c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Transmigrasi Solusi Atasi Banjir Jakarta




Kembali lagi dengan ane penggemar kopi yang memberikan inspirasi bukan ilusi pada kaskuser yang ada di forum ini.

Berhubung saat ini musim hujan dan banjir yuk kita bicarakan masalah itu, sebenarnya sudah banyak thread yang menyajikan tentang solusi membuat banjir tidak terjadi lagi.



Dari cara menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, sistem waduk, sistem lobang penyerapan air, hutan kota, hingga membangun resapan air yang baru, bahkan membuat banjir kanal pun sudah dilakukan namun apa hasilnya ??

"Nihil"

Banjir tetap saja datang dan tak perduli masyarakat menjadi susah karena hal ini, loh kok bisa ?? lalu bagaimana solusi pejabat negeri ini yang santun dan banyak di puji karena pidatonya yang memukau banyak khalayak ramai.



Mudah saja kawan jawaban sang pemimpin sangat realistis "Alam tak bisa kita lawan, karena sang Hujan adalah rejeki dari Tuhan", toh yang terpenting berusaha semaksimal mungkin hingga banjir tak terjadi lagi.

Bahkan sang pemimpin sudah berkoordinasi dengan bawahannya ini yang terpenting, karena sudah suratan takdir alam itu tak bisa kita lawan karena kita hanya manusia, yang terkadang sering merusak alam dengan beragam alasan namun yang umum terjadi karena pembangunan kota yang asal hantam, untuk berjalannya roda perekonomian menjadi megapolitan.



Berdasarkan berita di media massa surat sang pemimpin kota ini menandakan bahwa pemerintah daerah tak tinggal diam, namun sudah bekerja dengan struktur yang santun.

Berikut isi lengkap dari surat itu:

Kepada Yth. 11 Desember 2017 (pkl 15.00 wib)

1. Sekretaris Daerah

2. Para Wali kota dan Bupati Adm. Kepulauan Seribu

3. Para Kepala SKPD/UKPD Terkait

4. Seluruh jajaran Pemprov. DKI Jakarta

Melanjutkan arahan terkait Operasi Siaga lbu Kota dengan moto "Siap, Tanggap dan Galang", maka dengan terjadinya hujan angin siang ini maka saya instruksikan untuk:

1. Lakukan pemantauan 24 jam di wilayah masing-masing atas kondisi hujan dan potensi kejadian bencana

2. Lakukan tindakan yang diperlukan secara tanggap dan responsif

3. Laporkan pada kesempatan pertama

4. Selamat bertugas

Terima kasih


Anies Baswedan



Inilah bukti sang pemimpin bekerja, bila terjadi hal yang diluar kuasa manusia itu adalah fenomena alam yang memang tak bisa dilawan.

Namun ketika kita berfikir realistis dengan melihat situasi yang ada, nampaknya ada satu solusi gila yang belum dicoba.

Apakah itu ??



"Pindahkan Maayarakat Jakarta ke pelosok-pelosok daerah yang tanahnya masih belum tersentuh pembangunan dengan diberikan lahan gratis yang akan mereka kelola, toh kita ini negara agraris bercocok tanam dan berternak adalah bisnis dan pekerjaan yang sudah ada dari zaman Adam tiba"

Ini solusi yang pernah ada di pemerintahan Suharto walau tak berkaitan dengan banjir, namun untuk mengurangi padatnya penduduk sebuah kota agar tidak banjir yang perlu di pindahkan masyarakat yang rumahnya berada 20 meter dari sungai dan kali, serta gedung tinggi yang menyalahi aturan tinggal di robohkan saja, digantikan dengan hutan kota.

Ahhh nampaknya itu cuma mimpi, toh solusi itu akan membuat emosi masyarakat yang anti penggusuran..

Ya sudahlah kita sama-sama berdo'a saja agar bencana banjir segera reda itulah solusi bijak saat ini, tanpa harus menggusur...

Dimohon klik like, share spasi amin... Jangan lupa sambil ngopi ya gan...

emoticon-coffee


Penulis c4punk













Diubah oleh c4punk1950... 12-12-2017 07:57
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
15.2K
180
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.