Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

omdikenyotomAvatar border
TS
omdikenyotom
peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
politik dan agama,sebenarnya merupakan dua ranah yg berbeda namun seringkali yg sering terjadi adalah politikus seringkali memanipulasi agama demi ego nya,berikut peristiwa peristiwa dimana politik mengubah agama :



kelahiran agama kristen anglikan(gereja inggris)-1533 CE

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
raja henry viii dan anne boleyn

Tahun 1525, Henry VIII di inggris jatuh cinta kepada Anne Boleyn , masalahnya henry VIII sdh beristri,yaitu Catarina dari aragon,yang tidak dapat menghasilkan seorang putra, namun hny anak perempuan,yaitu mary I.

aturan gereja katolik melarang perceraian selama dua pasangan masih hidup.namun Henry VIII berkeras mengajukan pembatalkan pernikahan mereka kepada paus clement VII,yg berujung pada penolakan.

peristiwa ini semakin meruncing sehingga menyebabkan perpecahan Inggris dari Gereja Katolik. Henry VIII akhirnya menetapkan gereja inggris terpisah dari gereja katolik,dengan ia sendiri sebagai pemimpin tertinggi,bukan paus.

Pada tahun 1533 pernikahan mereka dinyatakan tidak sah dan Henry menikahi Anne di depan seorang pendeta di Inggris, tanpa mengacu kepada Paus. Catarina menolak untuk menerima Henry sebagai Kepala Supremasi Gereja Inggris dan menganggap dirinya tetap istri raja dan ratu yang sah, yang banyak menarik simpati rakyat.Meskipun demikian, ia hanya diakui sebagai janda Pangeran Wales oleh Henry.

Catarina kemudian diusir dari istana, ia menghabiskan sisa hidupnya di Kastil Kimbolton dan meninggal disana pada tanggal 7 Januari 1536.

gereja anglikan sendiri begitu mirip dengan gereja katolik,hanya saja dalam anglikan diperbolehkan bercerai dan menikah lagi.




pemilihan khilafah pertama-632 CE

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
hand of fatima,salah satu simbol syiah

Pemilihan khilafah pertama menjadi alasan ketidakpuasan sekte syiah kepada islam suni,syiah berpendapat bahwa ali bin thalib lah yg seharusnya menjadi khilafah pertama sesuai wasiat nabi muhammad yg diucapkan di ghadir khum(disebut hadist ghadir khum)

hal ini diperparah dengan konflik internal muslim sendiri saat itu seperti perang unta yg melibatkan ali dan aisyah,jg terbunuhnya ali bin thalib ,dan peristiwa(tragedi) karbala.

selain menjadi akar keimanan syiah, konflik konflik diseputaran waktu ini jg melahirkan golongan khawarij menjadi awal lahirnya berbagai sekte dan golongan islam sendiri.




pemberontakan raja hezekiah-700 BCE

raja hezkiah adalah raja kerajaan judea selatan,ia terkenal akan kisah pemberontakanya melawan kerajaan asyur(asyria) di alkitab perjanjian lama(torah) pada kitab raja-raja 19:35-37.

pada saat itu kerajaan judea selatan bersama kerajan kerajaan di kanaan lainnya merupakan vassal state dari raja sennacherib, kerajaan asyria dimana mereka harus rutin memberikan upeti kepada kerajaan asyria.raja hezekiah kemudian membangkang,menolak membayar upeti dan menghapus segala hal yg berbau asyria kepada wilayah kerajaannya

seperti romawi yg berhenti menyembah dewa mithras(dewa bawaan dr persia) ketika berkonflik dengan persia,begitu jg dengan yahudi rakyat judea selatan ketika rajanya memutuskan memberontak terhadap asyria,menghapus dewi asherah/ishtar yg berasal dari asyiria. temuan arkeologi membuktikan bahwa asherah sebelum itu disembah secara umum oleh rakyat yahudi,bahkan statusnya sangatlah tinggi,yaitu sebagai istri dari Tuhan/YHWH

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
temuan yg menunjukkan yhwh bersama asherah

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
tulisan diatas cetakan tangan tersebut berbunyi : "aku memberkatimu atas nama YHWH dan ASHERAH-NYA"

pemusnahan dan pelarangan penyembahan terhadap asherah menandai dimulainya era monotheis bagi rakyat yahudi(yg secara lgsg jg menentukan konsep ketuhanan agama samawi)secara berangsur angur dari 700 BCE-1 CE.

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
ditemukannya alat cetak massal patung/deity asherah mengindikasikan bahwa patung asherah diproduksi scr massal dan mngkn tersedia utk setiap rumah rakyat yahudi saat itu

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
patung yg diduga asherah(dewi kesuburan,dewi surga) sangat sering ditemukan di tanah israel sampai saat ini

hasil perperangan judeal selatan-asyria sendiri tidaklah jelas dan menimbulkan perdebatan sampai skrg,dimana alkitab PL/torah menulis malaikat tuhan turun dr langit menghabisi 185.000 pasukan asyria yg mengepung kerajaan hezekiah,namun prasasti lot batu asyria(sennacherib prism) dan lukisan ditembok tembok reruntuhan istana asyria justru mencatat sebaliknya,asyria menang secara gemilang mendapatkan byk budak,harta,pemusik istana,dan anak perempuan hezekiah sebagai hukuman.

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
versi kitab suci : malaikat turun dr langit menghabisi 185.000 prajurit asyria dalam satu malam

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
sennacherib prism/annals(versi asyria),skrg tersimpan di museum israel

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
versi asyria : kerajaan asyria menang secara gemilang



revolusi prancis,1789-1799

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya

revolusi prancis bukan hanya menggulingkan sang kaisar,tapi juga perubahan drastis tatanan sosial dan runtuhnya kekuasaan absolut gereja

sampai abad ke-19,gereja dipandang sangat tinggi,bahkan menempati kekuasaan plg tinggi,bukan hny berkuasa,namun jg gereja sangat kaya raya hasil dari sumbangan umat.Namun revolusi prancis mengubah segalanya,monarki runtuh,kekuasaan gereja pun lenyap seketika karena prancis memutuskan memutus hubungan dengan gereja katolik.kekuasaan gereja dan monarki digantikan sekularitas,pemisahan negara-gereja dan semboyan Liberté, fraternité, égalité, ou la mort yg berarti kebebasan,persaudaraan,dan persamaan.

peristiwa politik yg mengubah wajah agama selamanya
Liberté, fraternité, égalité, ou la mort

ide revolusi prancis menular keseluruh negara eropa,dan meskipun napoleon kalah,tapi semangat prancis pada akhirnya menang,rakyat menuntut hak yg lbh besar..sehingga berangsur angsur wajah eropa menjadi seperti skrg.


Diubah oleh omdikenyotom 13-12-2017 13:24
0
5.7K
43
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.