Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cedric23Avatar border
TS
cedric23
Anies yang Datangi Lokasi Genangan Satu per Satu...
Anies yang Datangi Lokasi Genangan Satu per Satu...

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras mengguyur Jakarta pada Senin (11/12/2017) siang. Sejumlah ruas jalan tergenang, sehingga mengganggu aktivitas masyarakat.

Sejak hari itu hingga Kamis (14/12/2017), Anies menyempatkan diri mendatangi satu per satu titik genangan.

Kamis kemarin, Anies menyambangi Jalan DI Panjaitan dan menemukan penyebab genangan di sana. Penyebabnya karena ada penyempitan saluran air dari 3 meter menjadi 1,5 meter. Penyempitan saluran air karena ada proyek pengerjaan Tol Becakayu oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga.

"Lalu, di antara jalan dan saluran air tanahnya tinggi, sehingga (genangan) air yang di jalan tidak bisa masuk ke saluran," kata Anies, Kamis (14/12/2017).

Anies meminta pengelola membuat saluran air sementara. Dengan demikian, air tidak perlu lagi terhalang tumpukan tanah. Saluran air yang menyempit pun harus diperlebar lagi.

Baca juga: Anies: Masya Allah, Ini Genangan dari Mana?

Anies paham Tol Becakayu dibangun untuk kepentingan masyarakat. Namun, proses pembangunannya tidak boleh merugikan warga sekitar.

Berikut rangkuman tinjauan Anies ke lokasi genangan dan banjir di Jakarta:

Underpass Dukuh Atas. Mengetahui banyaknya genangan yang terjadi setelah hujan deras pada Senin lalu, Anies langsung meninjau lapangan. Sasaran pertamanya adalah rumah pompa Dukuh Atas. Saat itu, underpass Dukuh Atas terendam banjir yang mengakibatkan arus lalu lintas terputus.

Anies yang Datangi Lokasi Genangan Satu per Satu...

Ternyata penyebabnya adalah pompa yang rusak. Anies menyebut hal ini sebagai sebuah keteledoran.

Baca juga: Kegeraman Anies Lihat Keteledoran di Underpass Dukuh Atas...

Tanggul jebol Jatipadang. Tak berhenti sampai di situ, tanpa diketahui wartawan, Anies meninjau tanggul jebol di Jatipadang pada Senin malam.

Di sana, Anies menerobos banjir dengan ketinggian satu meter. Anies juga menyambangi warga yang diungsikan ke Mushala Sabili.

Merayu warga Jatipadang. Anies kembali menyambangi Jatipadang pada Rabu (13/12/2017). Di sana, Anies memeriksa perbaikan tanggul yang jebol. Selain itu, Anies juga memeriksa kondisi Kali Pulo yang menyempit karena bangunan rumah warga.

Anies yang Datangi Lokasi Genangan Satu per Satu...

Masalah kabel yang mengganggu saluran air sudah ada sejak dulu. Anies heran masalah ini belum selesai bertahun-tahun. Dia akan memanggil pemilik kabel dan meminta kabel digeser.

"Menurut mereka (Dinas Sumber Daya Air) sudah 3 tahun. Saya juga akan panggil apa sih kendalanya? Kok bertahun-tahun tidak selesai? Cuma kabel ini," ujar Anies.

Belanja masalah. Anies mengatakan, apa yang dilakukan beberapa hari ini sekaligus untuk mengidentifikasi masalah yang bisa berulang. Dia tidak ingin masalah ini terulang kembali.

Dia ingin proyek-proyek yang dikerjakan di Jakarta tidak membuat timbunan tanah yang membuat air terhambat.

"Air kan enggak bisa mendaki. Air kan hanya bisa mengalir ke bawah. Jadi kalau membangun proyek kemudian saluran airnya tertutup tumpukan tanah seperti yang tadi pagi, ya air terhambat enggak bisa jalan," kata Anies.

Para pengelola proyek akan dipanggil. Bukan untuk mencari siapa yang salah melainkan untuk memastikan aliran air bebas hambatan.

Anies sudah menemukan penyebab-penyebab genangan di sejumlah wilayah Jakarta kemarin. Kini, warga Jakarta menunggu solusi dari permasalahan-permasalahan yang dia temukan itu.

Anies yang Datangi Lokasi Genangan Satu per Satu...

http://megapolitan.kompas.com/read/2017/12/15/06285441/anies-yang-datangi-lokasi-genangan-satu-per-satu

Harus diteliti ini
Diubah oleh cedric23 15-12-2017 00:34
d3m0litionlov3r
d3m0litionlov3r memberi reputasi
1
2.7K
33
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.