Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gigi kamu berbehel? Lakukan 5 cara perawatan ini, supaya gigi tetap nyaman dimanapun

avengelinaAvatar border
TS
avengelina
Gigi kamu berbehel? Lakukan 5 cara perawatan ini, supaya gigi tetap nyaman dimanapun
Gigi kamu berbehel? Lakukan 5 cara perawatan ini, supaya gigi tetap nyaman kapanpun, dimanapun.

Behel atau kawat gigi sekarang ini lagi banyak digandrungi oleh kaum muda. Sebenarnya tujuan dari pemasangan behel ini adalah untuk mengubah susunan gigi yang ngga rapi. Sebagian orang ngerasa ngga nyaman sama bentuk gigi yang ngga rapi kalau lagi ngomong atau tersenyum.

Tapi sekarang tujuan pemasangan behel lebih karena pengen ngikutin trend dan sekedar untuk bergaya dan mempercantik penampilan. Kadang seseorang bakal lebih pede kalau dia pasang kawat gigi. Tapi mending kalau pasang behel ke dokter yang emang udah terpercaya, harganya emang ngga murah sih, tapi sebanding lah apa yang kita dapet.

Nah, yang udah pasang behel juga harus tetep diperhatiin perawatannya. Mulai dari ganti karetnya sampe kebersihan giginya. Di bawah ini ada beberapa tips cara merawat gigi yang berbehel dengan baik.
1. Sikat Gigi
Spoiler for :

Seperti gigi normal lainnya, gigi berbehel juga harus dibersihkan dengan cara disikat. Sikatlah gigi 2 kali sehari, setelah makan pagi dan malam sebelum tidur. Sikatlah gigi paling ngga 1 jam sehabis makan. Untuk hasil lebih baik pake sikat gigi khusus yang diperuntukkan menyikat gigi behel. Sikat gigi ini bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus. Sikat gigi khusus gigi behel biasanya tersedia di dokter gigi dan bahkan sekarang udah tersedia di supermarket.

2. Hindari Makanan Keras
Spoiler for :

jauhkan mengkonsumsi makanan keras atau seengganya jangan gigit atau memotong langsung pake gigi. Karena bisa mengganggu proses penggeseran gigi dan dapat membuat bracket behel lepas. kalau emang ada makan makanan keras kaya apel dan daging ayam mendingan di potong-potong kecil dulu.

3. Hindari Makanan Yang Lengket
Spoiler for :

Selain makanan keras, jauhin juga deh makanan lengket kayak dodol, coklat, popcorn karamel, permen kenyal, atau permen karet. Karena gampang nyangkut di sela-sela gigi dan behel, sisa makanannya yang nempel digigi akan menimbulkan plak sehingga berisiko terkena gigi keropos. Plak yang udah jadi karang, apalagi nempel dibracket gigi akan membuat bracketnya lepas dari gigi.

4. Banyak-banyak Komsumsi Vitamin C
Spoiler for :

Orang yang pakai behel cendrung akan mengalami sariawan, akibat gesekan dari behel dengan dinding dalam mulut. Kawat yang ada di ujung dalam mulut juga kadang bisa nusuk dinding mulut akibat adanya pergeseran gigi sehingga ujung kawat jadi tambah panjang, hal begini bisa menyebabkan sariawan atau luka dalam mulut. Mangkanya harus banyak-banyak komsumsi vitamin C atau sedia obat sariawan. kalau ngga mau ujung kawat melukai dinding mulut sebaiknya siapkan wax ortho, yang berupa lilin guna menutupi bagian behel yang tajam.

5. Pasta Gigi Sensitif
Spoiler for :

Untuk pasta gigi, ortodontis atau dokter gigi biasanya akan merekomendasikan pasta gigi yang digunakan untuk gigi sensitif. Pergerakan gigi kita bakal mengakibatkan gigi dan gusi jadi sensitif dan cepat ngilu. Pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif bisa membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi dan mencegah sariawan pada gusi. Makanya, selalu sediain pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Kalau ane pakainya pasta gigi Enzim Orthodontic, Pasta gigi Enzim Orthodontic ini tanpa detergen dan bisa membantu mengatasi keluhan-keluhan yang timbul pada kawat gigi. Pasta gigi Enzim bebas detergen ini bisa cepet nyembuhin luka akibat kawat giginya, bisa membersihkan plak tanpa merusak email, Kandungan enzim-enzim nabati di dalam pasta gigi Enzim orthodontic ini juga bisa memperbaiki kualitas air ludah, jadi fungsi kontrol terhadap pertumbuhan mikroorganisme di dalam rongga mulut akan ditingkatkan. makanya, secara alamiah rongga mulut akan terlindungi. Kandungan colostrum yang tinggi akan melembabkan mulut sehingga melindungi mukosa mulut dari iritasi akibat gesekan dengan behel. Luka akibat sariawan maupun iritasi lebih cepat sembuh karena ada kandungan allantoin yang mempercepat penyembuhan luka.

6. Pakai Juga Obat Kumur
Spoiler for :

Sehabis sikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi, kita juga harus kumur-kumur pake obat kumur untuk kebersihan seluruh mulut. Obat kumur ini akan menjangkau sela-sela gigi yang ngga bisa dijangkau sama sikat gigi atau dental floss sekaligus untuk membunuh bakteri.

Obat kumur yang ane pakai sudah pasti Enzim Mouthwash, sepaket perawatannya dengan pasta gigi Enzim Orthodontic. Enzim Mouthwash tanpa alcohol dan tanpa antiseptic sehingga tidak membuat mulut jadi kering. Kandungan enzim-enzimnya akan memperbaiki kualitas air ludah sehingga kesehatan mulut tetap terjaga.

7. Kontrol Gigi
Spoiler for :

Kalau habis pasang behel penting banget kontrol ke dokter gigi atau ortodontis . Biasanya pada pengontrolan gigi, dokter bakal ganti karet behel pasien. Kontrol behel gigi ini supaya kita tau udah seberapa jauh tahapan penggeseran gigi yang diharapkan. Kontrol gigi harus secara teratur, biasanya setiap 4-6 minggu sekali. Ikutin dan laksanakan instruksi dan saran dokternya supaya pengalaman mengenakan behel kita sukses, nyaman, dan bebas dari gangguan.

Itulah perawatan yang harus dilakukan kalau udah pasang behel atau kawat gigi. Kalian yang pakai behel punya tips apa aja nih buat perawatan giginya? Cerita dong disini.
0
8.6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.