Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

balggysmaeAvatar border
TS
balggysmae
Panjanganya Proses Kerajinan Topi Caping di Ponorogo
Quote:

emoticon-Jempol
Quote:


Proses pembuatan topi caping ini terbagi-bagi dan masing-masing memiliki tugas. Mulai dari bertugas melakukan pemilihan bamboo hingga terbentuk lembaran tipis. Menganyam caping menjadi setengah jadi dan meneruskan menganyam hingga caping jadi. Tidak sampai disitu, mereka juga membuat blengker atau pinggiran caping. Semua itu dilakukan secara bergotong-royong.emoticon-Wow

Quote:


Semakin meningkatkan sistem ini maka akan terus terjaga warisan leluhur kerajinan capin meski kerjainan modern muali banyak masuk ke Ponorogo. Ia mengatakan bahwa saya yakin ini tidak akan punah, pasti ada penerusnya, karena warga selalu ada yang membuat caping.

Salah satu pengrajin caping bernama Mutiani, yang bertugas memilah bambu, hingga berbentuk menjadi lembaran tipis. Ia juga mampu memotong satu batang bambu dalm sehari. Mutiani menjual satu bambunya dengan harga Rp35 ribu.

Setelah ia menyelesaikan tugas pengrajin caping, dirinya langsung menjual ke warga yang bertugas menganyam.emoticon-Wow

Sementara itu, bagian yang mengayam dilakukan oleh Mbah Landep (84 tahun) ia yang mebuat ujung caping dengan anyaman setengah jadi. Dirinya dapat mengejakan sepuluh caping dalam sehari dan harga satu caping Rp4ribu.https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171205205655-282-260369/melihat-proses-panjang-kerajinan-topi-caping-di-ponorogo/

Quote:

Topi caping memiliki lima jenis yang dibuat oleh warga Karanggebang, Ponorogo, mulai dari topi, pentis, buyuk, caping kecil dan caping besar. Dari ke lima jenis ini memilki harga yang berbeda untuk harga topi Rp3 ribu, plentis Rp 3 ribu, buyuk Rp 10 ribu dan caping kecil Rp 15 ribu.

Sedangkan untuk pemasaran sendiri, karena pangsa pasar Ponorogo kurang baik, akhirnya dijual ke wilayah Blitar dan Tulungagung.
emoticon-Hansip
“Kami dari 25 pengrajin bisa menghasilkan 500 caping nantinya dijual ke pengepul,” ujarnya.

Sukses terus ya Ponorogo agar karya Indonesia terus berkembang.emoticon-Kiss emoticon-Cool
0
5.5K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.