Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ekosisimbahAvatar border
TS
ekosisimbah
Indahnya Keberagaman Indonesia
Hai gan hai sis. ketemu lagi sama ane, agan ekosisimbah.

Kali ini ane bakal nulis tentang salah satu sisi Indahnya negeri kita, Indonesia. Selain pariwisata dan alamnya yang indah, keberagaman suku, budaya, dan agama jugaa yang bikin negara kita jadi salah satu yang dikagumi banyak orang. Perbedaan bukanlah jadi halangan untuk kita semua bersatu dalam NKRI. Justru perbedaan dalam kebersamaan inilah yang membuatnya indah emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Tapi seberapa besar cinta agan sama negeri ini? Seberapa besar kontribusi agan di negeri ini? Untuk jawab itu semua, cuma agan sendiri yang tahu.

Balik lagi ke inti, disini ane bakal jelasin sedikit bagian dari Indonesia. Penasaran? Sabaarrr!! Sebelum memulai, kamu tahu gak agan sista tentang Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika? Jangan jangan ada yang lupa atau malah nggak tahu tentang ideologi & filosofi hidup berbangsa ini. Tapi ane yakin ente semua pasti tahu kok tentang Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Kalo sampe gatau emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh






PANCASILA


Indahnya Keberagaman Indonesia

Dari segi bahasa, Pancasila terdiri dari dua kata yaitu Panca yang artinya lima dan Sila yang artinya prinsip atau asas. Pancasila sendiri merupakan ideologi hidup berbangsa yang dicetuskan oleh bapak proklamator kita yaitu bapak Ir. Soekarno saat sidang BPUPKI. Pada awalnya, ideologi bangsa ini diajukan oleh tiga tokoh pahlawan kita yaitu Muhammad Yamin, Dr. Soepomo, dan Ir. Soekarno. Dan pada akhirnya ideologi Ir. Soekarno yang bisa diterima oleh anggota sidang pada saat itu dan ditetapkanlah Pancasila sebagai ideologi bangsa hingga saat ini.

Hayooooo ada yang tahu nggak tanggal berapa Hari lahirnya Pancasila? emoticon-Haiemoticon-Hai


BHINNEKA TUNGGAL IKA


Indahnya Keberagaman Indonesia


Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan kehidupan masyarakat Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti berbeda beda tetapi tetap satu. Dalam hal ini dimaksutkan meskipun kita berbeda suku, agama, maupun kebudayaan tapi kita tetap disatukan dalam satu kesatuan dalam negara Indonesia.






Tentang Indonesia..


1. BAHASA


Indahnya Keberagaman Indonesia


Dimulai dari bahasa. Ada yang tahu berapa persisnya bahasa daerah yang dimiliki oleh Indonesia? Meskipun bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Indonesia, tapi tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggunakan bahasa ibu atau bahasa daerahnya untuk berkomunikasi sehari hari. Koyo aku dewe iki contohe emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

menurut data dari ethnologue.com , Indonesia sendiri memiliki 719 bahasa, dimana 12 bahasa terancam punah karena jarang digunakan. Sayang sekali yaa kalo sampe ada bahasa daerah yang punah emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)





2. PULAU

Indahnya Keberagaman Indonesia

Naaahhh ada yang tahu berapa jumlah pulau yang ada di Indonesia? 1000? 2000? atau 15000?
menurut data dari wikipedia.com pada tahun 2004, Jumlah pulau di Indonesia berjumlah 17.504 pulau dengan rincian 7.870 pulau bernama dan 9.634 masih belum bernama.
Mungkin ada agan atau sista yang mau nyumbang namaa emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati





3. SUKU

Indahnya Keberagaman Indonesia

Suku di Indonesia sendiri bisa dibilang beragam. Dari Sabang sampai Merauke, Dari pulau Nias sampai Pulau Rote memiliki sukunya masing masing. menurut data dari BPS tahun 2010, di Indonesia sendiri ada 1.340 suku dan 300 kelompok etnik. Kalo ente, dari suku mana gan sis?






