugas ini, cita-cita kita kalau Sungai Ciliwung sudah bagus , bersih maka alat ini bisa kita kembangkan untuk tranportasi, rekreasi, parawisata,”kata Pangdam Jaya usai melakukan uji coba Air Boat di Sungai Ciliwung, Rawajati, Jakarta Selatan Minggu (9/8/15).

Sementara itu Managing Director Ait Boat Indonesia H. Endang Wachyan Msc yang juga selaku pembuat Airboat mengatakan, Airboat ini sangat cocok dipakai di sungai Ciliwung , disamping tidak akan kandas walaupun air surut, Airboat ini juga ramah lingkungan karena tidak akan merusak dan membunuh biota dalam sungai karena proSENSOR tidak dibawah air akan tetapi diatas perahu. Airboat adalah sejenis perahu yang digerakan dengan baling baling diatas perahu sebagai penggeraknya, sehingga tidak perlu khawatir baling baling macet tersangkut sampah karena baling baling tidak terendam air dan tidak diperlukan kedalaman air tertentu sehingga Airboat tidak akan kandas walaupun airnya surut.

“Air Boat ini buatan asli Indonesia dengan mesin buatan Amerika, Air Boat ini dapat berjalan dirawa bahkan di darat dan Air Boat ini tidak akan terhalang oleh sampah atau dangkal. Kelebihannnya bahan bakarnya lebih irit, bahan bakar menggunakan murni pertamax tidak dicampuran, mesin berkekuatan 450 PK. Air Boat ini didesain berpenumpang 13 orang. Air Boat ini sampai saat ini Kodam, Kopassus serta Rindam Jaya hanya meminjam untuk bergabung dalam rangka Ciliwung bersih,”kata Endang ketika di Dermaga 2 Rindam Jaya, Conedet, Jakarta Timur.

Turut hadir Kasdam Jaya Brigjen TNI Ibnu Tri Widodo, Assintel Kasdam Jaya I Putu Danny, Danrem 051 Kolonel Inf Suharyanto, Dandim 0505/JT Letkol Arm bagus Tri Widodo.@wk



Airboat itu apa ya?
Pake bikin istilah baru segala
Diubah oleh kolamaya 09-08-2015 13:12
0
10.4K
12
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.