komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
5 Rekomendasi Kafe Buku di Jakarta dan Sekitarnya
Perpustakaan adalah tempat yang penuh dengan ilmu. Meskipun seringkali diidentikkan sebagai tempat yang kaku, tapi ternyata perpustakaan tidak melulu harus kaku.

Tidak percaya? Saat ini sudah berkembang kafe dengan konsep kafe buku yang menggabungkan antara kafe dan juga perpustakaan. Konsepnya pun dibuat senyaman mungkin sehingga tentu saja akan semakin membuatmu yang doyan baca menjadi merasa nyaman.

Kafe buku ini terletak di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nah, bagi kamu yang penasaran dan ingin menikmati suasana membaca yang terasa berbeda, kamu dapat memasukkan tempat-tempat ini ke dalam daftar referensimu.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam rekomendasi kafe buku di Jakarta dan sekitarnya untuk kamu yang doyan baca. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.


1. The Reading Room

Tampak Depan The Reading Room via Manual

Untuk mengawali referensi kafe buku pertamamu di Jakarta, kamu dapat memulainya dengan The Reading Room. Lokasi tepat dari The Reading Room adalah di Jalan Kemang Timur No.57, Jakarta Selatan.

The Reading Room sendiri buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga pukul 00.00. Bagi kamu yang sangat menyukai buku, The Reading Room memang adalah salah satu tempat yang sesuai.

Di The Reading Room ini kamu dapat melihat berbagai rak buku yang dipenuhi dengan buku-buku berbagai jenis. Buku-buku di sini juga dapat dibaca di tempat asalkan kamu membawa identitas.

Jika kamu berminat melihat koleksi pribadi Richard Oh, pemilik The Reading Room, kamu dapat melihatnya di lantai dua. Sementara itu, salah satu spot terbaik untuk membaca buku di tempat ini adalah di lantai dua dekat dengan jendela. Ya, jendela tersebut adalah jendela besar yang akan memperlihatkan kesibukan di area Kemang.

Di tempat ini juga terdapat kafe yang menyajikan makanan-makanan lezat. Selain itu, kegiatan di kafe ini menjadi semakin hidup karena adanya berbagai kegiatan literasi. Banyak klub buku sering mengadakan pertemuan di tempat ini.

Banyak juga yang memanfaatkan tempat ini untuk bermain music atau membaca puisi. Nah, di sana juga terdapat mini theatre yang biasa digunakan untuk screening film-film festival. Banyak pula orang yang datang untuk sekedar menonton film bersama teman-teman. Adapun kapasitas untuk mini theatre adalah sekitar 20 orang.

Tempat ini juga biasanya didatangi oleh para sutradara dan penulis terkenal. Sebut saja Joko Anwar, Eka Kurniawan, Ayu Utami, Ratih Kumala dan masih banyak lainnya. Hal inilah yang menyebabkan The Reading Book jarang sekali sepi.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan kenyamanan dan suasana yang kondusif, kamu dapat mendatangi tempat ini di waktu hari kerja. Di tempat ini tersedia koneksi internet secara gratis. Selain itu, terdapat pula colokan yang akan semakin mendukung baterai laptopmu.

Kafe di tempat ini juga menyediakan berbagai makanan serta minuman dari jenis yang ringan hingga berat. Menurut Zomato, range rata-rata untuk makanan dan minuman di tempat ini adalah sekitar Rp 160.000,00 untuk dua orang.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang tersedia di The Reading Room adalah makaroni panggang, spaghetti aglio olio, ice chocolate, lychee ice, sunrise.


2. Bookshelf Cinere

Interior Bookshelf via Food Et Cetera

Nah, selanjutnya inilah dia rekomendasi kafe buku yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Kafe buku ini adalah Bookshelf yang terletak di Jakarta melipir ke Depok, atau tepatnya di Jl. Cinere Raya No.43, Cinere, Kota Depok.

Konsep yang diusung oleh Bookshelf adalah sebuah outlet dengan konsep bookstore, perpustakaan, mini theatre, tempat music dan juga kafe. Di lantai satu, kamu dapat membeli buku-buku yang tersedia. Sementara di lantai dua, kamu dapat menikmati koleksi buku Bookshelf sambil menikmati sajian yang ditawarkan oleh Bookshelf café.

Buku-buku yang tersedia di sini terdiri dari berbagai jenis seperti fiksi, non fiksi, politik hingga agama.

Jika kamu berniat untuk menonton film di Bookshelf, kamu juga dapat mengecek terlebih dahulu jadwal film yang diputar di Bookshelf. Hal ini karena Bookshelf tidak memutar film seperti di 21 atau XXI.

Film-film yang diputar di Bookshelf sendiri tergolong berbeda karena Bookshelf hanya memutarkan film yang diadaptasi dari buku. Beberapa contoh film yang diputarkan di Bookshelf antara lain adalah The Hunger Games, Twilight, Harry Potter dan masih banyak lainnya.