4. BUDAYA

Indahnya Keberagaman Indonesia


Budaya di Indonesia sendiri terbilang cukup banyak dan beragam. Mulai dari tari tarian, kesenian, sampai dengan rumah adat yang berbeda beda satu sama lain. Ane mau coba jabarin sedikit dibawah ini, karena kalo ane jabarin semua kebudayaan yang ada di Indonesia, nggak cukup kalo cuma satu thread. Soalnya buanyaaaakkk banggeeeeettttt!!

a) Tari
Di Indonesia sendiri masing masing daerah memiliki tariannya masing masing. Mulai dari Tari Seudati dan Tari Saman dari Aceh, lalu ada Tari Adun dan Tari Bidadari dari Bengkulu, lalu ada Tari Topeng di Jakarta, ada Tari Pendet dan Tari Kecak di Bali, Tari Perang dan Tari Nahar Ila dari Maluku Utara, sampai yang terkenal seperti Tari Jaipong dari Jawa Barat. Masih banyak lagi tari tarian yang belom ane sebutin gan soalnya banyak bingitzzzz..

b) Kesenian atau Upacara Adat
Kesenian di Indonesia juga beragam gan sis, ada Jathilan atau lebih dikenal dengan nama Kuda Lumping, lalu ada Kesenian Bambu Gila dari Maluku, lalu ada Kesenian Reog dari Ponorogo, Jawa Timur, lalu ada Ondel Ondel dari Jakarta, ada lagi Kesenian Balian dari suku Dayak, dan masih banyak lagi.

c) Rumah Adat
Rumah Adat di Indonesia juga beragam. Masing masing daerah memiliki ciri khas dan juga nama yang berbeda satu sama lain. Kalo di Aceh bernama Rumah Krong Bade, beda lagi dengan di Sumatera Barat dengan Rumah Gadang dengan ciri khas gentengnya yang runcing menjulang ke atas. Begitu juga dengan daerah Kalimanta Tengah dengan Rumah Adat Betang berbeda dengan Rumah Honai yang ada di Papua.





5. AGAMA

Indahnya Keberagaman Indonesia


Di Indonesia sendiri, saat ini agama yang sah ada 6. Yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.
Meskipun dalam beberapa bulan kemarin MK mengabulkan gugatan penghayat kepercayaan tentang kolom agama dalam KTP elektronik. Putusan ini membuat aliran kepercayaan kini diakui keberadaannya dalam administrasi kependudukan.
Jangan bahas agama dulu deh, soalnya akhir akhir ini negara kita rawan konflik kalo uda bahas yang satu ini emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Itu tadi beberapa gambaran kecil tentang Indonesia. Sebenernya masih banyak yang belom ketulis diatas karena nggak bakal cukup nulis ratusan suku dan budaya di Indonesia hanya dalam satu thread. Sebagai rasa persatuan dan identitas masing masing, ane pengen dong ente agan sista nulis komen dibawah dengan format

Nama :
Kota/Kab. :
lalu tulis satu kalimat dalam bahasa daerah agan. tapi jangan yang jorok yaaa emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)


PENUTUP


Dari Sabang sampai Merauke
Dari Pulau Nias sampai Pulau Rote
Membentang kekayaan bangsa
Menyatukan semua perbedaan dalam rasa

Akhir akhir ini ibu pertiwi sedang dicoba
Mulai dari bencana hingga politik adu domba
Jangan sampai para pahlawan merana
Yang memperjuangkan negeri ini untuk bisa merdeka

Bapak Ibu yang mewakili rakyat
Kami tahu engkau memang konglomerat
Tapi tolong dengar dan bantu kami
Yang selalu berjuang tiap hari hanya untuk sesuap nasi..



Original thread dari ekosisimbah
Diubah oleh ekosisimbah 10-12-2017 12:28
0
4.1K
35
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.