• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 6 Gempa Terdahsyat dalam Sejarah Dunia, Nomor 3 Guncang Indonesia

acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
6 Gempa Terdahsyat dalam Sejarah Dunia, Nomor 3 Guncang Indonesia


Liputan6.com, Jakarta- Diperkirakan ada 500 ribu gempa yang terjadi tiap tahunnya. Sekitar 100 ribu di antaranya bisa dirasakan manusia.

Seperti pada Jumat 15 Desember 2017, jelang tengah malam. Kala itu, gempa kuat mengguncang Jawa Barat bagian selatan. Akibatnya, empat orang tewas, jalanan retak, sejumlah bangunan ambruk. Guncangan juga dirasakan di Jakarta, terutama oleh mereka yang tinggal di gedung-gedung tinggi.

Awalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa tersebut berkekuatan 7,3 skala Richter, sebelum memperbaruinya menjadi 6,9 SR.

Sementara, Badan Survei Geologi AS mengatakan, lindu yang berpusat di Cipatujah itu berkekuatan 6,5 SR.

Lindu pada Jumat malam lalu kian membuktikan, Nusantara rawan gempa. Indonesia bertopang di atas zona tektonik yang sangat aktif, pertemuan tiga lempeng besar dunia: Pasifik, Australia, dan Eurasia, serta sejumlah lempeng kecil lain.

Negara kita berada di lingkaran 'cincin api Pasifik' atau Pacific Ring of Fire dan daerah kedua yang paling aktif di dunia -- sabuk Alpide. Terjepit di antara 2 wilayah kegempaan berarti, Tanah Air menjadi lokasi sejumlah letusan gunung berapi dan gempa terdahsyat yang pernah terjadi di muka Bumi.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut, Pacific Ring of Fire atau yang secara teknis disebut sebagai sabuk Circum-Pacific adalah sabuk gempa terhebat di dunia -- serial garis patahan yang membentang 40 ribu kilometer dari Chile di Belahan Bumi Barat (Western Hemisphere) lalu ke Jepang dan Asia Tenggara.

Kira-kira 90 persen dari semua gempa bumi di dunia dan 80 persen dari gempa bumi terbesar di dunia, terjadi di sepanjang Ring of Fire.

Sejumlah gempa berkekuatan sangat besar, lebih dari 8,5 skala Richter. Namun, bukan berarti makin besar magnitudenya, lindu tersebut pasti mematikan.

Berikut 6 gempa paling kuat sepanjang sejarah dunia, yang tercatat oleh instrumen buatan manusia, seperti dikutip sebagian dari situs ThoughtCo:

1. Gempa Chile 1960: 9,5 Skala Richter

Spoiler for :


2. Gempa Alaska 1964: 9,2 Skala Richter

Spoiler for :


3. Gempa Aceh 2004: 9,1 Skala Richter

Spoiler for :


4. Gempa Jepang 2011, 9 SR

Spoiler for :


5. Gempa Rusia 1952: 9 Skala Richter

Spoiler for :


6. Gempa Chile 2010: 8,8 Skala Richter

Spoiler for :


Sumur: http://global.liputan6.com/read/3199...cang-indonesia


Jika Berkenan:

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
2.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.