Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Mengungkit janji bantuan modal OK OCE

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno usai Rapat Paripurna di DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/11). Janji bantuan modal OK OCE semasa kampanye mulai ditagih.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membantah jika pernah menjanjikan bantuan modal.

Menurutnya, dia dan Gubernur DKI Anies Baswedan tidak pernah berjanji akan memberikan bantuan modal untuk program One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship atau OK OCE sejak masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Kami dari awal sekali, awal sekali, menyatakan bahwa Pemprov tidak akan memberikan permodalan," katanya di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017) seperti dikutip dari Kompas.com.

Sandiaga menjelaskan, sejak awal kampanye hingga kini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hanya akan membantu akses warga agar bisa meminjam modal ke lembaga pembiayaan, seperti perbankan, lembaga keuangan mikro, hingga lembaga keuangan syariah.

Sandiaga justru menilai wartawan salah dalam memberitakannya. "Lihat saja dari awal sekali memang kami enggak pernah ada berjanji memberikan modal (untuk OK OCE)," ujar Sandiaga.

Karena bantahan itu, di media sosial beredar foto spanduk saat kampanye Pilkada DKI Jakarta.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Ketua Perkumpulan Gerakan OK OCE Faransyah Jaya tak bisa memastikan siapa yang membuat spanduk itu.

"(Spanduk itu) bisa dari kami, bisa dari relawan," ujar Faransyah melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Jumat (15/12/2017)

Benarkah tak ada janji modal saat kampanye?

Dari rekaman debat resmi yang digelar KPU DKI Jakarta, Sandiaga memang menyinggung soal modal. Pada debat pertama, 10 Februari 2017, Sandiaga menyatakan "Mempermudah kredit sampai Rp300 juta."
Program OKE OCE Sandiaga Uno
Debat kedua, pada 12 April 2017, Sandiaga menyatakan, "Kredit khusus untuk perempuan kami berikan tanpa jaminan..."
Sandiaga Uno: Program Oke Oce Solusi Bagi Pelaku UMKM - iNews Pagi 13/04
Dalam situs Jakartamajubersama.com, yang menjadi situs resmi Anies-Sandiaga saat kampanye, juga memuat janji itu. Setidaknya ada dua janji soal bantuan modal.

Pertama, dalam program 'Membuka Akses Lapangan Kerja & Membangun Kewirausahaan,' dijanjikan akan ada terobosan Co-working space yang tidak hanya memberikan ruang fisik.

Namun juga memberikan dukungan modal, akses market, dan mentor bagi pewirausaha. Wujudnya program ini berupa;

-Revitalisasi kantor kelurahan, kecamatan, wali kota, sebagai tempat inkubator UMKM.

-Dukungan untuk modal awal, distribusi hasil produk dan jasa, dan pembekalan kapasitas.

Janji kedua, dalam program 'Pengembangan Wirausaha Muslim.' Salah satu terobosan yang akan dilakukan adalah menyediakan permodalan syariah yang jauh dari riba.

Janji yang sama pernah Sandiaga nyatakan dalam kampanye dan direkam. Ucapan detilnya adalah; kita akan berikan modal setinggi-tingginya 300 juta rupiah.
WOY WAGABENER @sandiuno elo nonton video offical kampanye lo ini. Masih bilang gak janji? Berak Sekebon Luh RT @KompasTV: Sandiaga: Dari Awal Sekali, Kami Tak Pernah Berjanji Beri Modal OK OCE [URL="https://S E N S O RZ97FP6nKy9"]pic.twitter.com/Z97FP6nKy9[/URL]
— el diablo (@digembok) December 15, 2017
Janji modal juga mereka nyatakan dalam dokumen Visi-Misi Anies-Sandiaga yang diunggah di situs KPU DKI Jakarta disebutkan, pasangan ini akan fokus pada 6 isu utama.

Pada misi nomor 3 isu utamanya adalah, Menciptakan Lapangan Pekerjaan. Salah satu poin fokus kerja ini adalah: "Program bantuan modal dan pengembangan usaha untuk UMKM sebagai penyerap tenaga kerja."

Tangkapan layar visi misi Anies Sandiaga.


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...n-modal-ok-oce

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Bupati Bantaeng dan Dirjen Bea Cukai raih Bung Hatta Award

- Penyesalan dan permintaan maaf Andi Narogong

- Indeks pembangunan teknologi membaik meski tak merata

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.idKASKUS Official
13.4KThread733Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.