agasthya168Avatar border
TS
agasthya168
Sharing Pengalaman Agan Kerja di Perusahaan
Dear Gansis semua, disini ane pengen sharing pengalaman kerja ane di beberapa perusahaan, dan agan2 semua boleh banget untuk sharing pengalaman agan dimari, tujuannya untuk apa ? ane yakin kaskuser disini banyak yang belum / akan segera / malah yang sudah menjadi expertise di bidangnya masing-masing jadi mudah-mudahan bisa memberikan masukan berdasarkan best experience dari agan untuk teman-teman yang lain

Oke dimulai dari ane ya  hahaha ya iyalah ane yang bikin tritnya

2000 – 2001
Saat itu ane kerja cuman jadi waitress gan plus tukang cuci piring di salah satu kedai makanan yang ada di daerah Jaksa, Jakarta Pusat..umur ane waktu itu kurang lebih 17 tahunan lah. Ane masuk kerja mulai jam 6.30 pagi sampe setelah jam makan siang kurang lebih jam 1an lah..ane waktu itu sekolah masuk siang gan jadi masih bisa keburu..ane seneng banget kerja disini gan, kenapa ? karena ane bisa ketemu karyawan-karyawan yang perlente banget  pake kemeja bersih dan berdasi.

Disini titik awal mimpi ane, pengen kerja seperti mereka  walaupun ane juga gak tau mereka kerja dimana dan posisi mereka apa tapi kalo dari cara berpakaian oke2 lah…hal yang didapat selama ane kerja disini adalah ane belajar bagaimana bersikap dengan orang lain, ane belajar tata cara melayani yang baik dan benar..memang gak gampang, kita udah berlaku baik aja tapi ttp dirasa kurang, tapi itu bukan masalah bagi ane, ane yakin apa yang ane dapet hari ini berguna dikemudian hari.,

Oiya, disini juga ane belajar manajemen ritel yang paling sederhana yaitu rumah makan  ternyata rumah makan itu margin nya gede gan, bisa 150-200%!!! Tapi ya itu, karena masak sendiri jadi para pekerja nya cukup banyak dan turn over karyawan nya tinggi terutama koki 


2005-2006
Ane kerja di salah satu EO di Jakarta gan, juju raja ane suka banget desain,,kalo agan2 yang masa remaja nya doyan dengan kehidupan malam di tahun2 ini pasti akrab dengan nama : embassy, centro, loft25, venue, nuchina, mata, retro   nah mereka sering banget bikin flyer acara atau invitation kan ? itu keren2 banget kan ? nah ane tertarik banget gan jadi desainer flyer2 itu…tapi……ane gak punya komputer atau laptop gan…ga patah semangat ane pinjem laptop temen ane dan ane beli buku model Freehand 5, Freehand MX, Corel, AI, Flash, dll…sampe akhirnya ane diterima kerja di EO ini..


Prestasi ane di EO ini adalah desain ane sempet dijadiin desain buku panduan acara dan buku kenang-kenangan keluarga Presiden RI yang menjabat di era tersebut  

2009 – 2011
Di kisaran waktu ini ane kerja di salah satu Bank Swasta besar di Jakarta gan, kalo agan sering ke SCBD agan pasti bisa ngeliat logo perusahaannya gede banget,,tulisannya hanya 2 huruf  yang punya Bank ini salah satu taipan bisnis terkenal di Indonesia (ane bangga pernah ketemu dengan beliau dua kali seumur hidup ane , walaupun gak enak momennya hahahaha)

Jujur waktu ngelamar disini ane ga pernah liat posisinya gan, soalnya waktu itu yang ane pikirin adalah ane harus cepet kerja, gak mau nganggur kelamaan karena ane punya tanggungjawab buat orang tua. Ternyata ane disini jadi tenaga marketing gan (Account Officer / AO) bukan salesman ya,,kalo salesman itu kan hanya menjual produk atau jasa, kalau AO bukan gan, selain menjual dia juga harus memiliki dasar analisa makanya yang dicari umumnya lulusan S1.

Beda dengan bank lainnya, dimana AO itu dibagi menjadi 2 yaitu penyimpanan dana (funding) dan pemberian pinjaman (lending), nah kalo disini ane megang dua2nya, jadi job utama kita adalah mencari nasabah yang ingin membuka tabungan, deposito, dan giro serta yang ingin mengajukan pinjaman baik itu korporasi maupun consumer.

