Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sivaruck4Avatar border
TS
sivaruck4
Antisipasi Banjir Kiriman, Lima Pintu Air Dibuka di Manggarai

Kontributor Jakarta, David Oliver Purba
Kompas.com - 13/12/2017, 11:55 WIB
http://megapolitan.kompas.com/read/2...a-di-manggarai

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima pintu air di Manggarai dibuka. Operator pintu air Manggarai Jamal mengatakan, pintu air dibuka sejak sejak tingginya intensitas hujan di Jakarta. Jamal menjelaskan, pembukaan ini untuk memecah debit air ke sejumlah aliran.

"Lima pintu air sudah dibuka. Kami selalu koordinasi dengan operator di Bendung Katulampa dan di Depok. Ini kan memang Manggarai penting sekali, karena mengatur aliran ke pusat-pusat (kota) dan aliran pertama di Jakarta yang dapat kiriman dari Katulampa dan Depok," ujar Jamal saat ditemui Kompas.com di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).

Tiga pintu air dibuka dan dialirkan ke Kanal Banjir Barat, satu pintu ke Kali Surabaya, dan pintu lainnya ke aliran Ciliwung Kota.

Antisipasi dilakukan, mengingat aliran yang mengalir ke pintu air Manggarai merupakan aliran pertama yang dilewati air kiriman dari Bendung Katulampa dan Depok.

Baca juga: Cari Solusi Banjir Jakarta, Gubernur Anies Akan Panggil Pakar
Advertisment

Lima pintu di Pintu Air Manggarai di buka untuk mengantisipasi besarnya air kiriman yang datang dari Bendung Katulampa dan Depok, Rabu (13/12/2017).
Lima pintu di Pintu Air Manggarai di buka untuk mengantisipasi besarnya air kiriman yang datang dari Bendung Katulampa dan Depok, Rabu (13/12/2017).(Kompas.com/David Oliver Purba)
Tiap harinya, tujuh petugas disiagakan untuk mengawasi ketinggian air. Jika ketinggian air masih siaga 4 atau dalam kategori normal, maka pengawasan dilakukan setiap jam.

Namun, ketika status ditingkatkan menjadi siaga 3, maka pengawasan dilakukan setiap lima menit sekali.

Baca juga: Mesin Pompa Air Kembali Berfungsi, Kolong Dukuh Atas Tak Lagi Banjir

"Setiap pengawasan kami laporkan ke commanditer Sumber Daya Air. Waku pengawasan tergantung dari tingginya air," ujar Jamal.

Intensitas hujan yang tinggi pekan ini membuat sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir. Jakarta Selatan terpantau paling banyak genangan. Antara lain di depan Mal Blok M, Rasuna Said, dan Jalan Gatot Subroto.
0
769
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.