Biasanya, kamu diharuskan untuk membooking terlebih dahulu selama satu hari sebelumnya. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menonton film di Bookshelf adalah sekitar Rp 55.000,00 (tahun 2012) untuk dua orang dan biaya tersebut sudah termasuk dengan minuman dari Bookshelf. Kamu juga bisa membeli tiket untuk 3-4 orang. Menyenangkan sekali, bukan?

Makanan yang disediakan oleh kafe Bookshelf ini berkisar dari Rp 20.000,00 hingga Rp 30.000,00. Sementara untuk minuman, berkisar antara Rp 7.000,00 hingga Rp 25.000,00. Menunya pun sangat beragam dari mulai appetizer, main course, hingga desert.

Di tempat ini banyak tersedia menu western, namun tersedia juga menu lokal seperti nasi goreng. Sementara itu, salah satu pilihan menu lainnya yang sangat direkomendasikan adalah strawberry cheesecake. Ya, untuk melengkapi referensi kafe bukumu selama berada di Jakarta, kamu dapat mencoba untuk menyambangi Bookshelf yang satu ini.


3. Comic Café

Comic Café via Qraved

Selanjutnya, inilah dia salah satu referensi kafe buku di Jakarta yang tentunya dapat dijadikan sebagai pilihanmu. Kafe buku ini adalah Comic Café. Lokasi tepat dari kafe ini adalah di Jalan Tebet Raya No.53D, Tebet.

Kafe ini adalah sebuah kafe dengan konsep utama bernuansa komik. Salah satu kelebihan lain dari kafe ini adalah ruangannya yang juga cukup luas. Hal ini tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi kafe ini.

Di tempat ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu ruangan dengan tipe smoking room untuk area merokok di bagian luar serta ruangan dengan tipe AC di bagian dalam. Karena mengusung tema komik, tidak heran bahwa sebagian besar dari koleksi yang tersedia di Comic Café ini adalah komik.

Ketika memasuki ruangan di Comic Café ini, kamu sudah dapat melihat dindingnya yang dicat dengan gambar-gambar komik. Hal ini membuat nuansa komik menjadi sangat terasa ketika kamu memasuki tempat ini.

Beberapa contoh pilihan makanan dan minuman yang tersedia di kafe ini adalah lemon squash, sandwich corned plus potato, dan brownies and ice cream.

Lemon squash terasa sangat direkomendasikan karena rasanya sangat segar dan cocok diminum saat cuaca sedang panas. Sementara itu, sandwich corned plus potato berisi empat potong roti dengan kornet yang tebal serta kentang goreng garing.

Brownies and ice cream sendiri berisi brownies cokelat dengan es krim vanilla. Untuk masalah biaya, harganya sendiri cenderung terjangkau dan sesuai untuk kantong anak kos.

Tempat ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas free wifi. Selain itu, tersedia juga fasilitas live music setiap hari Jumat malam. Terdapat juga function room yang dilengkapi dengan infocus, screen dan juga sound system.

Nah, untuk melengkapi referensi kafe bukumu di Jakarta, jangan lupa untuk memasukkan Comic Café ke dalam referensimu.


4. Perpustakaan Freedom

Freedom via Jakarta Post

Inilah dia referensi kafe buku selanjutnya yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Tempat ini adalah Perpustakaan Freedom yang terletak di Jl. Proklamasi No.41, Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang dapat mendorong para pengunjung untuk dapat membaca. Nah, hal inilah yang dimiliki oleh Freedom. Ketika memasuki tempat ini, kamu sudah dapat mendapatkan nuansa yang kondusif sehingga akan semakin menambah kenyamananmu dalam membaca.

Suasana ruangan yang tercipta di Freedom sendiri tergolong hangat. Selain itu, ditambah pula dengan pencahayaan yang tercipta secara alami dan juga buatan.

Tempat duduk yang tersedia di Freedom juga sangat memanjakan pembaca sehingga para pembaca dapat merasa nyaman ketika berada di tempat ini. Penataan buku yang tersedia juga sangat jelas. Koleksi buku-buku yang disajikan di tempat ini juga tergolong sangat bermutu sehingga hal ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi Perpustakaan Freedom ini.

Nilai positif lainnya yang dimiliki oleh perpustakaan Freedom ini adalah tersedianya fasilitas wifi gratis. Dengan demikian kamu dapat menikmati fasilitas wifi ini selama kamu berada di Perpustakaan Freedom yang satu ini.

Perpustakaan yang memiliki nama lain Perpustakaan Freedom Institute ini juga merupakan perpustakaan umum sehingga siapa saja dapat masuk dan mengunjungi perpustakaan yang satu ini.

Koleksi buku yang tersedia di tempat ini juga sangat baik. Banyak buku berbahasa Inggris dan sudah tergolong langka di pasaran dapat ditemukan di Perpustakaan Freedom ini. Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri, bukan, terutama ketika kamu sedang mencari buku berbahasa Inggris yang agak sulit dicari.

Pada April 2008, koleksi buku mereka sudah mencapai 11.401 eksemplar menurut situs resmi mereka di www.freedom-institute.org. Genre buku yang tersedia di tempat ini pun bermacam-macam, seperti filsafat, agama, sosiologi, politik, ekonomi, studi demokrasi dan masih banyak lainnya.

