Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pelurubasahAvatar border
TS
pelurubasah
Indonesia KLB Difteri, Ini Imbauan Kementerian Kesehatan
INDONESIA tengah menghadapi Kejadian Luar Biasa atau KLB Difteri di beberapa daerah. Terkait hal tersebut, Kementerian Kesehatan melakukan respons cepat KLB dengan langkah outbreak response immunization atau ORI pada 12 kabupaten kota di tiga provinsi yang mengalami KLB yakni Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta.

"Adanya satu kasus difteri terkonfirmasi laboratorium secara klinis sudah dapat menjadi dasar bahwa suatu daerah dinyatakan berada dalam kondisi KLB, karena tingkat kematiannya tinggi dan dapat menular dengan cepat," ujar Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek saat meninjau pelaksanaan ORI di SMA Negeri 33 Jakarta, Senin pagi, 11 Desember 2017, seperti dikutip dari situs Kementerian Kesehatan.

Menurut Nila, KLB difteri terjadi karena adanya kesenjangan imunitas atau immunity gap di kalangan penduduk suatu daerah. "Keadaan ini terjadi karena ada kelompok yang tidak mendapatkan imunisasi atau status imunisasinya tidak lengkap sehingga tidak terbentuk kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri difteri," ujarnya.

Sejak 1 Januari hingga 4 November 2017 telah ditemukan 591 kasus difteri dengan 32 kematian di 95 kabupaten kota di 20 provinsi di Indonesia. "Meski sangat mudah menular, berbahaya dan dapat menyebabkan kematian, difteri dapat dicegah dengan imunisasi," ujar Nila.

sumur

0
949
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.