Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Magis! Kehebatan Beras Kuning Kepercayaan Suku Dayak Hingga Ditakuti Banyak Orang

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Magis! Kehebatan Beras Kuning Kepercayaan Suku Dayak Hingga Ditakuti Banyak Orang
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast

Magis! Kehebatan Beras Kuning Kepercayaan Suku Dayak Hingga Ditakuti Banyak Orang

Suku Dayak menjadi salah satu suku yang mempunyai beragam budaya yang cukup unik sehingga selalu menarik untuk diulas. Suku Dayak pun mempunyai beberapa suku yang kecil yang tersebar di beberapa pelosok daerah. Setiap sukunya juga mempunyai ragam adat, tradisi dan budaya yang unik dan cukup dikenal dengan kekuatan magis dan aura negatif.

Nah, kali ini YuKepo akan membahas salah satu Suku Dayak, yaitu Dayak Maanyan atau yang lebih dikenal dengan suku Dayak Barito Timur yang berada di kawasan Kalimantan Tengah. Hal yang cukup dikenal dari suku ini adalah kekuatan beras kuning yang konon bisa membuat para penjahat ketakutan. Apa hebatnya ya beras kuning ini? Yuk, kepo!

Magis! Kehebatan Beras Kuning Kepercayaan Suku Dayak Hingga Ditakuti Banyak Orang

Tradisi menyebar beras kuning menjadi salah satu kebiasaan warga Dayak Maanyan. Entah bagaimana, kemudian tradisi ini dianggap mengerikan bagi suku lain karena konon beras kuning tersebut telah memiliki kekuatan magis yang bisa membuat musuh atau lawan takut. Kabarnya, kekuatan tersebut berasal dari roh para leluhur suku Dayak Maanyan. Kekuatan menebar beras kuning ini juga bisa disamakan dengan Mandau terbang yang sakti milik suku Dayak.

Magis! Kehebatan Beras Kuning Kepercayaan Suku Dayak Hingga Ditakuti Banyak Orang

Kemudian muncul banyak pertanyaan kapan beras kuning tersebut disebar? Jawabannya cukup logis, suku Dayak sebenarnya tidak akan melakukan hal tersebut bila mereka tidak merasa terancam. Hal ini mereka lakukan untuk mempertahankan diri.

Pada tahun 2014, pernah terjadi kerusuhan di depan DPR Barito Timur antara suku Dayak dengan pihak aparat kepolisian. Suku Dayak yang tergabung dalam Komando Pertahanan Adat Dayak Bartim ini merasa kurang puas dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum karena tidak sesuai dengan syarat untuk mendapatkan kursi DPRD untuk calon Bupati. Saat itu, suku Dayak yang merasa terdesak oleh pihak aparat kepolisian akhirnya menaburkan beras kuning dan saat itu pula pihak aparat kepolisian mundur.

Magis! Kehebatan Beras Kuning Kepercayaan Suku Dayak Hingga Ditakuti Banyak Orang

Nah, mungkin di beberapa daerah kita melihat beras kuning akan ditaburkan ke atas saat acara pernikahan. Namun, beras kuning yang ditaburkan ke atas bagi suku Dayak Maanyan ini merupakan ritual untuk memanggil roh penguasa. Konon, roh penguasa yang terdapat dalam beras kuning tersebut adalah sosok Putri Selong dan Raja Angking Langit. Sebelum melakukan ritual ini, beras yang dipilih pun bukan beras sembarangan dan dicampurkan dengan minyak. Proses pencampuran beras dengan minyak ini sebagai simbol untuk meleburkan kekuatan jahat yang ada.

Itulah sekilas kehebatan magis beras kuning berdasarkan kepercayaan suku Dayak Maanyan. Meskipun maknanya cukup mistis, namun ada sebuah pelajaran yang cukup menarik agar kita saling menghormati perbedaan dan tidak mengusik kehidupan orang lain karena saat merasa terdesak dan terganggu sudah pasti orang tersebut bisa mengamuk bagaikan singa tidur yang terbangun. Gimana menurut kamu?



Sumber: Yukepo
Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
9.1K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.