Sebelum terjun ke lapangan ane dididik selama 9 bulan lamanya, nah ini yang bikin ane salut sama Bank ane, kita semua dididik wajib militer gan..awalnya ane bingung kenapa beda sama bank lainnya, mereka ga ada yang kayak gini2an,,ternyata memang bener gan,,yang membedakan karyawan kita dengan bank lain adalah jiwa militansi nya (ini akan nyambung ke cerita ane di perusahaan selanjutnya).

Ane juju raja gak pernah ada pengalaman marketing gan, tapi setidaknya dulu ane pernah bekerja di kedai makanan, setidaknya ane sudah punya kompetensi dan keahlian untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bener aja, itu manjur banget gan…secara target memang ga achieve2 banget tapi ane pernah jadi juara nasional kontes penjualan salah satu produk di bank ane  wah ane happy banget waktu itu.

Selain funding disisi lending itu ternyata ada analisa gan…ane seneng juga kalo kuliah itu kayak mata kuliah SKB (studi kelayakan bisnis). Disini sangat ditekankan prinsip kehati-hatian dengan nasabah, kita harus bener2 dalem dan tajem dalam menganalisa rasio Keuangan usaha atau perusahaan mereka gan, kalo gak maka kredit yang kita berikan bisa batuk2 

Jadi di posisi kali ini ane dapet 2 hal, bagaimana kita melebarkan jaringan kita dan bagaimana kita menganalisa performa Keuangan suatu usaha atau perusahaan. Bagi temen2 yang pengen jadi enterpreuner gak ada salahnya nyoba kerja di posisi seperti ini kurang lebih 2-3 tahun, bener2 buka cakrawala deh..

Tahun-tahun terakhir ane kerja disini ane akan diangkat menjadi Team Leader / Supervisor, tapi ane waktu itu pengen banget jadi HRD gan,,dari dulu waktu kuliah ane emang nyari posisi HRD tapi karena keterbatasan informasi dan persepsi hehehehe makanya gak nemu2…dulu persepsi ane masuk jadi HRD itu harus orang lulusan psikologi..tapi itu ternyata SALAH BESAR !!!! malah rata2 yang jadi manajer HRD itu bukan seorang psikolog !!!!!

Prestasi ane disini adalah ane pernah dapet nasabah deposito dimana dia naro duit ke ane kalo diitung diatas 5 milyar dan nasabah ini ane cari sendiri gan   ..dulu ane kalo canvassing (jualan) itu triknya gini gan hehehe…ane dateng ke salah satu gedung misalnya gedung A, nah di lobby gedung itu kan biasanya ada deretan papan nama yang nyewa disana tuh…kemudian ane gugling deh siapa owner atau key person disana setelah itu make a call kesana,,sukur2 bisa ngomong sama yang dimaksud, bikin appointment by phone lalu kunjungan deh hehehehehe….dulu trik kaya gini masih mempan, ga tau deh sekarang hehehehehe…..dengan trik ini ane banyak dapet customer kakap,, kalo yang receh ane punya cerita tersendiri

Ane kalo pagi itu jualan ke kantor2 gedongan di kuningan or sudirman gan, tapi kalo malam setelah jam kerja ane biasa nongkrong di terminal atau pasar,,disana ane ngejaring pedagang2 kaki lima sampe preman gan ahahaha suerrr!!!!!! Itu makanya ane menang juga di kontes nasional produk TABUNGANKU programnya pemerintah…jadi bagi ane kalo jadi marketing kita harus bisa hidup di dua alam gan  jangan pernah milih2 customer walaupun cara kita memperlakukan mereka pastinya ada perbedaan  misalnya ? kalo ngomong sama customer kelas kakap ya omongan kita harus ngawang2 atau tingkat dewa seperti strategi company dll, tapi kalo sama customer yang biasa, mereka umumnya lebih suka kehidupan sehari2 (itu sih pengalaman ane ya, bisa berbeda bagi orang lain).


Kalo di posisi ini agan akan sering koordinasi dengan :
1. Customer Service (karena itu dibawah koordinasi agan)
2. Teller (terkait dengan transaksi Keuangan)
3. Legal (terkait pinjaman)
4. Penilaian Pinjaman (terkait pinjaman)
5. Kepala Cabang dan Wilayah (terkait pencapaian target agan)

Diubah oleh agasthya168 15-12-2017 02:46
bayi.kafir
bayi.kafir memberi reputasi
1
24.9K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.