Koleksi tersebut belum termasuk jurnal dan publikasi ilmiah yang juga tentunya merupakan bagian dari koleksi Perpustakaan Freedom ini.

Namun, buku-buku yang tersedia di sini tidak boleh dipinjam. Mungkin hal ini karena terdapat banyak buku yang memang sudah tergolong langka. Namun, di tempat ini juga tersedia fasilitas fotokopi sehingga kamu dapat memfotokopi bagian buku yang kamu inginkan.

Interior di Perpustakaan Freedom ini juga tergolong tertata dengan sangat rapi. Kamu akan melihat banyak rak kayu yang menjadi rak dominan utama dari perpustakaan yang satu ini.

Di tempat ini juga terdapat bangku-bangku yang dapat kamu gunakan sebagai tempat untuk berdiskusi.

Salah satu sisi di Perpustakaan Freedom juga memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga merupakan salah satu spot terbaik untuk foto. Di sebuah dinding dengan dominasi ornament kayu, kamu dapat melihat foto berbagai presiden yang pernah menjabat serta sebuah quotes di bagian atasnya berbunyi: “To rule is easy, to govern is difficult.”

Di tempat ini juga terdapat Kafe Proklamasi yang tentunya menyediakan berbagai makanan dan minuman yang dapat menemanimu dalam menikmati bacaan koleksi buku di Perpustakaan Freedom.


5. Zoe Café and Library

Zoe Café and Library via Panduan Wisata

Berikutnya, inilah dia kafe buku yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Terletak di Jakarta melipir ke Depok, kafe buku yang satu ini dapat kamu jadikan sebagai pilihan menghabiskan waktu luang.

Lokasi tepat dari kafe buku ini adalah di Jl. Margonda Raya No.27, Pd. Cina, Beji, Kota Depok. Kafe buku ini adalah salah satu kafe yang direkomendasikan.

Koleksi buku yang tersedia di kafe Zoe sendiri cukup banyak dan lengkap. Beberapa jenis buku yang tersedia di kafe ini adalah buku bergenre buku sejarah hingga komik jepang.

Zoe sendiri adalah singkatan dari Zona of Edutainment. Nah, ketika berada di tempat ini, kamu dapat menyaksikan banyak koleksi buku yang bahkan sudah tidak beredar lagi di pasaran.

Nah, setelah mendaftar sebagai anggota, kamu dapat membaca buku tanpa batasan waktu. Menyenangkan sekali, bukan?

Bagi kamu yang tidak begitu ingin membaca buku, kamu dapat menikmati suasana sejuk yang ditawarkan oleh kafe di Zoe ini. Selain itu, kamu juga dapat menikmati fasilitas live music yang ditawarkan oleh kafe ini. Selain itu, di sekitar tempat ini juga terdapat banyak pepohonan yang membuat suasana menjadi semakin terasa nyaman.

Salah satu nilai positif lain yang ditawarkan oleh Zoe adalah fasilitas free wifi. Ya, fasilitas free wifi ini dapat kamu nikmati dimanapun kamu berada di kafe ini. Dengan demikian, kamu dapat terus mengakses internet dengan koneksi yang kencang dan tidak pernah putus.

Beberapa pilihan menu yang tersedia di kafe Zoe ini adalah fried fish dory dengan saus teriyaki, zuppa soup dan masih banyak lainnya. Fried fish dory dengan saus teriyaki sangat direkomendasikan karena rasanya sangat nikmat dan gurih.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menikmati sop buntut bakar. Ya, sop buntut bakar yang tersedia di kafe buku ini tergolong nikmat sehingga banyak reviewer yang merekomendasikannya.

Range harga makanan dan minuman yang ditawarkan di kafe ini memang cenderung agak di atas sedikit daripada harga mahasiswa. Namun, hal ini tentu sebanding dengan kenyamanan yang kamu dapatkan ketika berada di kafe buku ini.

Range harga yang dipatok untuk makanan dan minumannya sendiri berkisar antara Rp 10.000,00 hingga Rp 52.000,00.

Suasana yang diciptakan juga sangat menyenangkan karena kondusif. Dengan demikian, baik ingin membaca buku maupun menikmati makanan, semuanya terasa sangat nikmat ketika kamu berada di Zoe ini.



Nah, itulah dia pembahasan mengenai rekomendasi kafe buku di Jakarta dan sekitarnya untuk kamu yang doyan baca. Terkadang, kamu tentunya ingin mendapatkan suasana baru dalam membaca, dan tentunya berbagai rekomendasi kafe buku tadi dapat menambah referensimu dalam mencari kafe buku bukan?

Dengan adanya kafe buku ini dapat membuat suasana membaca tidak lagi terasa kaku. Kafe buku dikonsepkan sedemikian rupa agar dapat menjadi perpustakaan serta kafe yang nyaman serta kondusif. Hal ini tidak lain agar siapapun dapat membaca dengan nyaman ketika berada di kafe buku tersebut.

Happy reading!

SUMBER
zharki
zharki memberi reputasi
1
14.6K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.